Sukses

Logan Juara Dunia Scrabble

Logan berhasil mengukuhkan diri sebagai juara dunia dengan menyisihkan peserta lainnya yang datang dari 42 negara. Permainan scrabble pertama kali ditemukan pada 1948.

Liputan6.com, London: Adam Logan keluar sebagai juara Kejuaraan Dunia Scrabble 2005 yang berlangsung di Hotel Regents Park Marriot London, Inggris, baru-baru ini. Atlet dari Kanada itu berhak membawa pulang hadiah uang sebesar US$ 15 ribu atau lebih dari Rp 150 juta dari total hadiah US$ 25 ribu.

Di babak final, Logan harus berhadapan dengan pesaing terberatnya, Pakorn Nemitrmansuk dari Thailand. Mereka memang pemain terbaik dari 100 peserta yang berasal dari 42 negara. Dalam waktu 20 menit, baik Logan maupun Nemitrmansuk harus mampu meraih skor tertinggi menyusun kata dalam bahasa Inggris hanya dengan menggunakan tujuh huruf dari kantong berisi 100 huruf, termasuk dua spasi.

Tingkat kesulitan makin bertambah lantaran kata yang disusun harus tercantum dalam lebih dari 108 ribu kata yang tercatat dalam kamus bahasa Inggris atau kamus resmi scrabble. Bila tidak, kata tersebut dinyatakan tidak sah.

Pertarungan di babak final berakhir dengan kata horned atau bertanduk yang dipasang Logan. Kata horned meraih angka kelipatan tiga dan secara otomatis mengukuhkan Logam sebagai juara dunia scrabble yang baru.

Permainan scrabble pertama kali ditemukan pada 1948. Permainan ini sekarang sudah dialih bahasakan di 27 negara.(ICH/Yes)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.