Sukses

27-5-1963: Menang Pemilu, Kenyatta Jadi Presiden Pertama Kenya

Kisah terpilihnya Jomo Kenyatta menjadi presiden pertama Kenya pasca-merdeka dari Inggris.

Liputan6.com, Nairobi - Tahun 1963 merupakan tahun yang begitu berarti bagi warga Kenya, di mana akhirnya negara itu merdeka dan memiliki presiden pertama.

Jomo Kenyatta, pada 27 Mei 1963 terpilih sebagai Presiden pertama Kenya setelah memenangkan pemilu, demikian Today in History dikutip dari BBC pada Minggu (26/5/2019).

Partai Kenyatta, yakni Kenya African Nation Union (KANU) meraih suara terbanyak, yang mengantarkannya menjadi Presiden Kenya. 

Partai KANU meraih 58 kursi parlemen Kenya, sementara partai rival, yakni Kenya African Demoratic Union memperoleh 28 kursi yang dipimpin Ronald Ngala.

Dalam pidatonya, Kenyatta menyerukan seluruh rakyat untuk membangun negara secara mandiri dari sebelumnya sebagai negara jajahan Britania Raya. Dia juga mengajak agar rakyat bersatu dan tidak ada lagi perbedaan ras atau suku.

"Kita akan menatap masa depan lebih baik, tidak melihat masa lalu yang kelam. Mari kita lupakan dan maafkan," ujar Kenyatta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernah Dijuluki Pemimpin Kegelapan Afrika

Kenyatta sebelumnya menjadi target pemerintah Britania Raya karena dianggap melakukan pemberontak.

Sekitar 10 tahun sebelumnya, ia ditangkap dan dipenjara Inggris karena menyerukan kemerdekaan. Tapi pada akhirnya upaya dan jerih payah Kenyatta terbayarkan.

Selain itu, Kenyatta dijuluki "pemimpin kegelapan Afrika (the African leader to darkness and death)" oleh mantan Gubernur pemerintah Kolonial Inggris. Inggris menilai gerakan Kenyatta hanya membuat Kenya menjadi terpuruk.

Kenya resmi merdeka dari Inggris dan menjadi negara republik pada Desember 1963. Partai KANU dan Partai Kenya African Demokratic pun bersatu dalam pemerintahan. Sehingga hanya ada 1 kubu dalam pemerintahan Kenya.

Sejarah lain mencatat pada 27 Mei 1937, salah satu jembatan tersohor di Amerika Serikat dan dunia, Golden Gate resmi beroperasi.

Jembatan ini menghubungkan San Fransisco dan Marin County. Sementara pada 27 Mei 2006, Yogyakarta diguncang gempa berkekuatan 5,9 skala Ritcher. Lebih dari lima ribu orang jadi korban bencana alam ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.