Sukses

Penemu Teknik Penyelamat Korban Tersedak Tutup Usia

Heimlich Maneuver yang diperkenalkan pada 1974 diyakini telah menyelamatkan lebih dari 100.000 orang di Amerika Serikat.

Liputan6.com, Cincinnati - Dokter Amerika Serikat penemu teknik untuk membantu korban tersedak, Henry Heimlich, meninggal pada usia 96 tahun.

Menurut keluarga Heimlich, ia mengembuskan napas terkahirnya di sebuah rumah sakit di Cincinnati pada Sabtu 17 Desember 2016, akibat komplikasi serangan jantung yang ia derita sejak Senin, 12 Desember 2016.

Pria kelahiran 3 Februari 1920 itu menemukan teknik untuk menyelematkan nyawa seseorang yang tersedak pada 1974. Prinsip tindakan yang dikenal sebagai Heimlich Maneuver itu adalah memberikan tekanan pada perbatasan perut dan dada seseorang sehingga udara akan menghentak benda asing yang tertelan, dan membuat saluran pernapasan tak lagi tersumbat.

Heimlich merupakan direktur bagian operasi di Jewish Hospital di Cincinnati ketika merancang teknik tersebut. Dalam sebuah pernyataan media, keluarganya menyebut Heimlich sebagai pahlawan bagi banyak orang di dunia.

"Sejak ayah memulai karir medisnya di New York City hingga bekerja sebagai dokter bedah toraks di Cincinnati, ia berkomitmen menciptakan ide sederhana dan efektif yang membantu menyelamatkan nyawa dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara signifikan," ujar keluarga Heimlich seperti dikutip dari BBC, Minggu (18/12/2016).

Manuver tersebut bukan satu-satunya kesuksesan yang diraih Heimlich. Pada 1962, ia mengembangkan Heimlich Chest Drain Valve yang disebut menyelamatkan banyak tentara dalam Perang Vietnam dan masih digunakan untuk pasien yang menjalani operasi dada.

Sejak Heimlich Maneuver diperkenalkan pada 1974, tindakan itu diyakini telah menyelamatkan lebih dari 100.000 orang di Amerika Serikat.

Mereka yang nyawanya pernah terselamatkan dengan menggunakan Heimlich Maneuver termasuk mantan Presiden AS Ronald Reagan, bintang pop Cher, mantan wali kota New York Edward Koch, dan bintang Hollywood Elizabeth Taylor, Goldie Hawn, Walter Matthau, Carrie Fisher, Jack Lemmon dan Marlene Dietrich.

Pada 2014, aktor Clint Eastwood menyelamatkan nyawa seorang direktur turnamen golf di California yang tersedak sepotong keju. Di Inggris, komedian David Walliams dilaporkan telah menyelamatkan nyawa Simon Cowell dengan melakukan Heimlich Maneuver ketika promotor ternama ia tersedak mint.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.