Sukses

Aneh dan Langka, Pohon Ara yang Tumbuh Terbalik Ada di Kota Ini

Pohon Ara terbalik adalah salah satu bentuk keajaiban dan keunikan yang penuh misteri. Pohon yang tumbuh terbalik dari atas ke bawah ini tumbuh di reruntuhan kuno Baiae, di Italia. Yuk, simak fakta menarik lainnya dari Pohon Ara terbalik ini!

Liputan6.com, Jakarta Di dekat kota modern Bacoli, Italia, terdapat reruntuhan kuno Baiae di mana tumbuhnya Pohon Ara, salah satu tanaman yang sangat aneh. Pohon Ara ini tumbuh dengan posisi terbalik, dari atas ke bawah, di salah satu kota Italia tersebut. Meskipun telah lama dikenal, alasan di balik fenomena ini masih menjadi misteri hingga saat ini. Keunikan botani dari Pohon Ara yang tumbuh terbalik ini membuat banyak orang merasa penasaran dan ingin melihatnya secara langsung.

Berikut ini fakta lengkap tentang Pohon Ara terbalik yang ada di Italia, dikutip dari odditycentral.com (25/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Fakta Pohon Ara Terbalik

Sebuah fenomena alam yang menakjubkan terlihat di langit-langit gapura Romawi kuno, di mana sebuah pohon yang unik dan terbalik tumbuh dengan menjulang ke arah tanah. Terletak di reruntuhan kuno Baiae, dekat kota modern Bacoli, Italia, pohon ini dikenal sebagai Pohon Ara Terbalik. Meskipun telah menjadi objek perhatian, belum ada yang dapat memastikan bagaimana pohon ini bisa tumbuh di tempat tersebut, atau sudah berapa lama ia telah ada. Yang pasti, Pohon Ara di Baiae terus tumbuh dengan kuat dari tahun ke tahun, bahkan kadang-kadang menghasilkan buah.

Pohon Ara (Ficus carica) merupakan salah satu tanaman pertama yang dibudidayakan oleh manusia. Fosil buah ara telah ditemukan di Lembah Yordan sejak tahun 9400 SM. Oleh karena itu, wajar jika pohon yang menantang gravitasi ini dapat tumbuh subur di kota Baiae pada masa Romawi kuno.

3 dari 8 halaman

Baiae Tempat Tumbuhnya Pohon Ara Terbalik

Pada prinsipnya, Pohon Ara cenderung memilih lokasi yang kering dan terang. Akarnya yang kuat dan kemampuannya untuk tumbuh subur dengan sedikit air memungkinkan tanaman ini bertahan bahkan di lingkungan yang tidak bersahabat. Bukti dari hal ini adalah Pohon Ara terbalik yang ada.

Dahulu, reruntuhan kuno Baiae menjadi tempat peristirahatan populer bagi kelas penguasa Roma. Namun, saat ini bangunan tersebut telah berubah menjadi taman arkeologi yang menarik bagi wisatawan dari seluruh dunia. Dalam beberapa tahun belakangan, Pohon Ara terbalik telah menjadi salah satu atraksi paling menarik di situs tersebut.

4 dari 8 halaman

Kenapa Tuhan Yesus Mengutuk Pohon Ara?

Pohon ara yang telah dikutuk oleh Yesus dijadikan-Nya sebagai kesempatan untuk mengajar murid-murid-Nya tentang iman dalam meminta kepada Tuhan. Ia menjadikan pengutukan pohon ara sebagai contoh bahwa melakukan permintaan dengan iman yang sungguh dapat terjadi.

 

5 dari 8 halaman

Apa Arti dari Perumpamaan Pohon Ara?

Pohon ara merupakan lambang umum umat Israel, dan dapat bermakna sama di sini, atau pohon itu juga dapat melambangkan pemimpin-pemimpin agama. Apapun maknanya, perumpamaan ini mencerminkan tawaran terakhir Yesus kepada para "pendengar-Nya" (bandingkan Markus 4:9) untuk bertobat.

6 dari 8 halaman

Berapa Tahun Pohon Ara Mulai Berbuah?

Di usia enam bulan, tanaman asal Timur Tengah ini sudah bisa berbuah. Produksi buah akan terus meningkat seiring bertambahnya usia pohon. Pohon ara juga berbuah sepanjang tahun.

7 dari 8 halaman

Pohon Ara Sama dengan Pohon Apa?

Pohon ara atau yang sering disebut dengan pohon tin termasuk ke dalam Famili moraceae yang merupakan pohon asli dari Asia Barat di daerah Mediterania Timur. Pohon ini dapat tumbuh subur pada berbagai musim, baik musim dingin maupun panas.

 

8 dari 8 halaman

Berapa Tinggi Pohon Ara?

Tinggi pohon ara dapat mencapai sekitar 12 m dengan diameter batang sekitar 0,6 m dan memiliki cabang yang melebar sehingga dapat menjadi tempat berteduh yang menyenangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini