Sukses

30 Hewan yang Memiliki Corak Warna yang dengan Pelangi, Menawan dan Unik

Warna-warna yang berbeda muncul karena adanya campuran pigmen dan elemen lainnya. Di bawah ini terdapat beberapa makhluk di planet ini yang memiliki warna yang menyerupai pelangi.

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan fauna dipenuhi dengan keberagaman warna, berkat perpaduan pigmen biologis, efek struktural warna (baik yang bersinar atau tidak), dan kemampuan bercahaya.

Walaupun banyak hewan cenderung memiliki dominasi warna tunggal atau ganda, beberapa juga menampilkan kombinasi warna yang mencolok. Bahkan, beberapa tampak seperti pelangi hidup!

Berikut ini adalah 30 fauna yang menampilkan warna-warni di planet ini, mengutip sumber dari A-Z Animals pada Rabu (13/03).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 31 halaman

Boeseman’s Rainbowfish (Melanotaenia boesemani)

Ikan Boeseman Rainbow adalah jenis ikan air tawar yang mempunyai warna-warni yang khas dan merupakan ikan yang hanya ditemukan di Danau Ayamaru, yang terletak di Papua Barat, Indonesia.   

3 dari 31 halaman

Cameroon Dwarf Gecko (Lygodactylus conraui)

Tokek kecil dari Kamerun adalah jenis tokek kecil yang berasal dari wilayah Afrika Barat dan Tengah. Biasanya, tokek jantan memiliki warna yang lebih mencolok daripada tokek betina.

4 dari 31 halaman

Chyrsolina Beetles (Chrysolina spp.)

Genus Chrysolina adalah kumpulan besar kumbang daun yang tersebar luas di wilayah Eurasia, Afrika, dan Amerika Utara.   

5 dari 31 halaman

Cuckoo Wasps (Chrysididae)

Tawon kukuk yang juga dikenal sebagai tawon zamrud atau tawon permata, merupakan bagian dari keluarga tawon parasitoid atau tawon yang memperoleh makanan dengan cara merampas dari inangnya.

6 dari 31 halaman

Fiery-Throated Hummingbird (Panterpe insignis)

Burung kolibri berapi-api merupakan jenis burung kolibri permata yang dapat ditemui di daerah pegunungan Kosta Rika dan Panama.   

7 dari 31 halaman

Flying Peacock Spider (Maratus volans)

Laba-laba merak terbang adalah jenis laba-laba merak yang berasal dari Australia.

Sama seperti laba-laba merak yang lain, laba-laba ini memiliki ciri khas yang sangat dimorfik, di mana hanya jantan yang memiliki warna cerah pada penutup perutnya.

8 dari 31 halaman

Forest Caterpillar Hunter (Calosoma sycophanta)

Seekor serangga yang berwarna-warni dan berasal dari benua Eropa dikenal sebagai pemburu larva hutan.

9 dari 31 halaman

Golden Pheasant (Chrysolophus pictus)

Pegar emas, yang juga disebut sebagai pegar Cina atau pegar pelangi, ialah jenis burung yang berasal dari wilayah barat Cina.   

10 dari 31 halaman

Gouldian Finch

Burung Kutilang Gouldian yang juga dikenal sebagai Kutilang Gould atau Kutilang Pelangi merupakan salah satu jenis burung Kutilang estrildid yang berasal dari wilayah utara Australia.

Burung Kutilang Gouldian alaminya, bisa memiliki kepala dengan warna hitam, merah, atau kuning.

11 dari 31 halaman

Iridescent Tiger Beetle (Cicindela duponti)

Kumbang macan beraneka warna merupakan jenis serangga kumbang macan yang berasal dari wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara.

12 dari 31 halaman

Jewel Beetles (Buprestidae)

Serangga ini sering disebut sebagai kumbang penggerek logam, termasuk dalam keluarga kumbang yang luas, dengan lebih dari 15.000 jenis yang tercatat di seluruh dunia.

Sebagian besar dari mereka memiliki warna yang menarik dan menawan, yang membuatnya sangat diminati untuk dijadikan koleksi.  

13 dari 31 halaman

Jewel Bugs (Scutelleridae)

Serangga gemerlap ini juga sering disebut sebagai perisai logam.

Serangga ini merupakan bagian dari kumpulan besar serangga sejati, yang telah teridentifikasi lebih dari 450 spesiesnya di berbagai belahan dunia.

14 dari 31 halaman

Keel-Billed Toucan (Ramphastos sulfuratus)

Toucan berparuh kekel yang juga dikenal sebagai toucan dengan dada berwarna belerang, toucan bulan sabit, atau toucan dengan warna pelangi, merupakan jenis burung toucan yang berasal dari daerah hutan tropis di bagian selatan Meksiko, wilayah Amerika Tengah, dan bagian barat laut Amerika Selatan.

15 dari 31 halaman

Madagascan Sunset Moth (Chrysiridia rhipheus)

Seekor spesies ngengat yang indah dan khas Madagaskar.

 

Terkadang sering disalahpahami sebagai kupu-kupu karena ragam warnanya yang mencolok.

16 dari 31 halaman

Mandarinfish (Synchiropus splendidus)

Ikan Mandarin atau dikenal juga sebagai dragonet mandarin merupakan jenis dragonet yang berasal dari bagian barat Samudra Pasifik.

Ikan ini bersama dengan saudara dekatnya, dragonet cantik (Synchiropus picturatus), merupakan satu-satunya jenis vertebrata yang diketahui mampu menghasilkan pigmen tubuh bernama sianofor "biru murni".

17 dari 31 halaman

Orange-Breasted Sunbird

Burung matahari yang memiliki dada berwarna oranye merupakan jenis burung matahari yang hanya ditemukan di bagian barat daya Afrika Selatan.

Spesies ini memiliki ciri khas yang sangat berbeda antara jantan dan betina dewasanya; di mana hanya jantan yang memiliki warna cerah, sementara betinanya berwarna zaitun yang redup.

18 dari 31 halaman

Painted Bunting (Passerina ciris)

Burung cantik yang diwarnai merupakan jenis burung bunting asli Amerika Utara yang tersebar di beberapa wilayah di Amerika Serikat, Meksiko, Amerika Tengah, dan Karibia.

19 dari 31 halaman

Painted Grasshopper

Belalang pelukis juga dikenal dengan nama belalang aak atau belalang ak merupakan jenis belalang yang berasal dari India, Pakistan, serta Afghanistan.

Tampilannya yang mencolok secara warna, berfungsi sebagai peringatan akan kadar toksisitasnya terhadap predator yang mungkin.

20 dari 31 halaman

Panther Chameleon (Furcifer pardalis)

Bunglon macan kumbang merupakan jenis bunglon yang hanya bisa ditemukan di hutan tropis Madagaskar.

Mereka dikenal sebagai bunglon paling berwarna di antara semua jenis bunglon, khususnya yang berasal dari wilayah Ambilobe.

21 dari 31 halaman

Parrotfish (Scaridae or Scarinae)

Ikan jenis kakatua termasuk dalam kelompok ikan laut, terdapat sekitar seratus varietas yang tersebar di Samudra Atlantik, Pasifik, dan Hindia.

22 dari 31 halaman

Peacock Mantis Shrimp (Odontodactylus scyllarus)

Udang mantis merak, yang juga dikenal dengan sebutan udang mantis pelangi, udang mantis harlequin, udang mantis lukis, atau udang mantis badut, merupakan jenis udang mantis yang berasal dari kawasan Indo-Pasifik.

23 dari 31 halaman

Rainbow Grasshopper (Dactylotum bicolor)

Belalang berwarna-warni juga dikenal sebagai belalang lukisan atau belalang pendek tanduk, ialah jenis belalang yang berasal dari benua Amerika Utara.

24 dari 31 halaman

Rainbow Lorikeet (Trichoglossus moluccanus)

Burung nuri berwarna-warni ialah jenis burung nuri yang berasal dari Australia. Baik yang jantan maupun yang betina memiliki bulu berwarna-warni yang serupa.

25 dari 31 halaman

Red-Capped Parrot (Purpureicephalus spurius)

Burung nuri tutup merah ialah jenis burung nuri dengan ekor lebar yang berasal dari barat daya Australia.

26 dari 31 halaman

Red-Eyed Tree Frog (Agalychnis callidryas)

Katak pohon dengan mata merah ialah jenis katak pohon yang berasal dari daerah Amerika Tengah dan barat laut Amerika Selatan.

Warna tubuhnya tidak mencolok; katak ini bukanlah jenis yang beracun.

27 dari 31 halaman

Sally Lightfoot Crab (Grapsus grapsus)

Kepiting Sally lightfoot, juga dikenal sebagai kepiting batu merah, ialah jenis kepiting lightfoot yang berasal dari wilayah pesisir dan pulau-pulau terdekat di Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

28 dari 31 halaman

Scarlet-Chested Parrot (Neophema splendida)

Burung nuri dada merah, juga dikenal sebagai nuri dada merah, nuri tenggorokan oranye, atau nuri indah, ialah jenis burung nuri yang asli dari Australia.

29 dari 31 halaman

Scarlet Macaw (Ara macao)

Macaw merah ialah jenis burung nuri macaw yang berasal dari Amerika Neotropis. Baik yang jantan maupun yang betina memiliki bulu berwarna-warni yang serupa.

30 dari 31 halaman

Sun Conure (Aratinga solstitialis)

Burung nuri matahari, juga dikenal sebagai parkit matahari, ialah jenis burung nuri yang berasal dari timur laut Amerika Selatan.

31 dari 31 halaman

Wrasse (Labridae)

Ikan wrasse ialah keluarga besar ikan laut, dengan lebih dari 600 spesies yang terdapat di Samudra Atlantik, Pasifik, dan Hindia. Banyak yang menampilkan warna-warna cerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini