Sukses

Main Gim Tetris hingga Alat Musik, Ini 5 Hobi yang Bisa Bikin Pintar?

Tak semua hobi itu dapat menyebabkan kerugian. Ada sejumlah di antaranya yang ternyata bisa membuat orang semakin cerdas.

Liputan6.com, Jakarta - Ada sejumlah hobi yang dilakukan oleh banyak orang dan mengakibatkan rugi besar-besaran. Contohnya berjudi.

Selain dinilai sebagai tindak kriminal (di kebanyakan negara), judi juga dapat membuat banyak orang merugi apabila kalah.

Meski demikian, tak semua hobi itu dapat menyebabkan kerugian. Ada sejumlah di antararanta yang justru membuat orang semakin cerdas.

Hobi ini mampu mengasah otak dan keterampilan seseorang. Bahkan, sejumlah hobi ini bisa dijadikan terapi untuk kesehatan seseorang.

Seperti dikutip dari laman Toptenz, Rabu (17/10/2018), berikut 5 hobi yang bisa buat seseorang menjadi pintar:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Menari

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Albert Einstein College of Medicine di New York City melakukan sebuah penelitian yang dilakukan kepada lansia berusia 75 tahun ke atas.

Kelompok lansia itu melakukan sejumlah aktivitas yang dapat menyehatkan mental dan meningkatkan daya ingat mereka.

Sejumlah kegiatan itu meliputi teka-teki silang, bermain kartu, bermain tenis, bermain golf, berenang, dan menari.

Dari sekian banyak aktivitas itu, peneliti menarik kesimpulan jika menari merupakan salah satu aktivitas yang baik untuk meningkatkan fungsi kognitif.

Para peneliti juga percaya, seseorang yang hobbi menari dapat mempunyai tingkat daya ingat yang baik dan punya kesehatan fisik.

 

3 dari 6 halaman

2. Berlatih Alat Musik

Selain menari, hobi lain yang bisa membuat Anda lebih cedas adalah bermain alat musik. Sebab, seseorang yang bermain alat musik akan terangsang daya ingatnya untuk mengolah nada, melodi hingga irama.

Apalagi, ketika seseorang yang belajar not balok. Secara tidak langsung, ini akan melatih skill matematika seseorang.

Menurut peneliti, saat berlatih alat musik ada sejumlah proses mental yang terjadi. Sebab, ketika sedang menggunakan alat musik, semua segmen pada otak akan bekerja.

Selain itu, berlatih musik dengan sungguh-sungguh juga akan melatih disiplin seseorang.

 

4 dari 6 halaman

3. Catur

Selama ini, catur dianggap sebagai simbol dari kecerdasan seseorang. Rupanya, hal ini ada benarnya. Sebab, permainan yang dimainkan di atas papan ini membutuhkan konsentrasi dan kecerdasan seseorang.

Permainan catur dapat mengasah mental seseorang. Selain itu juga bisa menggali kemampuan perencanaan, adaptasi, dan kemampuan membaca lawan.

Studi yang dilakukan oleh peneliti menemukan bahwa seseorang yang giat berlatih catur memiliki keterampilan untuk memecahkan suatu masalah.

 

5 dari 6 halaman

4. Bermain Gim Tertis

Tertis adalah salah satu gim terpopuler yang ada pada tahun 1984. Di awal kemunculannya, gim ini mulai mendapatkan popularitas dan digemari oleh banyak orang.

Sebuah penelitian pada tahun 2009 menemukan bahwa orang yang bermain Tetris selama 30 menit setiap hari dapat meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan.

Mereka yang sudah terlatih dalam permainan ini biasanya akan lebih produktif dalam menjalankan segala aktivitasnya.

 

6 dari 6 halaman

5. Scrabble

Scrabble adalah permainan papan dan permainan menyusun kata yang dimainkan 2 atau 4 orang yang mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari keping huruf di atas papan permainan berkotak-kotak.

Scrabble diciptakan pada tahun 1938 oleh Alfred Mosher Butts, seorang arsitek pengangguran yang tinggal di Jackson Heights, New York.

Para peneliti di University of Calgary menemukan bahwa scrabble, mampu mengasah otak sebab kita dituntut untuk mengembangkan kosakata dari sejumlah huruf-huruf yang kita miliki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.