Sukses

Bukan Hanya Indonesia, 5 Negara Ini Juga Punya Tradisi Unik di Hari Kemerdekaan

Ternyata, bukan hanya masyarakat Indonesia yang melakukan sejumlah hal unik. Ada beberapa negara yang memiliki tradisi serupa.

Liputan6.com, Jakarta - Esok hari, 17 Agustus 2019, masyarakat Indonesia akan merayakan peringatan Hari Kemerdekaan, HUT ke-74 RI.

Selain memiliki tradisi pengibaran dan penurunan bendara Merah Putih, ada rangkaian unik yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia saat perayaan HUT RI.

Mulai dari menggelar lomba unik seperti makan kerupuk, balap karung dan sejumlah kompetisi lainnya. Ternyata, bukan hanya masyarakat Indonesia yang melakukan hal ini.

Seperti dikutip dari laman Cheapari.com, Jumat (16/8/2019), selain pada perayaan HUT RI, berikut 5 negara yang juga memiliki tradisi unik di hari kemerdekaan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. India

Untuk memperingati kebebasannya dari pemerintahan Inggris yang berakhir di tahun 1947, India merayakan dengan pengibaran bendera, parade, dan lagu-lagu patriotik.

Tetapi India juga memiliki sentuhan unik pada hari kemerdekaan. Langit-langit kota maupun desa dihiasi dengan layang-layang yang berwarna-warni dari berbagai ukuran dan warna.

Kesan ini membuat tampilan langit sangat meriah. Orang India juga sengaja makan di piring oranye, hijau dan putih -- warna bendera negara tersebut.

3 dari 6 halaman

2. Norwegia

Perayaan Hari Kemerdekaan Norwegia jatuh tiap tanggal 17 Mei. Biasanya, hari yang penuh suka cita ini dirayakan dengan perayaan unik.

Yaitu makan es krim dalam porsi yang sangat banyak dan juga makan sosis.

Selain itu ada pula tradisi potluck. Tiap orang akan mengundang keluarganya untuk makan bersama. Terkadang juga diadakan menonton kembang api.

4 dari 6 halaman

3. Afrika Selatan

Dikenal sebagai "Freedom Day" atau "Hari Kebebasan" di Afrika Selatan dirayakan setiap tanggal 27 April.

Hari Kebebasan ini merupakan tanda berakhirnya Apartheid dan pemilihan umum pertama di negara itu (diadakan pada 1994), ketika Nelson Mandela terpilih sebagai Presiden.

Seperti yang diharapkan, Hari Kebebasan adalah hari libur yang dilaksanakan secara emosional dengan banyak emosi campur aduk bagi banyak orang Afrika Selatan.

Sebagian besar memilih untuk merayakan dengan teman-teman, makan daging panggang -- mirip dengan barbekyu.

5 dari 6 halaman

4. Prancis

Prancis benar-benar menanti hari kemerdekaannya yang disebut sebagai Bastille Day. Jika acara ini telah berlangsung, maka sulit untuk menemukan restoran dan toko yang buka.

Bastille Day adalah hari libur nasional bagi seluruh masyarakat Prancis. Biasanya mereka yang tinggal di ibu kota akan mengunjungi Menara Eiffel dan menyaksikan kembang api.

Hari itu dimulai dengan parade militer di Champs Elysees dan tidak berakhir sampai kembang api di Menara Eifel.

 

6 dari 6 halaman

5. Australia

Tradisi Hari Kemerdekaan Australia sangat mirip dengan perayaan Amerika Serikat. Yang dibutuhkan hanyalah barbekyu, kembang api, dan pantai.

Orang Amerika yang rindu kampung halaman akan cocok saat perayaan khusus ini. Anda juga akan dimanjakan dengan lomba selancar dan ratusan kapal pesiar di lautan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini