Sukses

Gubernur Minnesota AS Jatuh Pingsan Saat Pidato di Depan Parlemen

Mark Dayton tiba-tiba pingsan saat sedang menyampaikan pidato di gedung DPRD wilayah tersebut.

Liputan6.com, Minnesota - Gubernur Negara Bagian Minnesota Amerika Serikat (AS) Mark Dayton tiba-tiba pingsan saat sedang menyampaikan pidato di gedung parlemen wilayah tersebut.

Akibatnya, pidato awal tahun Dayton harus diakhiri lebih cepat.

"Dia langsung dirawat dan dibawa keluar dari gedung parlemen. Gubernur sudah kembali ke rumahnya," ucap pernyataan resmi Pemerintah Negara Bagian Minnesotta, seperti dikutip dari MPR News, Selasa (24/1/2017).

Ketika Dayton pingsan sejumlah pejabat daerah langsung membantu sang gubernur dan membawanya untuk mendapat perawatan.

Menurut seorang anggota senat yang juga bekerja sebagai dokter, Jensen R-Chaska kondisi Dayton sudah dimonitor. Hasilnya pun memuaskan.

"Ia berada dalam kondisi stabil setelah acara tersebut," ucap R-Chaska.

Sebelum benar-benar ambruk, Dayton terlihat memberhentikan pidatonya. Lalu, ia meminum segelas air yang berada di podiumnya.

Setelah itu, ia mengaku tiba-tiba merasakan demam, tubuhnya langsung lunglai, dan jatuh ke lantai.

Pidato Dayton sudah berlangsung selama 40 menit. Saat jatuh, sebelum mendapat pertolongan, ia sempat mencoba berdiri dengan kekuatannya sendiri.

Dayton pun direncanakan untuk beristirahat total sampai akhir Januari.

Kondisi kesehatan Dayton beberapa bulan belakangan terus mendapat sorotan. Empat tahun lalu pria 69 tahun ini menjalani operasi tulang belakang.

Karena operasi ini, Dayton yang merupakan Politikus Partai Demokrat harus berjalan menggunakan tongkat.

Untuk menghormati Dayton, Ketua DPRD Minnesota asal Partai Republik, Kurt Daudt mengumumkan untuk tidak mau berkomentar soal pidato sang gubernur.

"Fokus kita saat ini adalah untuk kesembuhan total gubernur kita ini," sebut Daudt.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.