Sukses

PM Scott Morrison: Selamat HUT Ke-75 RI, Mari Berjuang Pulih dari Pandemi COVID-19

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengucapkan selamat kepada bangsa Indonesia yang merayakan 75 tahun kemerdekaan.

Liputan6.com, Jakarta Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengucapkan selamat kepada bangsa Indonesia yang merayakan 75 tahun kemerdekaan. Ia menyebut hari perayaan ini sebagai tonggak sejarah perjuangan panjang rakyat Indonesia untuk kemerdekaan, yang dengan bangga Australia dukung secara aktif.

"Sebagai teman dekat dan tetangga, Australia menyampaikan ucapan selamat yang hangat kepada Pemerintah dan masyarakat Indonesia saat Anda merayakan hari kemerdekaan yang ke-75," ujar Morrison dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (17/8/2020).

Persahabatan dan momentum yang menopang hubungan Indonesia-Australia, menurutnya, ditunjukkan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Negeri Kanguru pada Februari 2020 yang juga berpidato di Parlemen Australia. 2020 merupakan dekade yang menandai 70 tahun hubungan diplomatik formal antara Australia dan Indonesia.

"Hubungan kita dibangun di atas karya generasi ke generasi di kedua negara - para pemimpin politik, pejabat, pebisnis, pelajar, dan sukarelawan. Upaya ini menghasilkan Traktat Lombok tahun 2006 dan deklarasi Kemitraan Strategis Komprehensif kita pada 2018," kata Morrison.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengatasi Dampak COVID-19

"Ini adalah komitmen untuk memperdalam kerja sama bilateral dan memajukan nilai-nilai bersama di kawasan kita, yang kami ingin amankan secara strategis, stabil secara ekonomi, dan berdaulat secara politik. Pada 2020, kami juga meratifikasi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia yang meningkatkan jalinan perdagangan, investasi dan bisnis kita," imbuhnya.

Upaya-upaya ini, lanjut Morrison, telah menjalin sebuah hubungan yang tidak hanya penting bagi kedua negara kita, tetapi juga untuk tetangga ASEAN dan kawasan Indo-Pasifik yang lebih luas. Ia yakin kemitraan panjang dan dinamis ini akan membantu bekerja sama mengatasi dampak kesehatan, sosial dan ekonomi dari pandemi COVID-19.

"Sama seperti kita telah saling membantu dalam menghadapi bencana alam baru-baru ini, demikian pula kita akan berjuang bersama untuk membangun kembali dan pulih dari tantangan global ini. Di Australia, kami melihat kesuksesan Indonesia sebagai kesuksesan kami, dan kesuksesan kawasan," ungkap dia.

"Maka kami bergabung dengan Anda pada Hari Kemerdekaan Anda, mengakui pencapaian masa lalu, tetapi yang terpenting adalah melihat ke masa depan dengan optimisme dan harapan," Morrison memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.