Sukses

Tak Ada Sampah Berserakan, Ini Desa Paling Bersih di Asia?

Liputan6.com, New Delhi - India adalah salah satu negara yang memiliki populasi terbesar di dunia. Kondisi tersebut membuat sampah menjadi masalah besar di negeri itu.

Dari botol plastik bekas sampai pembungkus kotoran sapi kerap mengotori jalanan kota-kota besar seperti Delhi. Namun, hal berbeda di temukan di desa kecil Mawlynnong.

Penduduk di sana memiliki nol toleransi terhadap sampah. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk memastikan kawasan tempat tinggal mereka bersih.

Seperti dikutip dari Oddity Central, Rabu (23/8/2017), Mawlynnong menjadi berita utama untuk pertama kali pada 2003. Ketika itu seorang jurnalis dari Majalah Discover menyebutnya sebagai "desa terbersih di Asia".

Setelah mendengar kabar bahwa anak-anak sampai orang tua termotivasi untuk menjaga kebersihan, jurnalis tersebut memutuskan untuk menyelidiki desa tersebut. Ia pun terkesan.

Ia pun kian mantap menyebut Mawlynnong layak untuk mendapatkan gelar desa terbersih di seluruh Asia.

Artikel tersebut kemudian menarik perhatian masyarakat, termasuk 600 orang di negara bagian Meghalaya, India. Sejak saat itu, orang-orang dari seluruh dunia mulai bepergian ke sana, untuk mencontoh kebersihan kawasan tersebut.

Meski terdengar seperti tipuan untuk menarik wisatawan, tapi Mawlynnong lebih dari itu. Para warganya memang menjaga desa agar bersih dan indah.

Tak ada yang tahu persis bagaimana obsesi kebersihan ini dimulai. Beberapa orang meyakini bahwa wabah kolera sekitar 130 tahun lalu sebagai penyebabnya.

Saat itu warga disebut-sebut harus hidup bersih agar menghentikan penyebaran penyakit.

Sementara yang lain menyebut bahwa kondisi bersih itu dimulai dari masyarakat lokal Khasi, di mana perempuan berperan dominan untuk menjaga kebersihan dan sanitasi.

Kebiasaan itu lalu diturunkan dari generasi ke generasi, orang tua atau pun muda.

Tentunya banyak yang bertanya tentang kebersihan Mawlynnong, yang terkesan memiliki sistem sangat sederhana namun efektif. Berikut ini cara mereka melakukannya:

 

2 dari 2 halaman

Bersih-Bersih Desa

Tak ada kegiatan besar dalam menjaga kebersihan di desa yang satu ini.

Setiap pagi, sebelum pergi ke sekolah semua anak-anak di desa mengambil sapu untuk membersihkan debu dan daun yang jatuh di jalanan. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengosongkan keranjang sampah dan memisahkan sampah organik, plastik dan yang dapat digunakan kembali atau didaur ulang.

Daun yang dikumpulkan dikuburkan di dalam lubang besar dan diubah menjadi kompos. Sementara sebagian besar plastik disimpan kembali, dan sisanya dibakar di pinggiran desa.

Merokok dan penggunaan plastik sebenarnya dilarang di desa tersebut, tapi beberapa plastik memang berakhir di tempat sampah yang dikumpulkan dari wisatawan.

Ada beberapa yang buang sampah sembarangan, tapi penduduk setempat tidak pernah marah. Mereka hanya menggambilnya dan memastikan rumah mereka tetap bersih seperti biasanya.

Mawlynnong adalah satu dari sedikit komunitas India di mana setiap rumah tangga memiliki toilet sendiri. Jadi tak ada masalah untuk buang air kecil atau besar di sana.

Kegiatan seluruh desa berjalan secara eksklusif dari energi bersih dari matahari. Dibantu kerja tukang kebun untuk memastikan bunga dan tanaman di sana tetap indah.

Namun, bukan hanya area umum Mawlynnong yang sangat bersih dan rapi. Menurut artikel BBC, budaya kebersihan juga tercermin di setiap rumah tangga di desa. 

Saksikan videonya berikut ini:

Loading