Sukses

Mikroplastik dalam Jumlah Tinggi Ditemukan di Dasar Laut Mediterania

Para ilmuwan telah mengidentifikasi tingkat plastik mikro (microplastik) tertinggi yang pernah dicatat di dasar laut.

Liputan6.com, Manchester - Para ilmuwan telah mengidentifikasi tingkat mikroplastik tertinggi yang pernah dicatat di dasar laut. Kontaminasi ditemukan dalam sedimen yang ditarik dari dasar Laut Mediterania, dekat Italia.

Analisis, yang dipimpin oleh University of Manchester, menemukan hingga 1,9 juta keping plastik per meter persegi, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (3/5/2020).

Barang-barang ini kemungkinan termasuk serat dari pakaian dan tekstil sintetis lainnya, dan potongan-potongan kecil dari benda yang lebih besar yang telah rusak seiring waktu.

Investigasi para peneliti membuat mereka percaya bahwa mikroplastik (lebih kecil dari 1mm) terkonsentrasi di lokasi tertentu di dasar laut oleh arus bawah yang kuat.

"Arus ini membangun apa yang disebut endapan melayang; pikirkan bukit pasir bawah air," jelas Dr Ian Kane, yang mengepalai tim internasional.

"Panjangnya bisa puluhan kilometer dan tingginya ratusan meter. Mereka adalah salah satu akumulasi sedimen terbesar di Bumi. Mereka dibuat dari endapan lumpur yang sangat halus, jadi sangat intuitif untuk berharap plastik mikro akan ditemukan di dalamnya," katanya kepada BBC.

Sekitar empat hingga 12 juta ton sampah plastik masuk ke lautan setiap tahun, sebagian besar melalui sungai.

Tajuk media telah memusatkan perhatian pada agregasi besar puing-puing yang mengapung di pilin atau hanyut dengan gelombang pasang di garis pantai.

Tapi, sampah yang terlihat ini diperkirakan hanya mewakili 1% dari total plastik yang ada di laut. Keberadaan yang tepat dari 99% lainnya tidak diketahui.

Beberapa di antaranya, terutama mikroplastik, hampir pasti telah dikonsumsi oleh makhluk laut, tetapi mungkin proporsi yang jauh lebih besar telah terfragmentasi dan hanya tenggelam.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sedimen Tinggi Mikroplastik

Tim Dr Kane telah menunjukkan bahwa parit laut dalam dan ngarai lautan dapat memiliki konsentrasi mikroplastik dalam sedimennya yang tinggi.

Memang, simulasi tangki air yang dijalankan oleh kelompok telah menunjukkan seberapa efisien aliran lumpur, pasir dan lanau dari jenis yang terjadi di ngarai akan naik dan memindahkan serat ke kedalaman yang lebih besar.

"Satu pun dari longsoran bawah air ini ('arus turbiditas') dapat mengangkut volume sedimen yang luar biasa untuk 100 kilometer di dasar laut," kata Dr Florian Pohl dari Durham University.

"Kami baru mulai memahami dari percobaan laboratorium baru-baru ini bagaimana ini mengalir dan mengubur mikroplastik."

Tidak ada yang atipikal tentang area penelitian di cekungan Tyrrhenian antara Italia, Korsika dan Sardinia.

3 dari 3 halaman

Potensi Termakan Hewan Laut

Banyak bagian lain dunia yang memiliki arus air dalam yang kuat yang didorong oleh perbedaan suhu dan salinitas. Masalahnya adalah bahwa arus ini juga memasok oksigen dan nutrisi ke makhluk laut dalam.

Maka dengan mengikuti rute yang sama, plastik-mikro itu dapat mengendap di titik ramai keanekaragaman hayati, meningkatkan peluang untuk tertelan oleh kehidupan laut.

Prof Elda Miramontes dari University of Bremen, Jerman, adalah rekan penulis pada makalah jurnal Science yang menggambarkan penemuan Mediterania.

Dia mengatakan upaya yang sama ditunjukkan dalam pertempuran melawan virus corona sekarang harus mengambil momok polusi plastik laut.

"Kita semua berupaya meningkatkan keselamatan kita dan kita semua tinggal di rumah dan mengubah hidup kita - mengubah kehidupan kerja kita, atau bahkan menghentikan pekerjaan," katanya kepada BBC News.

"Kami melakukan semua ini sehingga orang-orang tidak terpengaruh oleh penyakit ini. Kita harus berpikir dengan cara yang sama ketika kita melindungi lautan kita."

Roland Geyer adalah profesor ekologi industri di Sekolah Bren Ilmu dan Manajemen Lingkungan, Universitas California di Santa Barbara.

Dia telah berada di garis depan dalam menginvestigasi dan menggambarkan aliran limbah di mana plastik masuk ke lautan.

Dia berkomentar: "Kami masih memiliki pemahaman yang sangat buruk tentang berapa banyak total plastik yang terkumpul di lautan. Tampaknya ada satu konsensus ilmiah yang muncul, yaitu sebagian besar plastik itu tidak mengambang di permukaan laut.

"Banyak ilmuwan sekarang berpikir bahwa sebagian besar plastik kemungkinan berada di dasar laut, tetapi kolom air dan pantai juga cenderung mengandung jumlah besar.

"Kita semua harus benar-benar fokus menghentikan plastik agar tidak bisa masuk ke lautan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.