Sukses

Bukan UFO, Bangunan Unik Ini Merupakan Pabrik Bir

Benda ini bukan UFO, tapi sebuah karya manusia yang melampaui zaman.

Jakarta - Benda ini bukan UFO, tapi sebuah karya manusia yang melampaui zaman. Bangunan unik bernama The Kuchlbauer Tower, yang merupakan sebuah menara observasi di Abensberg, sebuah kota di Lower Bavaria, Jerman.

Bagian bawah menara ini merupakan pabrik pembuat bir Kuchlbauer. Di dalamnya terdapat koleksi 4.200 gelas Weissbier, bersama dengan pameran tentang proses pembuatan bir dan penjelasan tentang Hukum Kemurnian Bavaria.

Menara setinggi 34,19 meter ini dirancang oleh Friedensreich Hundertwasser, seniman Austria yang menentang tegas garis lurus dan segala jenis standarisasi.

Ia meninggal pada 2000 saat pembangunan The Kuchlbauer Tower memasuki tahap fase perencanaan. Menara ini selesai dibangun setelah kematian Hundertwasser di bawah arahan Leonhard Salleck, pemilik tempat pembuatan bir, dengan arsitek Peter Pelikan yang mengawasi pembangunan.

 

Video DW

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dicemooh

Peletakan batu pertama menara ini dilakukan pada 23 April 2007. Pada 8 Agustus 2008, kubah mirip UFO yang berlapis emas dengan diameter 10 meter dan berat 12 metrik ton dipasang di atas menara. Menara ini dibuka untuk pengunjung pada Januari 2010.

Semasa hidupnya, tak sedikit pakar industri yang mencemooh gaya Hundertwasser yang aneh. Tapi kebanyakan orang menyukai karyanya.

Bangunan karya Hundertwasser kini bisa ditemukan di 7 negara dan menjadi tempat wisata populer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.