Sukses

Cara Bersihkan Lilin pada Anggur Hanya dengan 2 Bahan, Tanpa Pakai Cuka

Lapisan lilin pada anggur bisa dibersihkan dengan efektif tanpa menggunakan cuka. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Dari sekian banyak buah, anggur merupakan salah satu yang paling nikmat untuk dicemil di kala santai. Selain itu, anggur juga tidak kalah lezat jika dibuat jadi jus. Dari sisi kesehatan, anggur dapat meningkatkan kesehatan jantung, mata dan tulang.

Namun ada satu hal mengganggu pada Anggur, yaitu lapisan lilin yang kerap kali menempel agar anggur awet dan tahan lama.

Lilin tersebut sebenarnya tidaklah berbahaya karena bersifat alami dan bukan pestisida buatan. Hanya saja, lapisan lilin ini akan membuat anggur jadi terasa lebih pahit.

Beberapa orang menggunakan cuka untuk menghilangkan lapisan lilin ini, karena kandungan asam pada cuka memang dapat membersihkan lapisan lilin.

Meski begitu, ada cara lain yang lebih efektif untuk membersihkan lilin pada anggur tanpa cuka. Tutorial ini dijelaskan oleh seorang TikToker dengan akun @annepermata, di mana ia hanya menggunakan dua bahan dapur saja.

Lantas, bahan apa yang digunakan? Temukan jawabannya pada ulasan berikut yang dirangkum hari Minggu (28/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Taburkan dengan Garam dan Terigu

Siapkan beberapa tangkai anggur yang ingin dibersihkan, lalu petik anggur satu per satu dan sisihkan dalam wadah. Taburkan terigu dan sedikit garam pada anggur tersebut.

3 dari 10 halaman

Rendam Selama 5 Menit

Jika sudah ditaburkan garam dan terigu, tuang air ke dalam wadah sampai anggur terendam. Cukup rendam selama lima menit saja agar lapisan lilin bisa hilang secara efektif. Setelah lima menit, remas-remas anggur sebelum ditiriskan.

4 dari 10 halaman

Cuci dengan Air Mengalir

Setelah diremas-remas, tiriskan anggur untuk dicuci dengan air mengalir agar anggur benar-benar terbebas dari lapisan lilin. Bisa dilihat, air rendaman anggur sangat butek, menandakan lapisan lilin telah terpisah dan bercampur pada air rendaman.

5 dari 10 halaman

Anggur Jadi Sangat Bersih

Sesudah dicuci,  anggur sudah sangat bersih dan terbebas dari lapisan lilin. Sekarang, anggur siap untuk disantap atau diolah menjadi beragam cemilan atau aneka jus. Hal ini disebabkan oleh terigu dan garam yang cukup ampuh untuk melunturkan lapisan lilin.

6 dari 10 halaman

Kenapa Anggur Ada Lapisan Lilinnya?

Setelah membersihkan buah anggur, penting untuk tidak menyentuhnya lagi sampai saat konsumsi. Hal ini karena kelembaban pada kulitnya akan terjaga, membantu dalam mempertahankan kesegaran anggur. Lapisan lilin yang dikenal sebagai bloom memiliki peran dalam menjaga kualitas buah anggur, sehingga membersihkan buah anggur terlalu dini dapat mempercepat proses pembusukan.

7 dari 10 halaman

Apa Putih-putih di Anggur?

Bukan pestisida, tetapi bloom adalah bubuk putih yang menempel di kulit anggur. Bloom ini tidak membahayakan manusia bila dikonsumsi. Tetaplah mencucinya dengan air sebelum memakan buah anggur untuk keamanan ekstra.

8 dari 10 halaman

Kenapa Buah Dilapisi Lilin?

Lilin di atas buah bisa menghambat penguapan air, melambatkan proses kematangan, menahan respirasi, serta memberi kesan mengkilap pada kulitnya, yang pada gilirannya menambah daya tarik buah bagi pembeli.

9 dari 10 halaman

Kenapa Anggur Rasanya Asam?

Anggur memang bersifat asam secara alami. Tingkat keasaman anggur bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti kondisi iklim tempat anggur ditanam. Anggur yang tumbuh di daerah beriklim hangat memiliki kandungan asam yang lebih rendah dibandingkan dengan yang tumbuh di daerah beriklim dingin.

10 dari 10 halaman

Penyakit Apa yang Tidak Boleh Makan Buah Anggur?

Walaupun dalam jumlah yang kecil, oksalat dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal, terutama pada individu yang menderita penyakit asam urat. Anggur, meskipun hanya mengandung oksalat sekitar 5-10 miligram, tetap dihindari oleh penderita asam urat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.