Sukses

5 Negara dengan Hari Libur Nasional Terbanyak, Indonesia Posisi Berapa?

Ada sejumlah negara dengan jumlah libur nasional terbanyak di dunia. Liburan di negara ini biasanya didominasi oleh acara keagamaan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat tahun baru tiba, salah satu aktivitas yang dilakukan oleh sebagian orang adalah melihat kalender untuk memastikan kapan libur nasional akan tiba.

Dengan perencanaan yang telah dilakukan, Anda tentunya bisa memilih kapan waktu yang tepat untuk mengambil cuti libur.

Namun, tahukah Anda bahwa ada sejumlah negara dengan jumlah libur nasional terbanyak di dunia? Liburan di negara ini biasanya didominasi oleh acara keagamaan.

Seperti dikutip dari laman Worldatlas.com, Senin (18/2/2019), berikut 5 negara dengan jumlah libur nasional terbanyak di dunia:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kamboja

Dalam satu tahun, ada sekitar 28 hari libur nasional. Negara ini menjadi yang paling terbanyak dalam urusan libur bersama.

Banyak dari hari libur nasional di Kamboja dengan alasan acara keagamaan, terutama Buddha. Kalender yang digunakan di Kamboja adalah kalender tradisional Khmer, yang didasarkan pada pergerakan bulan. Namun, tahun matahari juga dipertimbangkan.

3 dari 6 halaman

2. Sri Lanka

Dengan 25 hari libur, Sri Lanka menikmati jumlah waktu istirahat tertinggi kedua di dunia.

Meskipun banyak hari libur yang berkaitan dengan agama Buddha, ada juga hari libur yang berkaitan dengan Hindu, Muslim, Katolik, dan Kristen.

Perayaan Poya adalah hari peringatan di agama Buddha yang terjadi pada hari bulan purnama.

4 dari 6 halaman

3. India

India adalah tanah yang beragam sehingga merayakan banyak festival. Namun, tiga hari libur utama adalah Hari Kemerdekaan (15 Agustus), Hari Republik (26 Januari), dan Ulang Tahun Mahatma Gandhi (2 Oktober).

Ada banyak perayaan hari libur negara dan keagamaan seperti Diwali, Maha Shivratri, Guru Nanak Jayanti, Vaisakhi, Idul Fitri, Muharram, dan Natal. Kepatuhan terhadap beberapa hari libur bervariasi sesuai dengan kebiasaan setempat juga.

5 dari 6 halaman

4. Kolombia dan Trinidad Tobago

Kolombia mempunyai 18 hari libur nasional dalam satu tahun. Di mana, 12 hari di antaranya adalah Hari Libur Katolik dan enam adalah Hari Libur biasa.

Selain Kolombia, Trinidad and Tobago juga memiliki hari libur nasional sebanyak 18 hari. Rata-rata juga dihabiskan untuk acara keagamaan.

6 dari 6 halaman

Posisi Indonesia?

Sementara itu, Indonesia berada di posisi ke-17 dengan total 14 hari libur nasional. Hari libur nasional Indonesia bervariasi.

Ada acara keagamaan ada pula hari libur kemerdekaan, Kebangkitan Nasional hingga Hari Pancasila.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.