Sukses

5 Camilan Sehat yang Cocok Dikonsumsi Sebelum Tidur

Anda sering ngemil di malam hari sebelum tidur? Cobalah untuk memilih camilan sehat berikut untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas

Liputan6.com, Jakarta Entah karena begadang atau sekadar terjebak dalam acara televisi atau film yang sedang Anda nonton, mungkin Anda pernah merasa tergoda untuk membuka kulkas di larut malam.

Sayangnya, makan sebelum tidur bisa mengganggu waktu istirahat Anda jika tidak hati-hati.

Namun, ini tidak berarti Anda harus kelaparan hingga pagi. Jika Anda ingin ngemil di tengah malam, ada beberapa pilihan sehat yang bisa dipertimbangkan daripada junk food.

Yaitu dengan memilih camilan yang lebih sehat, karena akan memberikan nutrisi kepada tubuh Anda tanpa menambah terlalu banyak kalori atau lemak tidak sehat.

Memilih camilan sehat juga bisa membantu dalam menjaga berat badan ideal.

Karena camilan sehat umumnya rendah kalori dan lemak tidak sehat, mereka membantu mencegah penumpukan kalori berlebih yang bisa menyebabkan penambahan berat badan.

Selain itu, dengan tetap merasa kenyang dan puas, kita cenderung tidak mencari makanan yang kurang sehat di malam hari sebelum tidur, ataupun di lain waktu.

Oleh karena itu, memilih camilan sehat adalah langkah penting dalam menjaga pola makan yang seimbang dan mendukung gaya hidup sehat.

Dan berikut adalah lima pilihan camilan sehat menurut ahli gizi yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari dan memberikan anda kesegaran tubuh di saat bangun pagi untuk menjalani hari, melansir dari Best Life, Rabu (22/05/2024)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Semangkuk oat, buah dan yogurt

Makan malam yang terlalu dini, terlalu sedikit, atau hanya sekedar merasa lapar lagi di malam hari merupakan hal yang menjengkelkan bagi kita semua.

Malam hari adalah waktu yang sangat krusial untuk memperhatikan apa yang kita konsumsi jika ingin tidur nyenyak atau menjaga kesehatan jangka panjang.

Namun, ahli diet dan gizi, juga content creator bidang kesehatan yaitu Taylor Grasso, RDN, LD, MPP-D dalam video terbaru yang diunggah dalam akun TikTok-nya yaitu @simplyhealthyrd, menjelaskan bahwa ada cara yang tepat untuk ngemil di malam hari.

Saran pertamanya adalah semangkuk yogurt Yunani yang dicampur dengan beberapa topping buah ataupun oats.

"Yoghurt Yunani mengandung protein dan juga kalsium," kata Grasso.

Ia menjelaskan bahwa protein akan membantu menstabilkan kadar gula darah Anda sepanjang malam, sehingga meningkatkan kualitas tidur Anda.

"Belum lagi jika Anda menambahkannya dengan sesuatu seperti buah ceri, Anda akan mendapatkan tambahan zat melatonin alami, ditambah sedikit rasa manis dengan menambahkan sedikit madu Anda akan mendapatkan camilan tengah malam yang lezat," tambahnya.

3 dari 6 halaman

Pisang atau biskuit gandum dan selai kacang

Kombinasi selai kacang dan pisang adalah camilan yang sederhana namun lezat dan seringkali dinikmati pada siang hari.

Namun, menurut Grasso, ini juga merupakan pilihan yang sangat baik untuk dikonsumsi larut malam.

"Pisang mengandung kalium dan magnesium, yang membantu meningkatkan relaksasi dan mempersiapkan tubuh untuk tidur, sementara itu, selai kacang mengandung triptofan, yang berkontribusi pada produksi melatonin, dimana itu adalah hormon yang dapat membantu Anda untuk tertidur." jelasnya.

Kehabisan buah segar? Anda bisa mengganti pisang dengan biskuit gandum.

"Biji-bijian mengandung karbohidrat kompleks," kata Grasso.

Ia menjelaskan bahwa karbohidrat kompleks biasanya memiliki sedikit lebih banyak serat dan sedikit lebih banyak protein, yang berarti mereka akan membantu menstabilkan kadar gula darah kita, membuat kita lebih kenyang dan puas sepanjang malam.

4 dari 6 halaman

Kalkun dan biskuit gandum utuh

 Meskipun roti lapis mungkin terlalu berat untuk camilan tengah malam, Anda tetap bisa menikmati daging dengan memilih kombinasi irisan daging kalkun dan biskuit gandum utuh sebagai camilan sehat.

Grasso menjelaskan bahwa daging kalkun mengandung triptofan, yang dapat meningkatkan produksi serotonin dan melatonin, yaitu dua hormon yang penting untuk tidur.

Saat memilih daging kalkun olahan, disarankan untuk memilih yang rendah garam dan bebas nitrat untuk pilihan yang lebih sehat.

5 dari 6 halaman

Coklat

Bagi pecinta coklat, keinginan menikmati cokelat bisa datang kapan saja, termasuk di malam hari. Untungnya, Anda tetap bisa menikmati camilan larut malam yang sehat dengan memilih coklat hitam.

"Coklat hitam dalam jumlah moderat bisa menjadi camilan sebelum tidur yang bermanfaat, dimana cokelat hitam mengandung prekursor hormon melatonin dan serotonin," ucap Grasso. 

Grasso menyarankan untuk menikmati kepingan cokelat hitam dengan mencampurkannya ke dalam yogurt bersama selai kacang dan menambahkan potongan apel.

Dalam resep tersebut Anda akan mendapatkan serat dan mikronutrien dari apel, serta protein dari yogurt.

6 dari 6 halaman

Keju cottage dan buah-buahan

Jika Anda tidak menyukai yogurt, keju cottage bisa menjadi alternatif yang kaya protein untuk camilan larut malam.

Grasso menyarankan untuk mencampurkan buah favorit Anda ke dalam keju cottage, "Keju cottage mengandung protein yang membantu menstabilkan kadar gula darah. Ditambah lagi, dengan menambahkan buah, Anda mendapatkan serat dan nutrisi mikro yang bermanfaat bagi tubuh saat tidur," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.