Sukses

Fakta Menarik Elvis Presley, Ikon Musik Terkenal yang Ternyata Sempat Jadi Sopir Truk

Tidak ada keraguan bahwa gelar King of Rock and Roll telah melekat erat pada nama Elvis Presley. Ia adalah pribadi yang penuh karisma, telah menjadi ikon dalam dunia musik dengan keasliannya dan gaya yang tak terbantahkan, membuatnya tak terlupakan bagi banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta Elvis Presley, dikenal sebagai Raja Rock and Roll, merupakan salah satu ikon musik yang paling memengaruhi sepanjang sejarah. Lahir pada 8 Januari 1935 di Tupelo, Mississippi, dan meninggal pada 16 Agustus 1977 di Memphis, Tennessee, gaya vokalnya yang menggemparkan dan penampilan panggungnya telah merubah wajah musik populer selamanya.

Meskipun ia terkenal sebagai bintang hiburan yang sukses, terdapat fakta-fakta unik dan menarik tentangnya yang mungkin belum diketahui semua orang. Berikut adalah beberapa fakta yang akan melengkapi gambaran kita tentang Elvis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Mempunyai Saudara Kembar

Elvis dikenal karena memiliki saudara kembar yang bernama Jessie Garon, yang sering dia sebut dalam percakapan saat dewasa.

3 dari 12 halaman

Debut yang Mengagumkan

Pada 1956, Elvis mencapai prestasi luar biasa ketika lagu pertamanya, Heartbreak Hotel, dilemparkan ke dunia. Dengan single ini, ia memperkenalkan dirinya ke panggung internasional dan merubah arah musik pop.

4 dari 12 halaman

Gerakan Ikonik

Elvis memperoleh ketenaran berkat penampilan panggungnya yang dramatis, terutama gerakan pinggulnya yang kontroversial pada masa itu. Penampilannya selalu dinantikan dengan antusiasme dan berhasil memukau para penonton.

5 dari 12 halaman

Keberhasilan Luar Biasa dalam Industri Akting

Elvis tak hanya berhasil dalam bidang musik, tetapi juga dikenal sebagai aktor film. Dia tampil dalam lebih dari 30 film, termasuk yang paling terkenal seperti Jailhouse Rock dan Blue Hawaii.

6 dari 12 halaman

Sebelumnya Pernah Bekerja sebagai Sopir Truk

Sebelum memasuki dunia musik, Elvis memakai masa sekolahnya dengan menjadi sopir truk untuk perusahaan listrik. Tepat di tahun 1954, dia putuskan untuk meninggalkan pekerjaan itu demi mengejar karier musiknya, berpetualang dan merekam lagu bersama musisi lokal Scotty Moore dan Bill Black.

7 dari 12 halaman

Membeli Museum Graceland

Pada usia 22 tahun, Elvis memperoleh Graceland seharga $102.500 untuk menjadi tempat tinggal bagi dirinya, orang tuanya, dan nenek dari pihak ayahnya. Saat ini, Graceland telah dijadikan Landmark Sejarah Nasional dan dikunjungi oleh lebih dari 500 ribu orang setiap tahun, menurut laporan dari situs resminya.

8 dari 12 halaman

Mengabdi sebagai Tentara

Pada masa puncak ketenarannya, Elvis memilih untuk berdinas di angkatan bersenjata selama dua tahun. Saat berusia 23 tahun, tugasnya membawanya ke Jerman, di mana selain membuka ribuan surat penggemarnya, dia juga bertemu dengan Priscilla Beaulieu, yang saat itu berusia 14 tahun. Mereka kemudian menikah pada tahun 1967, tetapi bercerai enam tahun kemudian.

9 dari 12 halaman

Mahir dalam Karate

Selama hidupnya, Elvis selalu membawa sabuk karate hitam dan sertifikatnya di dalam dompetnya.

10 dari 12 halaman

Albumnya Sangat Sukses Secara Global

Elvis telah diakui dalam lima Hall of Fame yang berbeda, seperti Rock 'n' Roll, Country, Gospel, Rockabilly, dan R&B. Konon, penjualannya mencapai lebih dari satu miliar rekaman di seluruh dunia.

11 dari 12 halaman

Membeli Kapal Pesiar Mewah

Pada tahun 1964, Elvis Presley memperoleh sebuah kapal pesiar yang sebelumnya dimiliki oleh mantan Presiden Amerika Serikat, Franklin Roosevelt, dengan harga 55.000 dolar Amerika, yang setara dengan Rp 779 juta saat ini.

Namun, alih-alih menyimpan kapal itu untuk kepentingan pribadinya, Elvis memilih untuk menyumbangkannya kepada rumah sakit anak St. Jude sebagai sumbangan untuk mendukung pembangunan fasilitas baru.

12 dari 12 halaman

Netizen Juga Penasaran dengan Hal Ini

Apakah Elvis Presley memiliki ingatan fotografis?

Elvis merenungkan segala sesuatu melalui pendengarannya. Ingatannya menyerupai gambar dan begitu terperinci seperti ensiklopedia.

Apa etnis Elvis Presley itu?

Secara mendasar, keturunan Presley berasal dari campuran budaya Eropa Barat. Ibunya memiliki keturunan Skotlandia-Irlandia dan sedikit keturunan Norman Prancis, sementara salah satu nenek buyut Gladys memiliki darah Cherokee. Menurut sepupu ketiga Presley, satu nenek buyut Gladys juga memiliki latar belakang Yahudi.

Siapa raja rock di dunia?

Elvis Aaron Presley lahir pada 8 Januari 1935 dan meninggal pada 16 Agustus 1977, dikenal sebagai penyanyi, penulis lagu, dan aktor Amerika Serikat. Ia diakui sebagai salah satu ikon budaya paling berpengaruh pada abad ke-20, sering dijuluki sebagai Raja Rock and Roll atau secara singkat disebut The King.

Mengapa Elvis menyentuh telinganya?

Pada tahun 1957, Elvis mengakui bahwa ia harus menutup telinganya dengan tangan untuk bisa mendengar suara bernyanyinya sendiri.

Kapan Elvis Presley menjadi populer?

Pada 1954, Elvis memulai perjalanan musiknya dengan bergabung bersama Sun Records, label legendaris di Memphis. Pada akhir 1955, kontrak rekamannya dialihkan ke RCA Victor, dan pada 1956, ia meraih ketenaran internasional yang luas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.