Sukses

Tanpa Disimpan di Freezer, Ini Cara Agar Seledri Tetap Segar dan Wangi Sampai Sebulan

Seledri dijamin segar dan wangi hingga sebulan lamanya meski tidak dibekukan. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Dengan kesegaran yang khas, seledri sering kali dijadikan berbagai olahan lezat seperti sup, kaldu hingga jus.

Tidak hanya dari rasa, dari segi visual pun seledri juga dapat mempercantik suatu makanan. Dengan begitu, tidak heran seledri kerap disimpan sebagai stok di rumah dalam jumlah banyak.

Sayangnya, tampilan cantik dan kesegaran seledri bisa hilang jika tidak disimpan dengan benar. Seledri sendiri bisa layu serta berubah warna dan bau dalam dua minggu jika tidak disimpan dengan benar.

Namun tenang saja, karena seorang warganet Instagram @ayu_said_family telah membagikan cara menyimpan seledri agar tetap segar dan wangi sampai sebulan.

Lantas, apakah ia menggunakan bahan khusus untuk menyimpan seledri? Temukan jawabannya pada pembahasan yang dirangkum pada Minggu (19/05/2024) berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Rendam dengan Air

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan wadah yang bersih dan muat untuk menyimpan seledri.

Setelah itu, letakkan seledri yang ingin disimpan dalam wadah tersebut, lalu tuang air sampai merendam seledri secara penuh.

3 dari 11 halaman

Tutup Wadah Rapat-rapat

Selain harus bersih, wadah yang disiapkan juga harus bisa ditutup rapat dan tidak boleh longgar. Bila perlu, ikat wadah dengan karet semisal tutup wadah sudah agak renggang.

4 dari 11 halaman

Simpan di dalam Chiller

Jika disimpan dalam freezer, seledri cenderung akan membeku dan mengeras sehingga sulit untuk dikeluarkan. Oleh karena itu, seledri cukup disimpan di bagian bawah kulkas atau chiller saja.

5 dari 11 halaman

Seledri Tetap Segar Hingga Sebulan

Setelah disimpan dalam rentang dua minggu hingga sebulan, coba keluarkan seledri dari kulkas untuk melihat hasilnya.

Pemilik akun Instagram @ayu_said_family ini telah membuktikan jika seledri yang ia simpan dalam chiller masih tetap segar, awet dan tidak layu meski sudah lebih dari dua minggu.

Karena dengan metode ini, seledri akan tetap lembab berkat air rendaman dalam wadah. Sementara suhu chiller pada kulkas akan menjaga keawetan seledri.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Seledri

7 dari 11 halaman

Seledri Sebaiknya Disimpan di Mana?

Untuk menjaga kesegarannya lebih lama, lebih baik menyimpan seledri di dalam lemari es. Namun, perlu diingat bahwa seledri dapat membusuk dengan cepat karena gas etilen yang dihasilkannya, oleh karena itu penting untuk menyimpannya dengan hati-hati.

8 dari 11 halaman

Berapa Lama Seledri Tahan di Kulkas?

Berapa lama seledri dapat bertahan di dalam lemari es? Biasanya, seledri utuh mampu bertahan selama 2 hingga 4 minggu jika disimpan dalam wadah plastik atau kantong untuk menjaga kelembapan.

9 dari 11 halaman

Apakah Seledri Bisa Dibekukan?

Anda tak perlu merebus seledri sebelum membekukannya, walaupun merebusnya dapat menghasilkan aroma yang lebih kaya dan seledri dapat bertahan hingga satu tahun. Jika tanpa merebus, pertimbangkan untuk mengonsumsinya dalam beberapa bulan.

10 dari 11 halaman

Apakah Seledri Harus Terkena Sinar Matahari?

Seledri memerlukan paparan sinar matahari selama sekitar delapan jam setiap harinya. Namun, terlalu banyak sinar matahari langsung dapat membuat seledri layu atau menguning. Sebaliknya, kurangnya sinar matahari dapat menghambat pertumbuhan, membuatnya lemah dan pucat.

11 dari 11 halaman

Bolehkah Jus Seledri Disimpan dalam Kulkas?

Masukkan jus seledri ke dalam cangkir dan hidangkan segera. Jika tidak dapat diminum sekaligus, simpan sisa jus dalam wadah kedap udara dan letakkan di dalam lemari es selama paling lama 24 jam. Wadah yang paling cocok adalah stoples dari kaca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.