Sukses

Tak Diketahui Banyak Orang, Bentuk Kuku Ternyata Bisa Ungkap Kepribadian Seseorang

Setiap orang memiliki perbedaan bentuk kuku yang ternyata bisa mencerminkan kepribadian seseorang. Simak pembahasannya di bawah ini!

Liputan6.com, Jakarta Bentuk kuku mungkin menjadi aspek kecil dari penampilan seseorang, tetapi ternyata memiliki hubungan yang menarik dengan karakter dan kepribadian. Meski tidak banyak orang yang menyadari, berbagai penelitian dan pengamatan psikologis menunjukkan bahwa detail kecil dalam tubuh kita, termasuk bentuk kuku, dapat mencerminkan aspek tertentu dari kepribadian. 

Dari bentuk oval yang elegan hingga bentuk kotak yang kokoh, setiap variasi dapat memberikan karakteristik unik tentang bagaimana seseorang berpikir dan berinteraksi dengan dunia sekitarnya.

Namun, penting untuk diingat bahwa hubungan antara bentuk kuku dan kepribadian bukanlah hukum mutlak. Setiap orang memiliki karakter yang unik dan kompleks, sehingga bentuk kuku hanyalah satu dari sekian banyak faktor yang membentuk kepribadian seseorang.

Untuk mengenal lebih dalam, simak artikel berikut yang telah disajikan dari berbagai sumber pada Kamis (06/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Bentuk Kuku Panjang Vertikal

Jika memiliki kuku yang kecil dan panjang, maka termasuk pemilik bentuk kuku panjang vertikal. Kepribadiannya mungkin kreatif, imajinatif, teliti, dan berorientasi pada detail, serta cenderung tenang, mandiri, dan pragmatis.

Otak kanan yang lebih dominan daripada otak kiri, memungkinkan menjadi kreatif sekaligus logis. Pemilik kuku ini mungkin lebih sering menggunakan kreativitas dalam berbagai situasi, tetapi juga bisa bersikap rasional dan logis saat dibutuhkan.

Pemilik kuku panjang vertikal adalah orang yang lembut dan mudah bergaul, tetapi terkadang bisa merasa kewalahan, sehingga dapat menutup diri atau kehilangan ketenangan. Meskipun mampu menangani banyak stres dan tekanan dalam kehidupan sehari-hari, tantangan yang tiba-tiba bisa membuatnya merasa tertekan. 

Kepribadian lainnya adalah memiliki sensitivitas tinggi terhadap lingkungan sekitar membuat lebih peka terhadap perubahan kecil, yang kadang menyebabkan perasaan kewalahan. 

3 dari 10 halaman

2. Bentuk Kuku Lebar

Jika memiliki kuku yang lebar, karakteristik uniknya mencakup sifat terbuka, ekspresif, dapat diandalkan, karismatik, dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Pemilik kuku ini tidak takut untuk menyuarakan pendapat, bahkan jika bertentangan dengan mayoritas. Selain itu juga selalu terbuka mendengarkan ide-ide baru, meskipun berbeda dari pandangannya.

Sifat ini membuat pemilik kuku ini menjadi pembicara dan kolaborator yang baik. Pesona karismatiknya mampu membuat orang merasa nyaman dan tenang. Orang ini biasanya sangat mahir dalam menjalin hubungan dan membangun jaringan, serta memiliki kemampuan mempengaruhi orang lain.

Selain itu, pemilik kuku yang lebar sering dianggap ekspresif karena tidak ragu menunjukkan emosi. Orang lain sering menganggapnya dapat diandalkan karena sifatnya yang terpercaya dan tangguh, serta selalu menepati komitmen, bahkan jika itu membutuhkan usaha ekstra. 

Namun, sifat ekspresif dan emosionalnya kadang-kadang bisa dianggap berlebihan. Meskipun demikian, sifat-sifat ini bisa menjadi kekuatan tergantung pada situasi dan orang yang terlibat.

4 dari 10 halaman

3. Bentuk Kuku Bulat

Jika memiliki kuku tepi melingkar dengan ujung yang bulat, maka kepribadiannya cenderung tenang dan terkumpul. Tidak mudah terkejut atau stres, dan biasanya menghadapi segala sesuatu dengan lapang dada.

Hal ini membuat pemilik kuku bulat sangat baik dalam situasi yang bergerak cepat, sangat ingin tahu, selalu bertanya-tanya, dan mencari informasi baru. Hal ini menjadikannya seorang pembelajar yang baik, serta selalu ingin mengikuti perkembangan terbaru dan berita.

Orang tersebut juga sangat tangguh, mampu bangkit dari kegagalan, dan selalu menemukan cara untuk maju. Selain itu, pemilik kuku ini murah hati dan peduli, seringkali menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhannya sendiri. Orang ini senang mengabadikan kenangan dan menghargainya. Sifat empati membuatnya mampu memahami dan menjadi pendengar dan penasehat yang baik. 

5 dari 10 halaman

4. Bentuk Kuku Kotak

Jika memiliki kuku sisi lurus, ujung datar, dan tepi dengan sudut 90 derajat yang sempurna, maka berbentuk kuku kotak. Kepribadian uniknya mungkin mencerminkan sifat mandiri, tidak suka diatur oleh orang lain, dan lebih suka membuat keputusan sendiri. Ini menjadikannya pandai dalam mengambil kendali dan biasanya mampu menemukan solusi untuk masalah secara mandiri.

Selain itu, pemilik kuku ini cenderung inovatif, selalu mencari cara baru dan kreatif untuk melakukan sesuatu. Tidak takut mengambil resiko, dengan menikmati petualangan dan terus mencari pengalaman baru, menjelajahi tempat-tempat baru, dan menjaga kehidupan tetap penuh kegembiraan.

Kesetiaan adalah salah satu sifatnya yang menonjol, selalu ada untuk teman dan keluarga, menjadikannya teman yang dapat diandalkan. Orang tersebut juga ambisius dan penuh semangat dalam karir, bersedia bekerja keras dan berusaha lebih untuk mencapai tujuan. 

Ketangguhan dalam menghadapi tantangan memungkinkannya untuk pulih dari kegagalan dan menginspirasi orang lain untuk terus maju, bahkan dalam situasi sulit. Sifat yang langsung dan jujur dalam berkomunikasi membuat cenderung mengatakan apa yang dipikirkan, meskipun itu bukan yang orang lain ingin dengar.

6 dari 10 halaman

Kuku yang Tidak Sehat seperti Apa?

Perubahan warna pada kuku bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan. Kuku yang sehat biasanya berwarna merah muda, bening, dan berkilau. Oleh karena itu, jika kuku kamu berubah warna, hal tersebut bisa mengindikasikan adanya gangguan kesehatan. Contohnya, kuku yang berwarna kebiruan bisa menjadi tanda bahwa tubuh kamu kekurangan oksigen.

7 dari 10 halaman

Kuku yang Sehat seperti Apa?

Saat dalam kondisi normal, kuku kita biasanya berwarna putih atau bening. Namun, jika kuku mengalami perubahan warna tanpa alasan yang jelas, hal tersebut bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan dalam tubuh kita.

8 dari 10 halaman

Apakah Penyakit Jantung Bisa Dilihat dari Kuku?

Dr. James O'Donovan mengungkapkan bahwa gejala penyakit jantung dapat terlihat pada kuku, seperti munculnya serpihan yang menyebabkan garis-garis halus di bagian atas kuku dan bintik-bintik hitam di bawah kuku.

9 dari 10 halaman

Apakah Penyakit Bisa Dilihat dari Kuku?

Kuku bisa memberikan banyak informasi tentang kesehatan secara keseluruhan. Mereka bahkan bisa menjadi indikasi adanya penyakit tertentu, seperti masalah pada hati, paru-paru, atau jantung. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali ciri-ciri kuku yang sehat serta berbagai kelainan yang mungkin menunjukkan adanya masalah medis.

10 dari 10 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Kepribadian?

Kepribadian adalah hasil dari kombinasi yang menyeluruh antara sikap, karakter, pola pikir, emosi, dan nilai-nilai yang memengaruhi cara individu bertindak sesuai dengan lingkungannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini