Sukses

Tidak Perlu Direbus, Ini Cara Goreng Bihun Agar Kenyal dan TIdak Mudah Putus

Bihun goreng akan jadi lebih gurih, kenyal dan tidak mudah putus meski tidak direbus dulu. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Selain mie, bihun juga sering kali dijadikan opsi pengganti nasi karena mengandung karbohidrat yang tinggi.

Salah satu olahan bihun yang paling nikmat adalah bihun goreng karena bisa dicampur dengan berbagai topping seperti ayam, sayur hingga udang.

Persis seperti mie, bihun biasa direbus dahulu sebelum diolah agar lembut dan kenyal. Namun, bihun yang direbus terlalu lama dengan air yang banyak malah akan lembek, berair dan cepat basi.

Unruk mencegah hal tersebut, seorang warganet TikTok @ayusaidfamily memiliki cara alternatif yang cukup mudah. Ia bahkan juga membagikan tutorial dan resep secara lengkap, yang dirangkum pada Sabtu (04/05/2024) berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Rendam Bihun

Sebagai alternatif selain direbus, bihun bisa direndam saja dengan air mendidih selama tiga sampai lima menit agar bihun jadi lembut. Setelah itu, saring bihun dan cuci bersih dengan air mengalir, lalu biarkan bihun sampai kering dan dingin.

3 dari 11 halaman

Aduk Bihun dengan Kecap

Jadi, bihun langsung dicampur dengan kecap sebelum nanti digoreng. Selain kecap, campurkan juga bihun dengan minyak wijen dan garam secukupnya. Aduk-aduk bihun sampai berwarna kecoklatan.

4 dari 11 halaman

Tumis Bumbu

Bumbu yang diperlukan hanya bawang putih, bawang merah dan cabai hijau yang sudah dibuang bijinya. Tumis ketiga bumbu tersebut bersama dengan irisan sayur-sayuran seperti wortel dan daun bawang.

5 dari 11 halaman

Goreng Bihun

Jika bumbu sudah ditumis, masukkan bihun ke dalam wajan untuk segera digoreng dengan bumbu. Jika ingin rasa yang lebih kuat bisa tambahkan garam dan merica bubuk.

Jangan lupa untuk aduk-aduk bihun sembari digoreng. Jika tekstur bihun sudah cukup kering, maka bihun sudah matang sempurna dan siap untuk disajikan. Dengan begitu, bihun akan lebih awet karena tidak berair.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Terkait Bihun Goreng

7 dari 11 halaman

Bihun Direndam Pakai Air Apa?

Agar kualitas dan kekenyalan bihun tetap terjaga tanpa merusak, bihun dapat direndam menggunakan air panas atau air dingin. Sesekali diaduk untuk mencegah lengket. Proses perendaman bihun sebaiknya tidak melebihi 5 menit.

8 dari 11 halaman

Apakah Bihun Harus Direbus?

Bihun cenderung lebih rapuh serta cepat matang ketimbang mie telur atau varian mie lainnya. Oleh sebab itu, untuk memelihara teksturnya yang kenyal serta mencegah keterlalu lunakannya, disarankan untuk tidak merebus bihun.

9 dari 11 halaman

Berapa Kalori dalam Bihun Goreng?

Dalam satu porsi bihun goreng berukuran 300 gram, terdapat 455 kkal kalori. Selain itu, bihun goreng juga mengandung nutrisi dengan rincian sebagai berikut: Energi sebesar 1903 kilo joule, dan lemak mencapai 17,04 gram.

10 dari 11 halaman

Apa Bedanya Soun dan Bihun?

Walaupun tampak serupa, namun asal bahan dari soun dan bihun sudah berlainan. Bihun dibuat dari campuran tepung beras dengan air. Kadang-kadang, campuran tersebut juga dapat ditambahkan tapioka dan tepung maizena untuk meningkatkan kekenyalannya. Di sisi lain, soun dibuat dari pati tepung kacang hijau.

11 dari 11 halaman

Apakah Boleh Tiap Hari Makan Bihun?

Banyaknya konsumsi bihun jagung dapat mengakibatkan fluktuasi gula darah yang tidak diharapkan pada individu yang mengalami masalah dalam mengatur gula darah. Salah satu dampak yang mungkin muncul setelah mengonsumsi bihun jagung adalah terganggunya sistem pencernaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini