Sukses

Cara Mudah Siangi Ikan Bandeng Sampai Bersih dari Duri Tajam Tanpa Presto

Tidak harus punya presto untuk bisa menyajikan olahan ikan bandeng tanpa duri tajam. Ikuti trik jitu ini, maka ikan bandeng bisa bersih dari duri tajam tanpa dipresto. Yuk, simak penjelasannya!

Liputan6.com, Jakarta Ikan adalah salah satu sumber protein hewani yang terkenal karena manfaat kesehatannya. Konsumsi ikan tidak hanya bermanfaat tapi juga tidak membosankan karena variasi jenisnya yang banyak. Salah satu ikan yang populer adalah ikan bandeng.

Ikan bandeng adalah jenis ikan yang mudah dibudidayakan, sehingga banyak tersedia di pasaran. Ikan ini kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Meski demikian, beberapa orang memilih untuk menghindarinya karena duri-duri kecil yang sulit disiangi.

Untuk mengatasi masalah ini, seorang warganet YouTube dengan nama Adit Makarti membagikan cara menyiangi ikan bandeng tanpa presto. Berikut adalah langkah-langkahnya yang dirangkum pada (15/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Teknik Mengiris Jitu

Teknik memotong ikan bandeng tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena tujuan utamanya adalah untuk menghilangkan duri yang ada di dalam daging ikan, sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. 

"Dengan menggunakan teknik ini, tulang atau duri ikan bandeng sebenarnya tidak hilang, tetapi setelah dimasak dan dimakan, rasanya tidak akan terasa lagi," jelas Adit.

3 dari 10 halaman

Mengiris Punggung Ikan

Langkah awal yang harus diambil adalah memotong punggung ikan bandeng di bagian atas perut. Potong daging ikan sampai terdengar suara, menandakan bahwa tulang atau durinya telah terbelah. Pastikan jarak antara setiap potongan tidak terlalu besar, sekitar 0,5 cm sudah cukup. Namun, jangan membuat irisan terlalu rapat agar tidak merusak tekstur daging ikan.

4 dari 10 halaman

Mengiris Bagian yang Mendekati Ekor Ikan

Tidak seperti bagian yang berada di atas perut sebelumnya, bagian yang berdekatan dengan ekor ikan bandeng harus diiris hingga ke dasar, bukan hanya setengahnya. Ini disebabkan oleh keberadaan duri yang paling banyak di bagian ini. Jarak antara setiap irisannya tetap konsisten, yaitu 0,5 cm.

5 dari 10 halaman

Mengiris Sisi Lain Ikan

Setelah bagian atas perut dan bagian yang mendekati ekor diiris rapi, lakukan langkah yang sama pada sisi-sisi lain dari ikan bandeng. Setelah proses pengirisan dilakukan dengan cermat, ikan bandeng telah siap untuk diproses lebih lanjut.

6 dari 10 halaman

Mengapa Daging Ikan Bandeng Presto Tidak Ada durinya?

Proses pengolahan bandeng presto dengan uap air panas bertekanan tinggi menyebabkan tulang dan duri menjadi lunak selain itu uap air panas yang bertekanan tinggi ini sekaligus berfungsi menghentikan aktivitas mikroorganisme pembusuk ikan.

 

 

 

 

 

7 dari 10 halaman

Apa Itu Bandeng Tanpa Duri?

Bandeng cabut duri adalah ikan bandeng segar dimana secara biologi struktur tubuhnya banyak terdapat duri halus, dan untuk menghilangkan faktor pembatas duri halus tersebut telah tersedia teknologi tepat guna yang sederhana melalui pengkajian letak dan struktur duri dan menghilangkannya dengan cara mencabut duri.

8 dari 10 halaman

Kenapa Ikan Bandeng Banyak Duri?

Bagian yang paling banyak tulang atau durinya biasanya adalah bagian ekor. Hal ini karena ekor adalah bagian tubuh yang biasa digunakan untuk berenang dan bergerak, sehingga membutuhkan kerangka yang lebih kompleks.

9 dari 10 halaman

Bandeng Presto Apa Ada Durinya?

Ikan bandeng terkenal memiliki duri yang sangat banyak, oleh karenanya membuat Bandeng Presto sangat digemari dan menjadi favorit pengunjung. Cara memasak bandeng dengan presto yang membuat duri dalam ikan bandeng menjadi lunak. Presto adalah cara memasak dengan uap air yang bertekanan tinggi.

 

 

10 dari 10 halaman

Apa Arti dari Istilah Presto?

Presto atau masak tekan (bahasa Portugis: pressão) adalah suatu proses memasak makanan di bawah uap dan air bertekanan tinggi atau cairan memasak berbahan dasar air, dalam wadah tertutup yang dikenal sebagai pemasak tekanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.