Sukses

6 Penampakan Hantu Legendaris Inggris, Tak Mengganggu tapi...

Hantu-hantu legendaris ini dilaporkan terlihat dalam potret. Lihat saja dalam ulasan berikut.

Liputan6.com, London - Cerita tentang hantu, setan dan segala sesuatu yang menakutkan masih dipandang hal tabu, terlebih saat ini manusia dihadapkan pada era digital dan teknologi modern. Terkadang mitos seperti itu sudah tak lagi dianggap masuk akal.

Kisah-kisah tentang hantu banyak tersebar di negara timur, sebut saja Indonesia, Jepang, dan China. Namun demikian, orang barat yang terkenal selalu mengaitkan segala sesuatu dengan kelogisan, ternyata justru semakin percaya hantu.

Sebuah penelitian menunjukkan semakin banyak warga Inggris yang percaya hantu. Dari riset yang dilakukan pada 2009, sebanyak 52 persen responden memercayai adanya aktivitas supranatural yang berada di sekelilingnya.

Padahal, pada tahun sebelumnya, jumlah ini hanya mencapai 40 persen. Tidak hanya itu, satu dari lima orang responden menyebutkan, mereka telah memiliki pengalaman dengan dunia gaib.

Penelitian tersebut dilakukan oleh YouGov yang ditugaskan untuk konferensi tahunan Association for the Scientific Study of Anomalous Phenomena (ASSAP). Organisasi ini didedikasikan untuk melakukan penelitian ilmiah yang berkaitan dengan fenomena anomali, seperti hantu, telepati, dan UFO.

Di balik itu semua, dongeng seputar makhluk tak kasat mata masih menjadi topik menarik ketika berkumpul bersama teman atau keluarga. Apalagi, kalau kita bisa menunjukkan kepada mereka rekaman penampakan hantu.

Menurut beberapa paranormal, mereka mengklaim bahwa hantu sangat sukar untuk menampakkan diri di hadapan manusia. Apabila terjadi, orang yang melihatnya dianggap beruntung.

Hantu-hantu itu biasanya terlihat dalam potret, tak mengganggu, tapi menampakkan diri seolah-olah ingin memberitahu keberadaannya. 

Berikut 6 penampakan hantu yang disebut berhasil tertangkap kamera -- secara tak sengaja -- di Inggris, seperti dikutip dari Haunted Rooms, Sabtu (3/2/2018). Berani membaca?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hantu Anak Kecil

1. Dansa Pertama

Salah satu penampakan hantu yang sempat mengguncang dunia maya adalah foto yang dikumpulkan oleh pemburu hantu Toowoomba ini.

Dalam foto itu, tampak sepasang suami-istri sedang menari di tengah lantai dansa. Keduanya sedang merayakan pesta pernikahan dan melakukan dansa pertama mereka.

Tak ada keramaian di antara keduanya, yang terlihat hanya si suami, istri dan seseorang yang memotret melalui ponsel dari belakang istri.

Suasana tampak romantis dan hangat. Diiringi alunan musik santai dan nyala lampu kuning, meski terlihat agak remang.

Namun yang menjadi perhatian warganet bukanlah jalannya pesta, tapi sosok makhluk halus pada salah satu foto tersebut. Di sisi kiri si istri, ada bayangan seorang gadis kecil yang terlihat seolah ingin bergabung dalam acara itu.

Sebuah bayangan yang tertangkap kamera ponsel saat sepasang suami istri berdansa. Disuga bayangan putih itu adalah hantu gadis kecil. (Haunted Rooms)

Wajahnya datar dan rambutnya ikal sebahu. Tapi banyak warganet yang menganggapnya sebagai asap yang biasa disemburkan ke lantai dansa. Percaya?

 

2. Hantu Dalam Pesta

Masih seputar penampakan hantu anak kecil. Ini adalah foto milik seorang wanita asal Inggris.

Malam itu, ia dan teman-temannya sedang mengadakan reuni di rumahnya. Sebelum pesta kecil-kecilan dimulai, mereka harus foto bersama terlebih dahulu. Ada enam wanita dan satu anak kecil, yang merupakan anak gadis temannya yang masih balita.

Si pemilik rumah -- yang tak disebutkan namanya -- menceritakan bahwa anak temannya itu tiba-tiba menangis histeris setelah foto pertama selesai diambil. Ia berlari ke arah kiri ruangan.

Setelah ditanya alasannya menangis, si balita mengatakan bahwa ia didorong oleh anak lain -- seusianya -- yang melongok dari belakang kaki dua orang teman ibunya.

Hantu anak kecil yang tertangkap kamera dalam sebuah pesta reuni kecil di Inggris. (Haunted Rooms)

Gadis kecil ini awalnya berdiri di tempat hantu itu terlihat. Mungkin sepertinya hantu tersebut merasa si bocah telah menutupi penampakannya, sehingga ia mendorongnya agar terlihat.

 

3. Hantu Gadis Tenggelam

Penampakan hantu tidak selalu menakutkan, terkadang mereka bisa membawa perasaan damai atau harmonis. Sayangnya, penampakan kali ini bukan salah satu di antara cerita bahagia itu.

Seorang ibu bernama Kim Davidson sedang berenang di sebuah danau bersama tiga anak mereka dan seorang teman wanita. Tak lupa, mereka mengabadikan momen itu dengan mengambil beberapa foto.

Sejauh ini, ketika mereka berenang, segala sesuatunya berjalan sangat normal. Sampai saat foto itu dicetak, mereka langsung merasa ngeri sekaligus merinding, karena mendapati seorang gadis kecil bergabung bersama mereka saat berenang. Padahal tak ada siapa pun kala itu.

Hantu gadis tenggelam di sebuah danau di Inggris. (Haunted Rooms)

Dia tampak sedang bersembunyi di belakang dua keluarga tersebut. Begitu Kim melihat sosok misterius dalam fotonya, dia langsung menghubungi sejarawan dan paranormal.

Paranormal menyebut, gadis dalam fotonya kemungkinan besar adalah hantu Doreen O'Sullivan yang meninggal lantaran tenggelam dalam danau tersebut pada tahun 1913.

3 dari 4 halaman

Hantu di Galeri Seni

4. Hantu Galeri Keadilan

Mungkin salah satu penampakan hantu fenomenal adalah gambar yang diabadikan oleh Simon Brown, parapsikolog terkenal di Nottingham, Inggris.

Dia menghabiskan satu harinya di Galleries of Justice atau Galeri Keadilan -- yang kini berubah nama menjadi National Justice Museum -- bersama saudaranya. Mereka hanya memotret bangunan dan penjara saja.

Meskipun Simon mengatakan bahwa dia tidak melihat apa-apa saat mengambil gambar, komputernya berkata lain. Saat dia memindahkan seluruh foto dari kamera ke laptop atau komputer jinjingnya, ia mendapati sosok bayangan hitam di salah satu foto.

Sosok itu seperti menembus dinding batu bata. Ketika dikonfirmasi kepada staf di galeri, mereka membenarkan temuan Brown. Mereka mengaku pernah melihat sosok serupa dan mengalami kejadian paranormal menakutkan ketika berjaga tengah malam.

Hantu narapidana di Galleries of Justice, Nottingham, Inggris. (Haunted Rooms)

Mereka mendeskripsikan sosok tersebut sebagai hantu narapidana yang muncul dari penjara bawah tanah galeri. Ia mengenakan pakaian tahanan dan berjalan dengan menyeret kakinya, seola-olah sedang diikat.

 

5. Hantu Monet

Anda pasti pernah mendengar tentang Monet, bukan?

Claude Monet, dikenal juga dengan nama Oscar-Claude Monet atau Claude Oscar Monet, adalah pelukis Prancis dengan aliran impresionisme. Ia lahir di Paris, 14 November 1840 dan meninggal di Giverny, 5 Desember 1926 pada usia 86 tahun.

Kisah penampakan hantu paling menarik yang pernah menghebohkan warganet adalah Monet yang berada di Museum Seni Cleveland.

Ia terlihat berdiri santai dari lantai dua museum, sembari berpegangan pada dinding pembatas kaca. Ia tampak mengenakan topi putih dan jas berwarna abunya. Jenggot putihnya panjang nan lebat. Dari atas, Monet mengamati orang-orang yang berada di lantai satu, yang sedang bersiap untuk menggelar sebuah pameran pelukis Prancis.

Penampakan yang diklaim sebagai hantu dari pelukis Monet. (Haunted Rooms)

Padahal saat itu, lantai dua kosong karena sudah disterilkan. Tak ada seorang pun di sana.

Foto penampakan Monet tertangkap kamera ponsel direktur museum. Awalnya, ia hanya memotret interior bangunan saja, dan suasana menjelang pameran.

Mungkin Monet kembali untuk melihat-lihat pameran?

4 dari 4 halaman

Hantu di Sebuah Bangunan

6. Hantu di Rumah Sakit

Rumah sakit adalah tempat yang dianggap mengerikan bagi banyak orang. Entah itu terkesan angker, bau obat, atau kamar jenazah. Apalagi bila malam telah tiba.

Berikut ini mungkin bukan penampakan hantu paling menyeramkan di Inggris. Namun, foto yang diambil di Leeds General Infirmary oleh Andrew Milburn bisa mengubah pikiran Anda.

Penampakan hantu di Leeds General Infirmary, Inggris. (Haunted House)

Dalam foto tersebut, tampak sesosok bayangan berwarna putih, berjalan mengambang, dan seperti mengenakan gaun pengantin. Ia bergentayangan di koridor rumah sakit dengan menembus tembok.

Malam itu, Andrew iseng ingin mengambil gambar sebuah lorong di rumah sakit tersebut, karena ia ingin menunjukkan kepada pacarnya rumah sakit tempatnya bekerja sekarang.

Andrew megaku selalu bersikap skeptis terhadap hantu, tapi melihat sosok dalam foto itu, ia pun berubah pikiran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini