Sukses

Sering Dianggap Biasa Saja, Posisi Tidur Ternyata Bisa Ungkap Kepribadian Seseorang

Setiap orang memiliki gaya dan sikap posisi tidur yang berbeda. Siapa sangka, ternyata posisi tidur ternyata bisa ungkap kepribadian seseorang. Begini pembahasannya.

Liputan6.com, Jakarta Tidur adalah bagian penting dari rutinitas harian, dan setiap orang memiliki gaya yang unik dalam posisi tidur mereka. Meskipun mungkin terlihat biasa, penelitian psikologis menunjukkan bahwa cara seseorang tidur bisa memberikan gambaran tentang kepribadian mereka. 

Namun, perlu diingat bahwa penelitian terhadap posisi tidur dan kepribadian bukan suatu hal yang mutlak. Setiap orang memiliki kebiasaan tidur yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kenyamanan fisik, kondisi kesehatan, dan lingkungan tidur. 

Namun, dengan memahami lebih dalam tentang hubungan antara posisi tidur dan kepribadian seseorang, bisa mendapatkan wawasan yang menarik tentang karakteristik diri dan orang lain.

Untuk mengetahui lebih dalam, simak artikel di bawah ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (06/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Posisi Tidur Terlentang

Jika seseorang tidur dalam posisi terlentang, pola tidur tersebut dapat menggambarkan mereka sebagai individu yang fokus, pendiam, dan kuat. Mereka cenderung menghindari konflik dan kebisingan, memiliki standar yang tinggi, serta lebih memilih kejujuran daripada kebohongan. 

Ekspektasi yang tinggi terhadap diri sendiri dan orang lain menjadi ciri khas dari kepribadian ini. Mereka jarang bereaksi terlalu cepat dalam situasi apapun, sehingga seringkali memendam pikiran mereka sendiri. 

Namun, optimisme menjadi salah satu kekuatan utama mereka, dengan keinginan untuk menjalani hidup yang bermakna. Dalam situasi sosial, mereka mungkin menjadi pusat perhatian dan menampilkan kepribadian yang kuat.

Selain itu, ada dua variasi posisi tidur klasik yang melengkapi posisi tidur telentang:

  • Posisi Tidur Tentara: Jika seseorang tidur dalam posisi prajurit dengan lengan dan kaki lurus, ini mencerminkan standar yang sangat tinggi. Mereka biasanya tidak mudah membuka hati untuk orang lain dan menjadi selektif dalam memilih lingkaran sosial mereka.
  • Posisi Tidur Bintang Laut: Jika seseorang tidur dalam posisi bintang laut dengan kaki dan tangan terentang, ini menunjukkan bahwa mereka menghargai persahabatan dan hubungan. Mereka adalah tipe pemberi yang suka mendengarkan cerita dan pengalaman orang lain, cenderung empati dan suportif.
3 dari 10 halaman

2. Posisi Tidur Meringkuk Seperti Janin

Jika tidur dalam posisi yang meringkuk seperti bayi dalam posisi tidur janin, kebiasaan tidur ini menggambarkan bahwa orang tersebut memiliki sisi yang tegas dan teguh dalam menghadapi dunia luar. 

Namun, pada saat yang sama, mereka adalah orang yang sensitif dan pemalu. Mungkin merasa tertutup dan membutuhkan perlindungan, perhatian, dan pengertian. Aktivitas kreatif seperti menulis, melukis, atau menyanyi memberinya wadah untuk mengekspresikan diri dan keinginan tersembunyi. Tidur dalam posisi ini membantu mengurangi stres dan memfasilitasi penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Mereka juga merasa nyaman dan aman di sekitar keluarga atau orang-orang yang dapat dipercaya. Kekacauan dan situasi sosial yang sibuk mungkin membuatnya merasa cemas atau terlalu ditekan. Berbicara di depan umum atau berinteraksi dengan banyak orang bisa menjadi tantangan baginya. 

Posisi tidur janin sering ditemukan pada orang yang sedang mengalami kecemasan atau fluktuasi emosional. Kecenderungan untuk menutup diri terhadap pengalaman baru dan ketakutan akan penolakan atau diabaikan merupakan ciri khas dari kepribadian ini.

4 dari 10 halaman

3. Posisi Tidur Tengkurap

Jika tidur tengkurap, kebiasaan tidur ini menggambarkan seseorang sebagai individu yang menyenangkan, terbuka, dan suka bersenang-senang. Mereka cenderung jujur, tetapi kadang terlihat kasar, dan memiliki ketegasan yang jelas dalam menentukan arah hidup. Mereka juga menunjukkan semangat bebas dalam menjalani kehidupan, meskipun di dalamnya mungkin merasa gugup atau cemas. 

Kepribadian ini juga dikenal sebagai tipe yang keras kepala, suka petualang, dan berani mengambil resiko. Selalu melihat sisi positif dari setiap situasi dan memiliki rasa syukur yang kuat. Namun, menurut penelitian tentang tidur, orang yang tidur tengkurap juga mungkin cenderung impulsif, merasa tidak aman, atau kurang percaya diri, meskipun mereka ahli dalam menyembunyikan emosi negatif.

Selain itu, jika tidur dalam posisi terjun bebas dengan tangan memegang bantal atau dalam posisi tidur skydiver, digambarkan sebagai individu yang siap petualangan. Mereka menikmati petualangan di alam terbuka dan tidak senang menerima kritik. 

5 dari 10 halaman

4. Posisi Tidur Menyamping

Posisi tidur miring memperlihatkan bahwa mereka adalah individu yang santai dan sosial. Mereka cenderung bisa dengan mudah memulai percakapan dengan siapapun, bahkan di tempat umum. Namun, lebih suka menjadi diri sendiri di depan kelompok dekatnya. 

Tingkat kepercayaan yang tinggi membuatnya tampak mudah dipengaruhi, meskipun dapat mempertimbangkan segalanya dengan cermat dan mungkin agak lambat dalam membuat keputusan.

Jika tidur dengan posisi miring memeluk bantal atau dengan kaki saling bersilangan, dikenal sebagai posisi tidur memeluk bantal, ini menunjukkan orang yang peduli. Dapat merasa paling nyaman dan menjadi diri sendiri saat bersama keluarga atau teman dekat. Prioritasnya adalah hubungan dengan orang-orang terdekat, dan lebih suka menghabiskan waktu bersama mereka daripada terlalu fokus pada pekerjaan. 

Posisi tidur miring dengan tangan terentang, yang dikenal sebagai posisi tidur yearner, menunjukkan keinginan untuk memiliki hubungan dan koneksi yang tulus. Mereka seringkali merasa terbagi antara keinginan untuk mencoba hal-hal baru dan ketakutan akan terluka. 

Dalam menghadapi perubahan, biasanya cenderung bersikap rasional, meskipun mungkin agak lambat dalam mengambil keputusan. Namun, setelah membuat keputusan, akan menjadi teguh.

Posisi tidur miring dengan kaki lurus dan lengan di samping, atau posisi tidur log, mencerminkan sifat yang mudah bergaul, terbuka terhadap pengalaman baru, dan tangguh di luar, namun ramah dan mudah diajak bicara di dalam. Mereka mudah beradaptasi dengan berbagai situasi dan bersedia berinteraksi dengan siapa saja.

6 dari 10 halaman

Tidur yang Baik Itu seperti Apa?

Kemudian, posisi tidur yang sering dianggap baik dan buruk dapat diuraikan sebagai berikut. Tidur dalam posisi terlentang dengan kedua tangan berada di sisi kanan dan kiri tubuh sering kali dianggap sebagai posisi tidur yang menguntungkan bagi kesehatan serta kenyamanan leher, terutama jika tidak menggunakan terlalu banyak bantal.

7 dari 10 halaman

Apa Efek Tidur Miring ke Kiri?

Sebagaimana telah diungkapkan sebelumnya, tidur dengan posisi miring ke kiri memang dapat meningkatkan tekanan pada jantung. Oleh karena itu, bagi individu yang memiliki gangguan jantung, disarankan untuk menghindari posisi tidur miring ke kiri karena dapat mengganggu sistem kelistrikan jantung.

8 dari 10 halaman

Apakah Boleh Tidur Terlentang?

Tidur dengan posisi telentang dapat meningkatkan kualitas tidur, memungkinkan seseorang untuk tidur nyenyak tanpa perlu berganti posisi sepanjang malam. Dengan tidur dalam posisi ini, kepala, leher, dan tulang belakang memiliki kesempatan untuk berada dalam posisi yang netral, meningkatkan kenyamanan tidur dan mendukung kesehatan postur tubuh.

9 dari 10 halaman

Bagaimana Posisi Tidur yang Baik?

Salah satu posisi tidur yang dianggap menguntungkan bagi kesehatan tubuh adalah berbaring menyamping. Hal ini sering disarankan untuk dilakukan secara rutin setiap malam, terutama jika memilih untuk miring ke arah kiri.

10 dari 10 halaman

Apa Efek dari Tidur Miring ke Kanan?

Tidur dalam posisi miring ke kanan dapat membantu melancarkan sirkulasi darah saat tidur dan mengurangi risiko terhadap berbagai masalah kesehatan. Misalnya, posisi ini dapat mencegah penggumpalan darah, penumpukan lemak, serta penyempitan pembuluh darah yang dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Selain itu, tidur dalam posisi ini juga dapat meningkatkan proses pengosongan kandung empedu dan pankreas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.