Sukses

5 Mitos Seputar Anti-Aging yang Tak Perlu Dipercaya Lagi, Apa Saja?

Dermatologis dan ahli bedah plastik membantah mitos-mitos menyesatkan yang mungkin sering Anda dengar.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, kita dibanjiri dengan konten untuk merawat kulit agar tampak lebih muda dan mencegaah penuaan terjadi. Mulai dari penggunaan retinol, treatment kulit seperti mikrodermabrasi hingga diet dan suplemen khusus, tampaknya kita dibanjiri dengan apa yang disebut sebagai prosedur ajaib dan mitos seputar anti aging.

Namun rupanya, tidak semua informasi seputar hal tersebut ternyata benar. Sebab, ada juga yang merupakan sebuah mitos kecantikan yang tidak perlu Anda percayai. Jadi, sebelum Anda mencoba berbagai krim antipenuaan dan menghabiskan setengah dari gaji Anda untuk membeli suplemen kecantikan, Anda juga perlu mengetahui tentang bagaimana dan mengapa kulit Anda mengalami penuaan.

Dilansir dari Real Simple, Jumat (3/5/2024), menurut ahli, ini dia mitos-mitos seputar penuaan:

1. Kerutan adalah Tanda Pertama Penuaan

Meskipun kebanyakan orang tidak berpikir dua kali tentang penuaan sampai mereka mulai melihat kerutan, para ahli dermatologi sepakat bahwa perubahan yang lebih halus pada kulit yang kendur, garis-garis halus, perubahan warna, dan tekstur mungkin muncul pertama kali.

“Saya menemukan bahwa bintik hitam dan volume wajah yang menurun adalah hal yang pertama kali dilihat orang,” kata Jason Emer, MD, dokter kulit dan ahli bedah bersertifikat di Beverly Hills, California.

Namun ada tanda-tanda penuaan lain yang juga ingin dilawan oleh klien Emer.

"Banyak orang berusia 20-an datang dan mengatakan bahwa mereka melihat lingkaran hitam dan kulit berlubang di bawah mata serta lipatan di sekitar mulut."

Untuk mencegah hal tersebut, tidak ada kata terlalu dini untuk memulai rutinitas perawatan kulit anti penuaan. Pencegahan dapat membuat perbedaan besar ketika kulit Anda mulai kehilangan kolagennya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sunscreen Hanya Harus Dipakai Saat Terkena Sinar Matahari

Jika aplikasi cuaca Anda memperkirakan langit akan berawan atau Anda hanya berencana menghabiskan hari di dalam ruangan, Anda mungkin tergoda untuk tidak memakai sunscreen.

Namun, sebenarnya hal ini bisa berdampak buruk. Sebab, Anda tetap harus memakai tabir surya meskipun Anda berada di dalam ruangan.

Menurut Hadley King, MD, seorang dokter kulit bersertifikat di New York City, Anda terus-menerus dibombardir oleh pemicu stres akibat sinar matahari.

“Ada dua jenis sinar UV: UVA dan UVB,” katanya.

Perbedaannya, kata King, sinar UVA umumnya dikaitkan dengan penuaan sel kulit dan cenderung menjadi penyebab kerutan, bintik matahari, dan tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari lainnya.

"Sinar UVB adalah penyebab utama kulit terbakar secara langsung, merusak DNA di sel kulit, dan dikaitkan dengan sebagian besar kanker kulit. Kaca yang biasanya digunakan di jendela mobil, rumah, dan kantor dirancang untuk memblokir sebagian besar sinar UVB, namun tidak memberikan perlindungan dari semua sinar UVA, sehingga kulit Anda tetap terlindungi, rentan terhadap penuaan," sambung King.

3 dari 4 halaman

3. Penuaan Adalah Faktor Genetik

Anda mungkin berasumsi bahwa penuaan ada hubungannya dengan kumpulan genetik Anda. Namun, timeline penuaan ibu Anda belum tentu merupakan indikator penuaan Anda.

“Penuaan kulit kita ditentukan oleh faktor intrinsik dan ekstrinsik,” kata Joshua Zeichner, MD, dokter kulit bersertifikat di New York City.

Zeichner melanjutkan, "Penuaan intrinsik mengacu pada kecenderungan genetik kita, dan kita tahu bahwa beberapa orang secara genetik diberkati untuk menjadi 'super agers'. Namun, kita tidak boleh melupakan penuaan ekstrinsik, yang mengacu pada percepatan proses penuaan alami akibat faktor lingkungan seperti sinar UV dan polusi. Terlepas dari faktor genetik, faktor ekstrinsik dapat menyebabkan penuaan yang buruk bahkan pada orang dengan genetika yang baik."

4. Chemical Peels Bisa Merusak Kulit

Kata 'chemical' dan 'peel' mungkin membuat Anda merasa ngeri. Akan tetapi, jangan terlalu cepat menghentikan pengobatannya.

“Beberapa pengelupasan kimiawi yang lebih tua dan dalam dapat mengubah penampilan kulit secara permanen,” kata Konstantin Vasyukevich, MD, seorang ahli bedah plastik bersertifikat di New York City.

Namun, sebagian besar kulit yang digunakan saat ini jauh lebih lembut pada kulit dan tidak membahayakan jika digunakan dengan benar.

Jika Anda memutuskan untuk menjalani perawatan, pastikan perawatan tersebut dilakukan oleh ahli bedah plastik bersertifikat yang berkualifikasi dan berpengalaman dan Anda banyak menanyakan pertanyaan terkait jenis kulit Anda.

4 dari 4 halaman

5. Menggunakan Produk Mahal Lebih Efektif

Ini tentu hanya mitos. Sebab, Anda bisa memiliki kulit bercahaya dan awet muda tanpa mengeluarkan uang terlalu banyak. Label harga yang mahal tidak menjamin suatu produk akan lebih efektif, jadi daripada menilai berdasarkan label harga, amati daftar bahan terlebih dahulu dan produsen kedua.

“Penetapan harga dalam perawatan kulit terkadang lebih mencerminkan pemasaran dan branding dibandingkan kualitas,” kata Dr. Vasyukevich.

Meskipun banyak orang percaya bahwa mereka harus menjalani perawatan anti-aging yang mahal untuk mempertahankan penampilan awet muda, Vasyukevich mengatakan tindakan pencegahan perawatan kulit yang paling sederhana dan termurah seringkali lebih efektif dibandingkan alternatif yang lebih mahal.

“Misalnya, penggunaan tabir surya dan pelembap kulit yang murah setiap hari, dalam jangka panjang, jauh lebih baik daripada perawatan yang mahal dan terputus-putus di kemudian hari,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.