Sukses

Tanpa Diungkep, Ini Cara Mudah Goreng Ayam Agar Cepat Empuk dengan 1 Bahan Dapur

Goreng ayam jadi sangat mudah dan hasilnya bisa empuk meski tidak diungkep. Ini cara dan bahannya.

Liputan6.com, Jakarta Ayam goreng yang lezat tidak selalu harus ayam goreng tepung atau ayam krispi. Ayam yang dimarinasi dengan berbagai bumbu lalu digoreng pun juga tidak kalah enak.

Meskipun begitu, membuat ayam goreng bumbu seperti itu bukanlah hal yang mudah, apalagi jika tidak diungkep. Namun jangan khawatir, salah satu pengguna Instagram/@mvnnialwi memiliki cara khusus untuk membuat ayam goreng bumbu yang empuk tanpa harus diungkep.

Bahkan, ia hanya menggunakan satu jenis bahan agar ayam goreng jadi empuk. Berikut adalah teknik dan bahan yang akan dijelaskan pada Minggu (19/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Haluskan Bumbu Marinasi

Pertama-tama, siapkan bumbu yang akan digunakan untuk memarinasi ayam seperti  bawang merah, bawang putih, kunyit dan kemiri. Haluskan semua bumbu tersebut dengan chopper dan jangan lupa untuk tambahkan sedikit air.

3 dari 11 halaman

Lumuri Ayam dengan Bumbu

Setelah bumbu sudah sangat halus dan encer, lumuri atau marinasi ayam dengan bumbu tersebut. Remas dan aduk-aduk ayam agar bisa lebih tercampur rata dengan bumbu.

4 dari 11 halaman

Tambahkan Tepung Maizena

Jadi, bahan khusus yang digunakan di sini adalah tepung maizena agar ayam goreng jadi lebih lembut. Kandungan pati pada tepung maizena tidak hanya membuat daging ayam empuk, tapi juga membuat kulit ayam jadi lebih renyah.

Tambahkan satu sendok makan saja tepung maizena pada ayam yang sudah dimarinasi dengan bumbu tadi.

5 dari 11 halaman

Ayam Jadi Lebih Empuk

Goreng ayam bumbu yang sudah ditambahkan tepung maizena sebelumnya dengan api sedang. Jika dibandingkan, tekstur daging ayam yang diberi tepung maizena terlihat lebih lembut dan juicy dari daging ayam yang hanya dimarinasi saja.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Mengenai Ayam Goreng

7 dari 11 halaman

Apakah Bikin Ayam Goreng Harus Direbus Dulu?

Agar ayam matang secara merata, potonglah ayam menjadi bagian-bagian kecil supaya cepat matang. Untuk potongan ayam yang lebih besar, lebih baik diungkep dan direbus terlebih dahulu. Merebus ayam sebelum menggorengnya dapat meningkatkan cita rasa ayam tersebut.

8 dari 11 halaman

Apakah Bumbu Ungkep Harus Ditumis?

Bumbu halus perlu ditumis terlebih dahulu sebelum direbus dengan air. Langkah ini merupakan rahasia untuk menghasilkan rasa ayam ungkep yang lebih lezat. Menumisnya sekitar 10 menit sudah cukup hingga bumbu benar-benar menyusut dan berminyak,

9 dari 11 halaman

Apakah Ayam Boleh Langsung Digoreng?

Ayam berukuran kecil dapat digoreng langsung tanpa perlu direbus terlebih dahulu. Namun, untuk potongan ayam yang besar, disarankan untuk merebusnya dengan bumbu sebelum digoreng. Langkah ini membuat daging ayam lebih lembut dan bumbunya meresap dengan baik.

10 dari 11 halaman

Apa Bedanya Marinasi dan Ungkep?

Proses ungkep biasanya diterapkan untuk memastikan tekstur masakan menjadi lembut dan bumbu meresap dengan sempurna. Sementara itu, marinasi bertujuan menambahkan cita rasa dan aroma khas sebelum melanjutkan ke tahap memasak berikutnya, seperti pemanggangan atau penggorengan.

11 dari 11 halaman

Ungkep Ayam Apakah Panci Harus Ditutup?

Ketika merebus ayam dalam panci, biarkan terbuka agar air bisa menguap dan berkurang. Ketika akan menggoreng ayam, pastikan ayam sudah dingin agar tidak mudah hancur. Setelah proses perebusan, biarkan ayam sejenak agar bumbu dapat meresap dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini