Sukses

Semangat Berbagi Lewat Taman Hijau Ceria

Wadah bagi pemuda-pemudi yang ingin melakukan perubahan bagi bangsanya.

Citizen6, Bogor: Tiap kali media menyoroti kegiatan demonstrasi mahasiswa, membuat kami merasa gerah. Seakan, tidak ada kegiatan yang mempunyai nilai positif yang digerakan  oleh mahasiswa. Tepat 26 Maret 2010, ketiga mahasiswa saat itu : Muhamad Ricki Cahyana, Fierdian Senjaya, dan Budi Anto berinisiatif untuk membuat gerakan sosial yang memiliki concern terhadap pendidikan anak. Maka dibuatlah, Taman Hijau Ceria Suatu gerakan yang di dedikasikan untuk masyarakat dalam hal ini peduli pendidikan anak pra sejahtera. Berawal dari 3 orang yang sampai dengan detik ini memiliki 40 relawan aktif dan ribuan pendukung melalui social media (fanpage & twitter).

Kegiatan Taman Hijau Ceria (THC) ini  mulai kami laksanakan di wilayah Bogor dengan kegiatan rutinan berupa sanggar belajar gratis bagi anak-anak pra sejahtera. Saat ini, kegiatan kami memiliki jaringan di Yogyakarta dan Solo.

Kegiatan ini melibatkan berbagai latar belakang relawan, dimulai dari pelajar, mahasiswa, sampai praktisi dan profesional muda. Sangat kagum dengan relawan dari kalangan pelajar. Usia yang begitu muda sudah memiliki hati nurani untuk saling menggerakan dan berbagi. Tidak hanya itu, para relawan juga berani mendedikasikan total untuk kegiatan ini, terkadang mereka juga berdonasi demi kelancaran program sosial kami. Karena kami sangat percaya dan menjadi qoute kami bahwa "berbagi tidak akan membuat kita jatuh miskin!."

Selain program sanggar belajar, kami juga memiliki kegiatan pendukung lainnya yang sudah kami laksanakan, seperti Charity show, Hari Nonton Ceria, Belajar Akbar, dan berbagai kegiatan kepedulian yang kami laksanakan dengan sistem crowd funding. Melalui kegiatan kepedulian, kami berhasil menghimpun dana untuk membantu salah seorang anak binaan kami untuk melakukan operasi tumor payudara dan membelikan kursi roda baru untuk anak binaan kami yang mengalami disabilitas sejak kecil.

Anak-anak seperti mereka merupakan ceriman dan sumber inspiratif bagi kami. Ada salah satu anak binaan kami yang sudah lama putus sekolah, ternyata ia berhasil mendapatkan program beasiswa untuk pelatihan pertanian organik dan juga pelatihan ilmu tata busana. Tidak ada yang tahu, dibalik keterbatasannya mereka mampu berkarya dan memberikan yang terbaik untuk dirinya sendiri dan lingkungan. Inilah yang kami tularkan kepada teman-teman yang bergabung di Taman Hijau Ceria untuk selalu semangat berbagi. Bagi yang tertarik bergabung bersama Taman Hijau Ceria bisa like fanpagenya di www.facebook.com/TamanHijauCeria, follow @SahabatTHC, dan kunjungi web kami di www.thc.or.id. (Muhamad Ricki Cahyana/Arn)

*Muhamad Ricki Cahyana adalah penggagas berdirinya Taman Hijau Ceria yang dapat dihubungi melalui Twitter @SahabatTHC dan www.thc.or.id.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.