Sukses

Imbas Protes Anti-Rasisme, Dua Polisi di London Diserang Mendadak

Dua polisi di London diserang mendadak oleh warga setempat.

Liputan6.com, London - Dua polisi London diserang dalam sebuah insiden yang direkam oleh warga setempat.

Mengutip laman CNN, Jumat (12/6/2020), insiden ini pun kemudian memicu kecaman dari Menteri Dalam Negeri Inggris dan wali kota kota tersebut.

Video yang diposting ke media sosial tampak menunjukkan seorang perwira lelaki sedang disematkan ke tanah dan ditendang, sebelum seorang perwira perempuan turun tangan. 

Pertengkaran kemudian terjadi sekitar satu menit antara dua polisi dan sekelompok pria.

Polisi Metropolitan mengkonfirmasi pada hari Kamis bahwa dua pria, berusia 20 dan 38 tahun, telah ditangkap karena dicurigai melakukan penyerangan terhadap polisi.

Insiden yang terjadi pada hari Rabu tersbut telah menarik tanggapan tajam dari asosiasi kepolisian Inggris dan Menteri Dalam Negeri Priti Patel, yang menulis di Twitter bahwa serangan itu "memuakkan, mengejutkan, dan memalukan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentrok dengan Polisi

Polisi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa insiden itu dimulai pukul 3.30 pada hari Rabu ketika dua petugas patroli ditandai oleh seorang anggota masyarakat.

Orang itu mengatakan bahwa mereka baru saja diserang dan mengarahkan para petugas ke arah orang yang diduga sebagai penyerang mereka.

Perselisiihan mulai terjadi ketika "salah satu dari mereka menolak," kata polisi.

"Sejumlah orang lain terlibat saat petugas itu telah berada di tanah," tambah mereka.

Kedua petugas mengalami luka ringan dan tidak memerlukan perawatan di rumah sakit.

"Kami bukan kantong masyarakat," kata ketua Federasi Kepolisian Metropolitan Ken Marsh dalam sebuah pernyataan.

"Pada kesempatan ini, kolega kami untungnya hanya mengalami cedera ringan - tetapi kenyataannya bisa jauh lebih buruk," sambungnya. 

Walikota London, Sadiq Khan, mengatakan: "Serangan terhadap polisi kami tidak akan ditoleransi."

Dia menambahkan: "Para petugas pemberani ini melakukan tugas mereka dan membantu masyarakat - saya berharap mereka cepat pulih."

Insiden ini terjadi setelah protes anti-rasisme yang sebagian besar berlangsung damai di Inggris pada akhir pekan, namun kemudian berujung pada beberapa bentrokan antara polisi dan aktivis.

Khan telah mendukung protes tersebut, yang menyebabkan puluhan ribu orang turun ke jalan-jalan di London dan kota-kota lain di Inggris, tetapi dia mengutuk sejumlah kecil demonstran yang terlibat dalam adegan tegang dengan petugas.

Seperti di Amerika Serikat, banyak pemrotes menyoroti kebrutalan polisi terhadap orang kulit hitam dan semakin tinggi tingkat hukuman penjara terhadap orang kulit hitam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.