Sukses

Zipmex Akan Tanggung Pajak Kripto Pengguna Sepanjang Mei 2022

Liputan6.com, Jakarta - Perdagangan aset kripto di Indonesia sudah mulai dikenakan Pajak Pertambahan Nilai atau PPN dan Pajak Penghasilan atau PPh yang berlaku sejak 1 Mei 2022. 

Dalam menjalankan aturan tersebut, Zipmex sebagai salah satu pertukaran kripto di Indonesia akan menanggung seluruh pajak yang timbul atas berbagai transaksi terkait investasi aset kripto sepanjang Mei 2022.

Transaksi tersebut mencakup transaksi jual beli (trading), penarikan atau pemindahan aset kripto antar wallet (withdrawal), hingga pendistribusian bonus aset kripto (airdrop). 

Pengguna akan tetap dikenakan biaya pajak seperti yang telah diatur dalam undang-undang, namun biaya pajak  tersebut akan ditanggung oleh Zipmex. Zipmex akan menyetorkan pajak kripto pengguna kepada negara. Dengan demikian, pengguna tidak akan mengalami perubahan ataupun kenaikan biaya trading fee di platform Zipmex.

Kebijakan ini hadir seiring dengan adanya keputusan Pemerintah melalui Kementerian Keuangan pada akhir April lalu yang secara resmi menetapkan pajak atas investasi aset kripto. Pajak kripto berlaku secara efektif pada 1 Mei 2022 melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 68/PMK.03/2022 .

Head of Growth Zipmex Indonesia, Siska Lestari mengatakan diberlakukannya pajak atas investasi aset kripto menunjukkan pemerintah Indonesia semakin terbuka dan mendukung perkembangan komoditas aset yang berbasis teknologi ini.

Ada pajak atas investasi kripto juga memberikan kepastian hukum yang lebih kuat serta kemudahan administrasi dan pelaporan atas perdagangan aset kripto bagi masyarakat Indonesia. 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Alasan Perseroan

Namun, tidak dapat dipungkiri edukasi mengenai pajak atas investasi aset kripto masih terbilang minim. 

“Kami memahami mekanisme penghitungan pajak atas aset kripto merupakan hal yang baru bagi pengguna. Dibutuhkan sosialisasi dan edukasi yang menyeluruh untuk memberikan pemahaman mengenai besaran potongan dan mekanisme pengenaannya,” ujar Siska dalam keterangan tertulis, Senin (9/5/2022).

“Oleh sebab itu, sebagai bagian dari upaya kami dalam membantu proses edukasi pengguna, kami akan menanggung seluruh pajak atas investasi aset kripto yang terjadi melalui platform Zipmex sepanjang Mei 2022,” lanjut dia.

Siska berharap dengan adanya program penanggungan pajak ini, Zipmex dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan penerimaan pajak sekaligus membantu pengguna untuk berinvestasi pada aset kripto dengan lebih mudah dan nyaman. 

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Senin Pagi 9 Mei 2022

Sebelumnya, mengawali pekan kedua Mei 2022, harga Bitcoin dan kripto jajaran teratas masih terus melanjutkan penurunan. Beberapa kripto yang sempat menguat tipis, harus kembali merosot ke zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin pagi, 9 Mei 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 3 persen dalam 24 jam dan 10,81 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 34.160,21 per koin atau setara Rp 495,2 juta (asumsi kurs Rp 14.498 per dolar AS).

Ethereum (ETH) juga masih melemah hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH anjlok 3,52 persen dan 9,67 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 2.693,13 per koin.

Kripto selanjutnya, Binance coin juga turut melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB ambles 2,40 persen dan 8,14 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 356,73 per koin.

Kemudian Cardano (ADA) masih di zona merah hari ini. Dalam satu hari terakhir ADA melemah 1,86 persen dan 4,13 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,7485 per koin.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) masih melemah pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL melemah 4,35 persen dan 14,78 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 75,68 per koin.

XRP juga harus kembali merosot ke zona merah. Dalam satu hari terakhir, XRP turun 2,39 persen dan 5,66 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,5693 per koin.

Terra (LUNA) juga masih melemah. Terra anjlok 3,38 persen dalam 24 jam terakhir dan 19,61 persen dalam sepekan. Saat ini Terra dihargai USD 65,30 per koin.

Stablecoin seperti Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama melemah sebesar 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya USDT berada di level USD 0,9998. Sedangkan USDC di level USD 1,00.