Sukses

Mesin ATM Tertinggi di Dunia, Terletak pada Ketinggian 4.693 Meter

Mesin ATM tertinggi di dunia berada di perbatasan Khunjerab Pass antara Tiongkok dan Pakistan. Mesin ATM yang terletak pada ketinggian lebih dari 4.000 mdpl ini menjadi satu hal yang unik dan menarik. Yuk, simak fakta lengkap dari mesin ATM tertinggi di dunia ini!

Liputan6.com, Jakarta Selama beberapa dekade terakhir, mesin ATM telah menjadi teknologi yang sangat umum di Indonesia. Kemajuan pesat dalam ilmu pengetahuan dan teknologi membuat mesin ATM sudah menjadi hal yang biasa ditemui oleh masyarakat di seluruh dunia. Banyak negara telah menginstal mesin ATM di swalayan, mal, dan bahkan di pinggir jalan. Namun, siapa yang akan menyangka bahwa kita bisa menemukan mesin ATM di pegunungan bersalju?

Berikut ini fakta lengkap tentang ATM tertinggi di dunia yang ada di Pakistan, dikutip dari odditycentral.com (26/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

ATM Tertinggi di Dunia Menurut Guinness World Records

Di wilayah Gilgit-Baltistan, Pakistan Utara, terdapat Jalur Perbatasan Khunjerab Pass yang menjadi lokasi dari ATM tertinggi di dunia yang beroperasi sepenuhnya. Dipasang oleh Bank Nasional Pakistan (NBP) pada tahun 2016, mesin ATM ini didukung oleh tenaga surya dan angin, menjadi pemandangan yang jarang terlihat di daerah terpencil seperti Khunjerab Pass, persimpangan perbatasan tertinggi di dunia yang berlapis aspal.

Pengakuan sebagai ATM tertinggi yang tercatat dalam Guinness World Records merupakan pencapaian yang rumit dan memakan waktu sekitar empat bulan bagi Bank Nasional Pakistan. Meskipun demikian, prestasi ini menjadi sesuatu yang sangat menakjubkan. Menjaga mesin ini agar selalu berfungsi dan memastikan pasokan uang tunai merupakan tugas yang tidak mudah dilakukan, terutama karena jarak ke bank terdekat mencapai 82 kilometer.

3 dari 9 halaman

Pengguna Mesin ATM Tertinggi di Dunia

Sebagaimana yang dapat dibayangkan, berada di ketinggian 4.693 meter di atas permukaan air laut dan terpencil membuat ATM tertinggi di dunia ini tidaklah menjadi mesin yang sangat sibuk. Mayoritas penggunaannya hanya untuk melayani penjaga perbatasan yang menerima gaji bulanan, sejumlah kecil penduduk lokal, dan beberapa orang yang melintasi perbatasan melalui jalur tersebut. Akibatnya, sekitar 4 hingga 5 juta rupee (Rp 297.747.100 - Rp 373.124.400) ditarik dari mesin tertinggi tersebut setiap beberapa minggu.

4 dari 9 halaman

Proses Perbaikan Darurat Saat Mesin ATM Rusak

Seorang juru bicara dari Bank Nasional Pakistan menyatakan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk mencapai ATM tertinggi di dunia biasanya antara dua hingga dua setengah jam saat mesinnya memerlukan perbaikan darurat. Meskipun volume transaksinya tidak terlalu tinggi, bank sangat serius dalam menjaga keandalan mesin tersebut karena banyaknya masyarakat yang mengandalkan layanan tersebut.

Zahid Hussain, manajer cabang dari cabang Sost NBP, juga menekankan bahwa pihak yang bertugas merawat ATM tertinggi di dunia secara rutin mengunjungi mesin tersebut. Mereka harus menghadapi tantangan berat seperti angin kencang, badai, tanah longsor yang sering terjadi, dan jalur pegunungan yang berbahaya demi memastikan bahwa mesin tersebut tetap berfungsi dengan baik.

5 dari 9 halaman

ATM Terbanyak di Indonesia Bank Apa?

Adapun, ATM paling banyak dimiliki oleh bank umum konvensional (BUK) yang sebanyak 91.516 unit. Kemudian, jumlah ATM yang dimiliki bank umum syariah (BUS) sebanyak 4.416 unit. Jumlah ATM yang dimiliki unit usaha syariah (UUS) sebanyak 193 unit.

 

 

 

 

6 dari 9 halaman

ATM Ada Berapa?

Terdapat 2 jenis kartu ATM saat ini yaitu kartu debit dan kartu kredit, setiap bank memiliki kedua jenis kartu ATM ini. Nasabah dapat menyelesaikan transaksi di dalam negeri dan di luar negeri bila memiliki kartu kredit ataupun kartu debit yang berlaku di negara tersebut.

7 dari 9 halaman

Berapa Isi 1 Mesin ATM?

Melihat sebagian besar ATM di Indonesia menggunakan jenis pecahan Rp100.000 dan Rp50.000. Jika 4 kotak cash cartridge diisi penuh dengan pecahan Rp100.000 maka total jumlah uang di ATM adalah sebesar Rp1.000.000.000 (Satu Milyar Rupiah).

8 dari 9 halaman

Apa Itu Singkatan dari ATM?

Anjungan tunai mandiri (disingkat ATM; Inggris: automated teller machine atau automatic teller machine) adalah mesin otomatis yang dimiliki oleh bank untuk mengeluarkan uang tunai dengan teknik tertentu, yaitu seperti menekan tombol nomor tabungan, menekan nomor (kode) sesuai dengan petunjuk.

 

 

9 dari 9 halaman

Apakah ATM Itu Bank?

Automatic Teller Machine (ATM) adalah layanan Bank untuk melakukan berbagai transaksi seperti tarik tunai, cek saldo, transfer dana, serta beragam transaksi keuangan lainnya yang terhubung dengan seluruh Bank di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini