Sukses

5 Pemain Temahal di Piala AFF 2024, Punggawa Timnas Indonesia Teratas

Di Piala AFF 2024 ini, Timnas Indonesia tergabung dalam Group B bersama Timnas Vietnam, Timnas Filipina, Timnas Myanmar, dan Timnas Laos.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia senior kembali akan berkompetisi di ajang Piala AFF (ASEAN Cup 2024). Di Piala AFF 2024 ini, Timnas Indonesia tergabung dalam Group B bersama Timnas Vietnam, Timnas Filipina, Timnas Myanmar, dan Timnas Laos.

Piala AFF 2024 akan digelar pada 23 November-21 Desember 2024. Skuad Garuda belum pernah menjuarai turnamen dua tahunan ini, hanya enam kali menjadi runner-up.

Meski demikian, kekuatan Timnas Indonesia dibilang menjadi salah satu yang terkuat di ajang ini. Maklum saja, punggawa Timnas Indonesia kini memiliki kualitas di tingkat eropa.

Dengan kualitas pemain yang dimiliki saat ini, pemain Indonesia mendominasi menjadi pemain termahal yang akan bermain di Piala AFF 2024.

Berikut daftar pemain termahal di Piala AFF 2024 yang dikutip datanya dari Transfermarkt, Jumat (24/5/2024):

1. Thom Haye

Thom Haye, gelandang Timnas Indonesia yang baru saja menyelesaikan proses naturalisasinya, kini memegang status sebagai pemain Asia Tenggara dengan nilai pasar tertinggi.

Pemain berusia 29 tahun asal Belanda ini memiliki nilai pasar sebesar tiga juta euro, atau sekitar Rp52,14 miliar jika dikonversi ke rupiah.

Angka fantastis ini sebenarnya tidak mengejutkan, karena Thom Haye telah menghabiskan beberapa musim terakhir bermain di kasta tertinggi Liga Belanda bersama beberapa klub.

2. Gerrit Holtmann

Dari Timnas Filipina, Gerrit Holtmann menempati posisi kedua dalam daftar pemain dengan nilai pasar tertinggi. Pemain keturunan Jerman-Filipina ini memang cukup mencolok.

Dengan nilai pasar mencapai 1,2 juta euro, yang setara dengan Rp34 miliar, Holtmann masuk dalam daftar ini berkat pengalamannya bermain di Liga Jerman. Saat ini, pemain berusia 29 tahun tersebut sedang menjalani masa pinjaman di Darmstadt 98.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Sandy Walsh

Timnas Indonesia kembali mengirimkan perwakilannya dalam daftar pemain dengan nilai pasar tertinggi melalui Sandy Walsh. Bek keturunan Belanda ini saat ini berkarier di Liga Belgia bersama KV Mechelen.

Sandy Walsh pernah menjadi pemain Timnas Indonesia paling berharga dengan nilai pasar sebesar Rp26,07 miliar. Dengan angka tersebut, pemain berusia 29 tahun ini menempati posisi kedua sebagai pemain termahal di skuad Merah Putih.

4. Supachai Jaided

Selain Chanathip, penyerang Timnas Thailand lainnya yang tetap menjadi pemain termahal adalah Supachai Jaided. Penyerang berusia 25 tahun ini terus menunjukkan peningkatan nilai pasarnya.

Karier cemerlang Supachai di Timnas Thailand turut mengangkat nilai pasarnya, yang kini mencapai satu juta euro atau setara dengan Rp17,38 miliar. Potensinya untuk terus meningkat masih sangat besar, terutama karena ia sedang berada di puncak kariernya.

 

3 dari 3 halaman

5. Chanathip Songkrain

Bintang Timnas Thailand, Chanathip Songkrasin, tetap menjadi salah satu pemain dengan nilai pasar tertinggi di Asia Tenggara meskipun angkanya terus menurun.

Saat ini, gelandang serang berusia 30 tahun tersebut berada di posisi kelima dengan nilai pasar sebesar satu juta euro, atau sekitar Rp17,38 miliar jika dikonversi ke rupiah.

Pada puncak kariernya, Chanathip pernah mencapai nilai pasar sebesar Rp41,72 miliar saat bermain untuk klub Jepang, Hokkaido Consadole Sapporo pada periode 2017-2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.