Sukses

Ini 9 Cara Mudah Hilangkan Bau Amis pada Ikan, Bikin Masakan Tambah Nikmat

Tidak perlu ribet lagi saat membuat olahan ikan hanya karena aroma amisnya. Cukup ikuti beberapa cara efektif ini, maka bau amis pada ikan sudah pasti hempas dan hidangan jadi makin nikmat. Yuk, simak penjelasannya!

Liputan6.com, Jakarta Ikan adalah salah satu jenis lauk yang memiliki banyak manfaat dan dapat mendukung kesehatan tubuh. Selain itu, variasi yang banyak membuat ikan menjadi pilihan lauk yang menarik. Namun, di sisi lain, ikan dikenal sulit untuk diolah karena duri-durinya yang tajam dan bau amis yang seringkali melekat. Hal ini membuat sebagian orang menghindari ikan sebagai bahan masakan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada 9 cara efektif dan ampuh untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Berikut ini langkah-langkahnya, dirangkum pada (15/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 15 halaman

Menggunakan Susu

Mengatasi bau amis pada ikan sebelum memasak dapat dilakukan dengan menggunakan susu sebagai bahan rumahan. Caranya cukup sederhana, cukup rendam ikan yang akan dimasak dalam susu dan kemudian bilas. Susu memiliki kemampuan untuk menyerap aroma yang kurang sedap dari makanan laut karena kandungan kasein di dalamnya yang dapat berikatan dengan trimetilamin oksida, zat kimia yang biasanya menyebabkan bau amis.

3 dari 15 halaman

Baluri dengan Cuka

Cuka bisa mengurangi bau amis pada ikan hingga sekitar setengahnya. Caranya mudah, campurkan cuka dengan air segar dan rendam ikan dalam campuran itu selama sekitar 5 menit. Kemudian bilas dan keringkan ikan sebelum memasaknya.

4 dari 15 halaman

Bersihkan Ikan dengan Benar

Membersihkan ikan dengan benar dapat membantu mengurangi bau amis. Caranya cukup sederhana: buang organ dalam, sirip, dan selaput putih di rongga perut ikan. Dengan langkah-langkah ini, bau amis pada ikan akan berkurang saat dimasak.

5 dari 15 halaman

Menggunakan lemon

Seperti halnya cuka, lemon juga efektif dalam menghilangkan bau amis pada ikan. Cara penggunaannya mirip dengan cuka, yaitu dengan mencampurkan sari lemon dengan air segar dan merendam ikan di dalamnya. Namun, lemon juga bisa digunakan secara langsung untuk menghilangkan bau amis. Caranya, peras lemon di atas ikan yang sudah dibersihkan, diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas ikan dengan air bersih.

6 dari 15 halaman

Taburi dengan Garam

Garam merupakan salah satu metode terbaik untuk menghilangkan bau amis dari ikan air tawar, seperti lele. Caranya sangat sederhana: cukup gosokkan garam pada ikan yang sudah dibersihkan, diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air. Alternatif lainnya adalah merendam ikan yang sudah dibersihkan dalam larutan air garam.

7 dari 15 halaman

Gosok dengan Jahe

Jahe adalah rempah dapur yang memiliki khasiat untuk menghilangkan bau amis ikan. Caranya sangat mudah, cukup hancurkan jahe hingga halus dan gosokkan pada ikan yang sudah dibersihkan. Biarkan selama 30 menit sebelum ikan dimasak.

8 dari 15 halaman

Menggunakan Bawang Putih

Selain memberikan cita rasa lezat dan aroma aromatik pada olahan ikan, bawang putih juga efektif untuk menghilangkan bau amis. Caranya mirip dengan penggunaan jahe sebelumnya; cukup lumuri ikan yang sudah dibersihkan dengan bawang putih yang telah dihancurkan.

9 dari 15 halaman

Baluri dengan mentimun

Mengatasi bau amis ikan menggunakan mentimun adalah cara yang sederhana. Caranya cukup mudah, cukup parut mentimun dan oleskan secara merata ke seluruh permukaan ikan. Diamkan selama 20 menit sebelum dimasak.

10 dari 15 halaman

Menggunakan Kulit dan Daun Jeruk

Kulit dan daun jeruk dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Cara penggunaannya adalah dengan merebus kulit atau daun jeruk sampai mendidih, lalu menggunakan air rebusannya untuk membersihkan ikan.

11 dari 15 halaman

Bagaimana Cara untuk Mengurangi Bau Amis pada Ikan?

Bersihkan sisik ikan secara menyeluruh, lalu lumuri ikan dengan cuka. Jumlah cuka yang digunakan adalah 2 sendok teh cuka untuk tiap 1 kilogram ikan. Setelah dilumuri cuka, biarkan ikan selama sekitar 15-20 menit.

 

 

 

 

12 dari 15 halaman

Bagaimana Cara Agar Saat Mengolah Ikan Bau Amisnya Berkurang?

Misalnya, rendam ikan dalam larutan air garam atau air jeruk nipis selama beberapa menit sebelum dimasak. Garam atau asam dalam jeruk nipis akan membantu mengurangi bau amis yang tidak diinginkan.

13 dari 15 halaman

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Amis pada Ikan Salmon?

Agar bau amis ikan salmon hilang, kamu bisa mencampurkan cuka putih dalam air rendamannya. Setelah kurang lebih lima menit, keluarkan salmon dari rendaman, bilas, lalu keringkan dengan handuk kertas. Ikan salmon pun siap kamu dimarinasi menjadi hidangan lezat.

14 dari 15 halaman

Apakah Jahe Bisa Menghilangkan Bau Amis Ikan?

Selain jeruk dan lemon, jahe juga punya manfaat yang dapat menghilangkan bau amis pada ikan. Bagaimana caranya sih? pertama parut jahe hingga halus setelah itu, bersihkan ikan kemudian lumuri atau baluri dengan parutan jahe tersebut, tunggu 10-15 menit setelah itu bersihkan ikan dan olah ikan sesuai dengan keinginan.

 

 

15 dari 15 halaman

Apakah Lengkuas Bisa Menghilangkan Bau Amis Ikan?

Secara taksonomi, lengkuas merupakan famili Zingiberaceae dengan genus Alpinia Penggunaan lengkuas sebagai bumbu masakan karena lengkuas menghasilkan aroma yang khas, dapat menghilangkan bau amis pada makanan yang berasal dari ikan, daging dan ayam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.