Sukses

Ini 13 Serangga Tertua di Bumi yang Masih Hidup Hingga Kini

Beberapa makhluk di bumi ini telah ada selama ratusan juta tahun sebelumnya, namun masih hidup dan berkembang biak hingga sekarang. Sebagian besar dari makhluk-makhluk tersebut adalah kelompok serangga. Yuk, simak 13 serangga tertua di bumi yang masih ada sampai sekarang!

Liputan6.com, Jakarta Para ilmuwan telah menyepakati bahwa planet Bumi telah berusia miliaran tahun. Seiring berjalannya waktu, banyak makhluk yang berkeliaran di Bumi sudah punah, tetapi sebagian masih bertahan dan terus berkembang biak hingga saat ini. Di antara mereka, kelompok serangga menjadi salah satu yang bertahan paling lama. Sedikitnya terdapat 13 jenis serangga tertua yang masih eksis hingga saat ini.

Berikut ini daftar 13 serangga tertua yang masih ada di dunia hingga saat ini, sikutip dari animals.com (10/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 19 halaman

1. Tungau

Selama lebih dari 570 juta tahun, tungau telah menjadi bagian dari ekosistem kita. Sebagai anggota kelompok arachnida, mereka dikenal dengan ukuran tubuh yang sangat kecil. Tungau ini bertindak sebagai parasit yang memakan tanaman, yang akhirnya dapat merusaknya secara signifikan.

3 dari 19 halaman

Laba-laba

Seperti tungau, laba-laba sebenarnya bukanlah serangga, melainkan arachnida. Makhluk kecil ini telah ada di bumi sekitar 500 juta tahun yang lalu, menjadikannya salah satu dari yang tertua yang masih ada hingga saat ini. Laba-laba adalah hewan pemakan daging yang menggunakan jaringnya untuk menjebak mangsanya.

4 dari 19 halaman

Capung

Selama lebih dari 400 juta tahun, capung telah menjadi bagian tak terpisahkan dari ekosistem bumi. Dengan sayap yang menakjubkan, mereka menjadi salah satu serangga paling cepat di planet ini, mampu mencapai kecepatan sekitar 30 mil per jam saat terbang.

5 dari 19 halaman

Ikan Gabus (Gegat)

Ikan gabus, atau dikenal juga sebagai gegat, seringkali ditemui di dalam lemari pakaian. Serangga kecil ini telah ada di Bumi selama hampir 400 juta tahun. Yang menarik, ikan gabus atau gegat ini dapat bertahan hidup tanpa makanan selama setahun.

6 dari 19 halaman

Belalang

Belalang adalah serangga yang mampu melompat tinggi namun tak bisa terbang, meski memiliki sayap. Mereka telah menghuni bumi selama 240 juta tahun dan sangat gesit beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

7 dari 19 halaman

Tawon

Tawon, serangga kecil yang cukup ditakuti karena sengatannya yang menyakitkan, juga memiliki peran penting dalam mengendalikan populasi serangga dan laba-laba. Kehadirannya telah tercatat di bumi selama sekitar 240 juta tahun.

8 dari 19 halaman

Nyamuk

Nyamuk, serangga yang kerap mengganggu dengan suara bising dan gigitannya yang menimbulkan rasa gatal, diyakini telah menghuni bumi selama 225 juta tahun, menurut para ilmuwan. Fosil tertua dari serangga ini ditemukan berasal dari 79 tahun yang lalu.

9 dari 19 halaman

Telinga Palsu

Serangga yang kerap disebut sebagai telinga palsu telah ada di bumi sekitar 208 juta tahun yang lalu. Serangga kecil ini dikenal sebagai makhluk nokturnal yang juga memiliki penjepit kecil di tubuhnya.

10 dari 19 halaman

Semut

Semut, serangga kecil yang sering mengganggu dan merepotkan manusia dengan kecenderungan mereka mencari makanan. Mereka telah menghuni bumi selama sekitar 150 juta tahun. Yang menarik, terdapat sekitar 12.500 spesies semut yang berbeda di seluruh dunia.

11 dari 19 halaman

Lebah

Lebah telah ada di planet ini sejak 130 juta tahun yang lalu, merupakan serangga kecil yang memainkan peran penting dalam ekosistem bumi. Selain memproduksi madu yang bermanfaat bagi manusia, kehadiran lebah juga memiliki signifikansi besar dalam menjaga keseimbangan alam.

12 dari 19 halaman

Kecoa

Kecoa, serangga kecil yang sering menimbulkan ketakutan bagi manusia, telah menghuni bumi selama lebih dari 120 juta tahun. Mereka dapat ditemukan hampir di mana saja, kecuali di Antartika.

13 dari 19 halaman

Rayap

Rayap dikenal sebagai serangga yang sangat menjengkelkan karena kebiasaannya merusak perabotan kayu. Selain itu, mereka juga menjadi masalah bagi para petani karena kerusakan yang ditimbulkannya pada tanaman. Kelihatannya, serangga kecil ini telah ada selama lebih dari 120 juta tahun yang lalu.

14 dari 19 halaman

Kutu

Kutu, serangga kecil yang telah berada di bumi sejak 120 juta tahun yang lalu, memerlukan inang untuk bertahan hidup di alam liar. Salah satu inangnya adalah kupu-kupu Monarch. Selain itu, kutu juga sering mengganggu manusia dengan menempel di rambut kepala sebagai parasit.

15 dari 19 halaman

Serangga Apa yang Terkuat?

Kumbang kotoran dikategorikan sebagai hewan serangga terkuat di dunia yang mampu mengangkat hingga 1.141 kali berat tubuhnya. Hewan ini menggunakan kekuatan super mereka untuk menggulingkan bola-bola kotoran besar, hingga memikat betina saat masa kawin.

 

 

 

16 dari 19 halaman

Serangga Apa yang Paling Kecil di Dunia?

Semut adalah salah satu hewan terkecil yang ada di dunia. Semut memiliki ukuran tubuh dari 0,030 hingga 2,0 cm sehingga bisa disebut menjadi salah satu hewan paling kecil.

17 dari 19 halaman

Hewan Apa yang Paling Tua di Dunia?

Hewan tertua di dunia yang masih hidup diketahui bernama Jonathan, yakni kura-kura raksasa Seychelles yang berusia 190 tahun (Aldabrachelys gigantea hololissa).

18 dari 19 halaman

Apa Hewan Termuda?

Hingga saat ini, ilmuwan yakin jika lalat capung merupakan makhluk dengan umur terpendek di dunia. Serangga air ini menetas dari telur sebagai nimfa dan hidup di bawah air hingga dua tahun.

19 dari 19 halaman

Serangga Apa yang Paling Langka?

Sebuah spesies serangga yang pernah dianggap sebagai "serangga paling langka" di dunia kini tumbuh subur dalam jumlah ribuan di Amerika Serikat. Serangga tersebut adalah lebah tukang kayu Amerika (Xylocopa virginica), yang memiliki panjang sekitar 2,5 cm dan berwarna hitam berkilau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini