Sukses

Jelang Kunjungan Paus Fransiskus ke Jepang, Aliran Kristen Tersembunyi Jadi Sorotan

Paus Fransiskus, dalam rangka perjalanan tur Asia-nya akan mengunjungi Jepang. Rencananya, ia akan berbicara mengenai aliran 'Kristen Tersembunyi' yang ada di sana.

Liputan6.com, Tokyo - Paus Fransiskus saat ini telah berada di Thailand dalam rangkaian turnya ke Asia. Ia tiba pada Rabu 20 November sebelum nantinya akan mengunjungi Jepang pada 23 November mendatang. 

Dalam kunjungannya ke Jepang, salah satu topik terhangat yang menjadi perhatiannya adalah kepercayaan 'Kristen Tersembunyi' atau dalam bahasa Jepang disebut 'Kakure Kirishitan'. Media lokal serta media asal Perancis pun akan ikut meliput hingga ke Nagasaki karena tak mau ketinggalan untuk menyoroti pendapat Paus Fransiskus terhadap isu tersebut.

Kepercayaan 'Kristen Tersembunyi' dapat dikatakan 'unik' lantaran menggabungkan agama Buddha, Kristen dan Shinto. Tak hanya itu, ritual keagamaannya pun menggabungkan budaya Latin, Portugis serta Jepang. 

Tahun lalu, 12 lokasi terkait kepercayaan 'Kristen Tersembunyi' telah ditunjuk sebagai situs warisan dunia UNESCO. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Khawatir Akan Sirna

Masaichi Kawasaki (69), seorang penganut kepercayaan 'Kristen Tersembunyi' menyampaikan kekhawatirannya terhadap kepercayaannya yang mungkin akan sirna. Ia merupakan salah satu dari anggota yang semakin kian menyusut. 

Kawasaki juga merupakan salah satu keturunan yang mempertahankan iman mereka secara rahasia selama berabad-abad lamanya dari penganiayaan. 

Kepercayaan tersebut kemungkinan berada di ambang kepunahan lantaran banyaknya orang muda yang telah meninggalkan daerah pedesaan, di mana iman dipertahankan. 

"Saya khawatir apa yang leluhur saya usahakan secara keras untuk melestarikan akan hilang, tetapi itu adalah tren zaman," ujar Kawasaki. 

"Saya memiliki seorang putra tapi tidak mengharapkan dia untuk melanjutkan. Memikirkan ini akan hilang sangat lah menyedihkan," tambahnya.

Cara Kawasaki berdoa adalah di depan altar, diapit oleh orang lain yang berdoa secara Buddha kepada Shinto. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.