Sukses

7 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Berkencan dengan Orang Baru

Perhatikan hal-hal berikut ini saat Anda berkencan dengan orang yang baru.

Liputan6.com, Jakarta Tahap awal suatu hubungan sering kali terasa menyenangkan dan penuh dengan harapan yang baru.

Segalanya terasa segar dan baru, dan Anda menantikan apa yang akan terjadi di masa depan sambil memikirkan semua tempat yang akan dituju oleh hubungan ini.

Disinilah tahap dimana ketika seseorang sering mengerahkan kemampuan terbaiknya demi hubungan terbarunya ini, dan mencoba untuk menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

Berkencan dengan orang baru seharusnya juga menjadi kesempatan untuk bersenang-senang dan menikmati prosesnya. Jangan terlalu serius atau terlalu terburu-buru untuk menetapkan ekspektasi yang tinggi.

Biarkan hubungan berkembang secara alami dan nikmatilah setiap momen bersama, karena siapa tahu, berkencan dengan orang baru bisa menjadi awal dari kisah cinta yang indah.

Juga, bukanlah hal yang aneh jika Anda ingin memberikan kesan pertama yang baik pada orang yang Anda kencani. Tetapi, ada beberapa tanda peringatan penting yang mungkin terlewatkan saat Anda berada di tahap pdkt.

Saat Anda jatuh cinta pada seseorang, Anda cenderung mengabaikan tanda-tanda red flag dan meminimalkan kekhawatiran yang mungkin akan timbul.

Agar hubungan apa pun dapat berkembang, fondasinya adalah saling menghormati, kepercayaan, empati, dan keterampilan komunikasi yang sehat.

Perhatikan hal-hal berikut ini saat Anda berkencan dengan orang yang baru, sehingga dapat membantu Anda mengetahui apakah membangun fondasi hubungan dengan elemen-elemen yang baik tersebut dapat dilakukan dengan orang yang sedang Anda kencani dan membuat keputusan yang tepat tentang bagaimana pandangan Anda terhadapnya, melansir dari Psychology Today, Rabu (17/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Bagaimanakah mereka bereaksi terhadap stres?

Bagaimana pasangan Anda dapat mendukung Anda dikala stres adalah hal yang penting.

Jika dia memiliki cara yang sehat untuk mengatasi atau meredam stres dan mampu berkomunikasi dengan tepat dikala Anda mengalami stres, itu adalah suatu hal yang spesial.

Dan tidak cuman Anda saja, lihatlah bagaimana mereka bereaksi atau berkomunikasi terhadap Anda ketika mereka merasa stres.

Apakah mereka menutup diri dan diam? Apakah mereka berhenti merespons ketika Anda mencoba untuk berkomunikasi? Apakah mereka melampiaskan stres mereka kepada Anda?

Karena stres adalah bagian yang tak terelakkan dari kehidupan, jika respons seseorang terhadap stres adalah melampiaskannya pada pasangannya ataupun mereka mengucilkannya, hal ini pada akhirnya akan mengikis hubungan dari waktu ke waktu.

3 dari 8 halaman

2. Bagaimanakah cara mereka berkomunikasi dengan Anda dan orang lain ketika mereka marah?

Amati apa yang terjadi ketika pasangan Anda marah. Apakah mereka menjadi gelisah dan mulai mencaci maki kepada Anda atau orang lain? Apakah mereka berteriak atau memanggil nama sampai mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan?.

Jika Anda mengamati pola perilaku ini dan tidak ditujukan kepada Anda, ada kemungkinan besar hal ini akan terjadi di masa depan.

4 dari 8 halaman

3. Bagaimanakah cara mereka merespons ketika mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan atau dikala Anda mengatakan ‘tidak’ terhadap suatu hal?

Niat asli seseorang dapat terungkap selama tahap awal kencan ketika Anda menetapkan batasan atau mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan dari Anda.

Jika Anda mengatakan tidak pada sesuatu yang mereka ingin lakukan atau inginkan, apakah mereka menerima dan bersedia bekerja sama dengan Anda untuk mencari solusi atau malah mereka menjadi memaksa, menyerang Anda, atau mencoba membuat Anda merasa bersalah karena tidak melakukan atau mendapatkan apa yang mereka inginkan?

5 dari 8 halaman

4. Apakah tindakan mereka sesuai dengan apa yang mereka katakan kepada Anda?

Ketika Anda berkencan dengan seseorang yang baru, ada proses kepercayaan yang perlu dibangun.

Bagian dari kepercayaan itu adalah mengetahui ketika seseorang mengatakan sesuatu kepada Anda bahwa tindakan mereka akan selaras dengan kata-kata mereka.

Jika seseorang mengatakan kepada Anda bahwa mereka benar-benar menyukai Anda tapi jarang menghubungi atau selalu membatalkan rencana di menit-menit terakhir, seberapa jauhkah tindakan mereka sesuai dengan apa yang mereka katakan kepada Anda?.

Selama tahap awal kencan, akan sangat membantu untuk merenungkan cerita apa yang disampaikan oleh mereka dengan tindakan mereka kepada Anda.

6 dari 8 halaman

5. Bagaimana tubuh Anda bereaksi di hadapan mereka?

Meskipun kegugupan pada kencan pertama bukanlah hal yang aneh, perhatikan bagaimana perasaan Anda setelah menghabiskan beberapa kali kencan dengan seseorang.

Apakah Anda merasa nyaman atau gelisah? Apakah Anda merasa cemas atau tenang?

Jika Anda merasa gelisah, pertimbangkan apakah Anda pernah mengalami perasaan yang sama sebelumnya, dan jika ya, pikirkan hal itu ketika dengan siapakah Anda kencani sebelumnya?

Menyesuaikan diri dengan tubuh Anda dapat memberikan Anda banyak informasi saat berkencan dengan seseorang yang baru.

7 dari 8 halaman

6. Bagaimanakah cara mereka berbicara tentang mantan atau orang lain?

Cara seseorang membicarakan mantan dan orang lain dapat memberi Anda informasi yang mencerahkan.

Apakah mereka menggambarkan satu atau beberapa mantan mereka sebagai "orang gila" sejak awal?, apakah mereka sering membicarakan orang lain dengan buruk?

Meskipun beberapa orang mungkin tidak menyukai mantan mereka atau seseorang yang membuat mereka frustasi, cara mereka mendiskusikan masalah ini adalah kunci yang harus diperhatikan oleh Anda.

Jika ada pola yang konsisten dari mereka yang melabeli orang lain dan menggambarkannya selain mereka sebagai orang yang “salah", ini kemungkinan menunjukkan kurangnya pertanggungjawaban dan refleksi diri di pihak mereka.

8 dari 8 halaman

7. Apakah mereka konsisten dan dapat diandalkan?

Seiring berjalannya hubungan, apakah Anda merasa bahwa perilaku mereka konsisten? ataukah Anda sering merasa gelisah karena Anda tidak tahu kapan mereka akan merespons atau memulai rencana?.

Apakah mereka bersikap panas ataukah dingin, dan apakah mereka mengekspresikan kasih sayang kemudian dengan cepat menarik diri dari Anda tanpa penjelasan?

Agar Anda merasa aman secara emosional dalam suatu hubungan, Anda harus percaya bahwa orang yang bersama Anda dapat diandalkan dan Anda dapat mengandalkan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.