Sukses

Tanpa Pakai Tepung, Ini Cara Bersihkan Lilin dan Pestisida pada Anggur Menggunakan 2 Bahan Dapur

Cuma dengan 2 bahan dapur ini, lilin dan pestisida pada anggur bisa dibersihkan secara sempurna. Begini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Lilin pada anggur sangat disarankan untuk dibersihkan atau dibuang terlebih dahulu. Meskipun tidak terlalu berdampak pada efek kesehatan, anggur yang masih mengandung lilin akan terasa sangat tidak sedap.

Untuk mengatasi hal ini, biasanya orang-orang akan menggunakan tepung seperti maizena untuk membersihkan lilin pada anggur.

Namun, ada cara yang jauh lebih praktis lagi yang hanya membutuhkan 2 bahan dapur saja. Cara ini dibagikan oleh salah satu warganet TikTok @divyadivya3560.

Kira-kira bahan apa saja yang digunakan? DIrangkum pada Kamis (11/04/2024), berikut adalah caranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Siapkan Anggur yang Ingin Dibersihkan

Pertama-tama ambil mangkok berukuran besar, lalu letakkan anggur yang ingin dibersihkan di dalam mangkuk tersebut. Jenis anggur yang digunakan bebas, yang penting masih mengandung lilin atau pestisida.

3 dari 10 halaman

Tambahkan Garam dan Bubuk Kunyit

Isi mangkuk tadi dengan air sampai seluruh bagian anggur terendam. Setelah itu, tambahkan garam dan bubuk kunyit ke dalam mangkuk tersebut, lalu biarkan sampai larut dalam air.

4 dari 10 halaman

Rendam Selama 30 Menit

Setelah kunyit bubuk dan garam larut dalam air, biarkan anggur direndam selama kurang lebih 30 menit.

5 dari 10 halaman

Anggur Sudah Bersih dari Lilin

Usai menunggu selama 30 menit, anggur bisa ditiriskan dan dicuci dengan air mengalir. Sekarang, anggur terlihat lebih bersih dan tentunya sudah terbebas dari lilin dan pestisida.

6 dari 10 halaman

Apa Putih-putih di Anggur?

Di permukaan kulit anggur, terdapat beberapa area yang memiliki warna putih. Tidak disebabkan oleh pestisida, melainkan oleh lapisan lilin yang dihasilkan oleh tanaman anggur sebagai perlindungan bagi buahnya. Meskipun tidak berbahaya jika dikonsumsi, lilin tersebut akan memberikan rasa pahit di dalam mulut.

7 dari 10 halaman

Kenapa Anggur Ada Lapisan Lilinnya?

Ketika buah anggur sudah dibersihkan, kelembaban kulitnya akan terjaga, yang akan mempercepat pembusukan. Karena itu, disarankan untuk tidak membersihkan buah anggur sebelum akan dikonsumsi, karena lapisan lilin yang disebut bloom akan menjaga kesegaran anggur.

8 dari 10 halaman

Apakah Anggur Harus Dicuci Sebelum Dimakan?

Sebelum dikonsumsi, hindari mencuci buah anggur terlebih dahulu. Pembersihan buah anggur sebaiknya dilakukan saat hendak dinikmati. Hal ini dikarenakan mencuci buah anggur dapat meningkatkan kelembaban yang berpotensi mempercepat kerusakan buah tersebut. Selain itu, umumnya buah anggur dijual bersama lilin putih untuk mempertahankan kesegarannya lebih lama.

9 dari 10 halaman

Buah Apa Saja yang Dilapisi Lilin?

Menurut informasi yang dipublikasikan oleh Center for Food Safety, apel dan anggur termasuk dalam jenis buah yang biasanya diberi lapisan zat lilin saat dijual. Bahan untuk melapisi buah tersebut bisa dihasilkan secara sintetis atau berasal dari alam.

10 dari 10 halaman

Buah Anggur Sebaiknya Disimpan di Mana?

Menggunakan kantong plastik atau wadah kedap udara tanpa ventilasi tidak disarankan. Untuk menjaga kesegaran buah anggur, buah tersebut perlu terpapar udara sejuk di dalam lemari es.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini