Sukses

Mirip Berarti Jodoh? Ini Faktanya Menurut Sains

Liputan6.com, Jakarta - Alasan ketertarikan seseorang mungkin saja sulit ditebak awalnya, tapi kini ilmu Sains mampu membuktikannya. Sebuah studi dari Republik Ceko mengatakan, ternyata ada alasan pasti ketika seseorang memiliki ketertarikan. 

Dilansir dari Bright Side, Selasa (22/10/2019), ketika seseorang sedang menjalin hubungan, mereka cenderung tertarik pada orang yang juga mengingatkannya terhadap dirinya sendiri, terutama perihal penampilan.

Dr. Jitka Lindova dan tim peneliti lainnya menunjukkan foto orang asing kepada sekelompok pelajar, kemudian menanyakan tentang ketertarikan mereka terhadap orang-orang tersebut.

Hasilnya, orang yang masih lajang ternyata lebih tertarik kepada mereka yang tidak begitu mirip dengan dirinya. Sebaliknya, mereka yang sedang menjalin hubungan ternyata lebih tertarik kepada orang yang mirip dengan mereka.

Tim peneliti menjelaskan bahwa persepsi tentang ketertarikan bisa dipengaruhi dalam sebuah jalinan hubungan. Hal itu juga bisa menjadi insting natural seseorang untuk berhenti tertarik kepada orang lain ketika sedang menjalin hubungan.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

Fitur Pantulan

Selain itu, tim peneliti juga menemukan bahwa insting penghindaran ini adalah "fitur pantulan" ketika Anda merasa nyaman dengan diri sendiri. Semakin banyak tipe kepribadian yang berbeda dengan orang lain, semakin banyak orang-orang ini akan menghindari hubungan dengan seseorang yang bertolak belakang dengan mereka.

Pada saat yang sama untuk orang-orang yang sangat resah, mereka mengalami kepuasan yang lebih besar dengan pasangan yang sangat mirip atau sangat berbeda dengan mereka. Dalam hal ini, pasangan yang sangat berbeda menjadi cara untuk mengkompensasi kekurangan seseorang sendiri.

Ditambah lagi, sebuah pasangan akan terlihat mirip jika mereka sudah menjalin hubungan dalam waktu yang cukup lama.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pantang Menyerah, India Kembali Rencanakan Misi Ketiga ke Bulan pada 2020
Artikel Selanjutnya
Pernah Lihat Hantu? Ini 3 Penjelasan Sains Soal Penampakan Makhluk Halus