Sukses

10 Hal Ini Bukti Tubuh Manusia Amat Menakjubkan dan Ajaib?

Berikut fakta yang membuktikan bahwa tubuh manusia sangat istimewa.

Liputan6.com, Hokaido - Tubuh manusia dinilai unik. Di dalamnya tersusun mekanisme yang sangat rumit, yang masih memiliki banyak rahasia, meski telah diteliti oleh para ilmuwan selama berabad-abad.

Namun, banyak orang yang belum mengetahui kemampuan tubuh sendiri dan sejauh mana dapat melakukan peregangan. Faktanya, ada sejumlah orang yang bisa melakukan hal-hal aneh di luar batas orang normal, seperti tubuh yang lentur, kemampuan penglihatan, aliran darah, dan sebagainya.

Lantas, misteri apa lagi yang umumnya tidak diketahui oleh orang-orang tentang tubuh manusia? Berikut 10 di antaranya, seperti dilansir dari Bright Side, Selasa (27/11/2018).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Otak Merupakan Pengirim Data Kilat

Memori otak manusia memiliki kapasitas yang cukup longgar untuk menyimpan 2,5 juta GB informasi atau sekitar 300 tahun video. Puncak pengembangan memori terjadi pada usia 25 tahun dan mulai berkurang pada usia 50 tahun, kecuali jika kita melatih ingatan sendiri.

3 dari 11 halaman

2. Ini yang Terjadi Saat Tenggelam

Tubuh Anda dapat memperlambat proses respirasi untuk melindungi Anda dari tenggelam Efek ini disebut refleks menyelam atau the diving reflex.

Ketika otak Anda menyadari bahwa tubuh Anda tenggelam ke dalam air, organ ini akan langsung memperlambat denyut jantung, mengarahkan darah dari anggota badan ke organ vital untuk menghemat oksigen.

Semakin dalam Anda menyelam atau berada di bawah air, maka detak jantung Anda semakin lambat.

4 dari 11 halaman

3. Tulang Super Kuat

Bayi yang baru lahir dinilai sangat kuat untuk menopang ukuran dan berat badan mereka. Jika seorang bayi memegangi sebuah barbel secara horisontal, ia dapat bertahan begitu lama tanpa merasa lelah.

Refleksi seperti ini diwarisi dari nenek moyang kita, dari ketika monyet yang baru lahir harus berpegangan pada ibu mereka dan menggenggam rambut.

Namun pada usia 3 bulan, bayi biasanya kehilangan kemampuan tersebut.

Did you know newborn babies can support their own weight using only their hand strength?
5 dari 11 halaman

4. Panjang Pembuluh Darah Sama Dengan 2,5 Kali Keliling Bumi

Tahukah Anda bahwa panjang seluruh pembuluh darah yang terdapat di dalam tubuh manusia cukup untuk mengelilingi Bumi sebanyak 2,5 kali di sekitar khatulistiwa.

Jika Anda mengambil semua pembuluh darah dari satu orang dewasa dan menempatkannya dalam satu garis, maka garis ini akan membentang lebih dari 100.000 mil.

Jantung manusia, pada saat yang sama, memompa 5,7 juta liter darah rata-rata selama seluruh hidup. Volume ini cukup untuk mengisi 3 kolam renang ukuran Olimpiade.

The human body
6 dari 11 halaman

5. Payudara Pria Bisa Mengeluarkan Air Susu Ibu

Semua manusia, tanpa memandang jenis kelamin, memiliki kelenjar susu, saluran susu, dan puting susu. Puting pria dapat dirangsang untuk menghasilkan susu. Ini juga bisa terjadi karena ketidakseimbangan hormon yang disebabkan oleh stres berat.

7 dari 11 halaman

6. Warna Dalam Mimpi Bergantung pada Televisi

Jenis televisi yang Anda tonton ketika Anda masih kecil dapat mempengaruhi warna impian Anda.

Studi ini menunjukkan bahwa mayoritas orang yang tumbuh di zaman ketika televisi monokrom masih berlaku, mereka melihat mimpi dalam warna hitam dan putih.

Sementara orang yang lahir di tengah era televisi berwarna, mempunyai mimpi berwarna-warni.

8 dari 11 halaman

7. Otot Dirancang Untuk Mengangkan Beban

Pada tahun 1982 di Lawrenceville (Georgia, Amerika Serikat), seorang wanita bernama Angela Cavallo mampu mengangkat sebuah Chevrolet Impala buatan tahun 1964.

Kisah bermula saat kendaraan roda empat itu sedang diperbaiki oleh putranya, Tony. Mobil tersebut dalam posisi diam dan ditahan oleh dongrak, ketika Tony membetulkannya.

Tiba-tiba, mobil jatuh dari dongkrak dan menjepit Tony. Lantaran refleks, Cavallo yang melihat insiden itu langsung membantu Tony dan mengangkat mobil klasik tersebut.

Cavallo dapat mengangkat mobil cukup tinggi dan cukup lama, sampai 2 orang tetangganya datang menolong dirinya dan sang anak. 

Ini bukan satu-satunya kasus di mana seseorang telah melakukan hal yang sepertinya tidak mungkin, ketika ia panik atau adrenalinnya terpacu. Manusia, pada dasarnya, memiliki 640 otot di dalam tubuh, namun batas-batas kemampuannya masih misteri.

9 dari 11 halaman

8. Mesin Produksi Lendir

Tubuh orang dewasa menghasilkan 1,5 liter ingus sehari, untuk ukuran rata-rata. Manusia menelan sebagian besar dari cairan tersebut tanpa memerhatikannya.

Selain itu, tubuh juga menghasilkan satu liter air liur, 3 liter getah lambung, 3,5 liter kelenjar usus, dan satu liter empedu.

10 dari 11 halaman

9. Cairan yang Keluar dari Hidung Berasal dari Otak

Cairan yang meler melalui hidung Anda bisa jadi berasal dari cairan otak Anda.

Cairan otak terletak di sekitar otak dan ditahan oleh membran khusus. Kadang-kadang, cairan ini dapat bocor dan dikeluarkan oleh tubuh melalui hidung dalam jumlah kecil. Biasanya, warnanya bening.

11 dari 11 halaman

10. Konstruksi Paling Aman di Jagat Raya

A white blood cell chasing and consuming a bacterial organism

Pada gambar di atas, Anda dapat melihat sel darah putih mengejar bakteri, menyalipnya, dan melahapnya. Sel-sel ini disebut "Men in Black" dari tubuh kita yang melindungi diri dari bakteri jahat.

Pada saat yang sama, tubuh kita juga menghilangkan sel-sel tua yang ada di mana-mana. Misalnya, saat Anda membaca kalimat ini, 22 juta sel Anda mati. Dalam 30 detik berikutnya, tubuh Anda akan menghasilkan 72 juta sel darah merah baru dan akan menyingkirkan 174 ribu sel tua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.