Sukses

Jepang Promosi Kereta Peluru ke India

Jepang berharap menjual kereta peluru mereka ke India. Seorang delegasi Jepang pun mempromosikan sistem kereta peluru Shinkansen tersebut kepada perwakilan di India.

Liputan6.com, Tokyo: Jepang berharap menjual kereta peluru mereka ke India. Seorang delegasi Jepang pun telah mempromosikan sistem kereta peluru Shinkansen tersebut kepada perwakilan di India.

Seperti dilansir laman NHK, Rabu (9/11), pejabat dari Kementerian Transportasi Jepang dan perusahaan kereta api India itu, telah bertemu dengan Menteri Perkeretaapian Dinesh Trivedi di New Delhi.

Pemerintah India berencana memperkenalkan sistem kereta api kecepatan tinggi di enam jalur, terutama buat membantu perkembangan perekonomian nasional.

Delegasi Jepang itu menjelaskan, Shinkansen tak pernah mengalami kecelakaan fatal sejak diperkenalkan pada 1964. Trivedi menyatakan bahwa negaranya berminat dalam teknologi Jepang tersebut. Ia pun terkesan dengan keselamatan yang ada pada kereta peluru buatan Jepang itu.

Berbeda dengan Jepang, sejumlah perusahaan Eropa kini mulai mensurvei perkiraan jumlah penumpang pada empat dari enam jalur kereta api d India. Survei ini direncanakan untuk memenangi kontrak dari pemerintah India. Sebaliknya, tidak ada satu pun perusahaan Jepang yang ambil bagian dalam proyek tersebut.

Adapun pejabat Kementerian Transportasi Jepang itu mendukung keinginan Menteri Triverdi. Terutama agar kereta Shinkansen segera melintasi tanah India yang luas.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini