Sukses

Tak Mampu Qurban Jangan Berkecil Hati, Ini Amalan yang Pahalanya Lebih Baik dari 100 Unta Kurban

In amalan yang lebih baik dari qurban 100 ekor unta

Liputan6.com, Cilacap - Ibadah kurban merupakan ibadah yang utama dan mulia yang dilaksanakan setelah sholat Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Ibadah qurban selain sebagai peringatan akan pengorbanan Nabi Ibrahin AS, namun juga sebagai wasilah untuk lebih dekat dengan Allah SWT.

Namun di hari Raya Idul Adha, tidak semua orang bisa melaksanakan ibadah kurban. Khususnya bagi mereka yang hidupnya miskin.

Meski demikian, bagi yang tidak mmapu untuk berkurban, ada amalan yang lebih baik dari kurban 100 ekor unta. Lantas amalan apa itu?

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini Amalannya

Menukil yatimmandiri.org, seperti yang sudah diberikan informasi bahwa untuk amalan orang yang belum mampu berkurban bisa membaca bacaan seperti biasanya. Yaitu bertakbir, bertahmid, dan bertasbih sebanyak 100 kali dalam sehari atau pada saat tanggal 10 Dzulhijjah.

Pahala yang dicatat bagi orang yang mengamalkan amalan ini adalah lebih baik dibandingkan dengan mampu mempersiapkan 100 ekor kuda pilihan untuk jihad di jalan Allah. Selain itu, lebih baik jika dibandingkan dengan 100 ekor unta yang dagingnya dibagikan kepada fakir miskin. 

Dan juga, untuk pahala yang akan didapatkan layaknya mampu membebaskan 100 orang budak. Sangat disayangkan jika kaum muslimin meninggalkan amalan ini saat Hari Raya Idul Adha. 

3 dari 3 halaman

Amalan Ringan Lainnya di Hari Raya Idul Adha

Adapun amalan lain yang bermanfaat jika kita tidak mampu melaksanakan kurban ialah seperti membantu hal-hal yang berkaitan dengan kurban. Namun perlu di ketahui, bahwa hal ini tidak memiliki pahala lebih baik dari kurban 100 ekor unta. Amalan-amalan tersebut adalah sebabai berikut:

  • Membantu penyembelihan hewan kurban.
  • Memmbantu membersihkan hewan kurban
  • Membantu mendistribusikan daging kurban yang telah disembelih kepada masyarakat.
  • Mengolah daging kurban.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.