Sukses

Fakta Menarik Selvi Ananda, Istri Gibran Rakabuming yang Ternyata Dulunya adalah Putri Solo dan Pramugari

Tentu saja, peran Selvi Ananda tak dapat dipisahkan dari posisinya sebagai istri dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka

Liputan6.com, Jakarta Selvi Ananda, yang kini menjadi sorotan publik setelah suaminya, Gibran Rakabuming Raka, mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden dalam Pemilu 2024. Selvi Ananda memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi karena statusnya sebagai menantunya. Namanya mulai mencuat setelah menikah dengan Gibran Rakabuming Raka pada tahun 2015. Sebelumnya, Selvi Ananda telah mengikuti kontes Putra Putri Solo pada tahun 2007, meskipun tidak berhasil meraih gelar.

Namun, pada tahun 2009, ia berhasil meraih gelar Putri Solo 2009 setelah kembali berpartisipasi dalam kontes tersebut. Selain itu, Selvi juga memiliki pengalaman sebagai pramugari di salah satu maskapai penerbangan yang melayani penerbangan haji.

Siapa sebenarnya Selvi? Mari kita telaah fakta menarik mengenai Selvi Ananda. Dirangkum Rabu (06/03/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Memulai karir di sebuah bank swasta dan setelah itu bekerja sebagai seorang pramugari

Setelah menyelesaikan studi di STIE AUB, Selvi juga memiliki pengalaman bekerja sebagai customer service di sebuah bank swasta. Pengalaman ini cocok dengan latar belakangnya sebagai lulusan S1 Akuntansi dari STIE AUB. Selain itu, Selvi dikenal sebagai "idola" di tempat kerjanya sebelumnya karena tingkat kesopanannya yang tinggi. Tidak hanya itu, Selvi juga pernah bekerja sebagai pramugari di salah satu maskapai penerbangan yang melayani penerbangan haji.

3 dari 13 halaman

Pengalaman dalam Modeling dan Jurnalisme

Sebelum bergabung dengan keluarga presiden, Selvi Ananda telah mencoba berbagai profesi, mulai dari modeling hingga menjadi jurnalis. Meskipun ditawari untuk menjadi pembawa berita di televisi nasional, ia memilih untuk menjadikannya sebagai kegiatan mengisi waktu luang saja.

4 dari 13 halaman

Anak seorang pedagang makanan

Orang tua Selvi mengandalkan warung makan yang menyajikan sambal belut di Gladag Langen Bogan (Galabo), Solo, sebagai sumber penghasilan. Selvi sering membantu orang tuanya di warung tersebut. Galabo terkenal sebagai pusat kuliner kaki lima yang berada di depan Pusat Grosir Solo di Jalan Mayor Sunaryo. Pada siang hari, hanya kios-kios resmi yang beroperasi, namun saat malam tiba, jalan itu ditutup dan dipenuhi dengan kursi dan meja makan. Menurut tetangga, keluarga Selvi terlihat sangat sederhana, bahkan mereka masih tinggal di rumah sewa pada waktu itu.

5 dari 13 halaman

Seseorang yang memeluk agama Islam sebelum menikah dengan Gibran

Kemudian, setelah mengakhiri pekerjaannya sebagai bankir, Selvi memilih untuk memeluk agama Islam. Keputusan ini diambil beberapa bulan sebelum ia menikahi Gibran. Sebelumnya, Selvi dikenal sebagai penganut agama Katolik, sama seperti kedua orang tuanya. Meskipun agamanya berbeda dengan orang tuanya, keluarga memberikan restu atas keputusan Selvi untuk menjadi mualaf.

6 dari 13 halaman

Diberikan keberkahan dengan memiliki dua orang anak

Setelah menikah dengan Gibran, Selvi kini memiliki seorang putra dan seorang putri. Putra pertamanya adalah Jan Ethes Srinarendra, yang lahir pada tanggal 10 Maret 2016. Kemudian, putri kedua mereka adalah La Lembah Manah, yang lahir pada tanggal 15 November 2019.

7 dari 13 halaman

Perempuan yang sebelumnya adalah Putri Solo

Sebelum bertemu dengan Gibran, Selvi Ananda sudah pernah mengikuti kontes Putra Putri Solo pada tahun 2007. Namun, pada saat itu dia belum berhasil memenangkan gelar juara. Dua tahun kemudian, Selvi kembali ikut serta dalam kontes yang bergengsi bagi pemuda dan pemudi di Solo. Akhirnya, dia berhasil meraih gelar Putri Solo tahun 2009. Keanggunan dan keramahannya membuat namanya semakin dikenal oleh masyarakat Solo.

8 dari 13 halaman

Telah berpengalaman sebagai pembawa acara di stasiun televisi lokal

Pengalaman Selvi sebagai pembawa acara menjadi salah satu keunggulannya saat mengikuti kontes Putra Putri Solo. Dia sebelumnya telah menjadi presenter di stasiun TV lokal bernama Terang Abadi TV. Selvi memulai karirnya sebagai presenter ketika masih kuliah di STIE AUB Solo, dan berhasil lulus pada tahun 2011.

9 dari 13 halaman

Apa pekerjaan Selvi Ananda sebelumnya?

Selvi Ananda tidak hanya bekerja sebagai pegawai bank, tetapi juga pernah menjadi penyiar berita di TATV.

10 dari 13 halaman

Dari mana asal keturunan istri Gibran?

Tentunya dia keturunan Jawa, karena kedua orang tuanya berasal dari Jawa, baik dari Surakarta atau Solo, Jawa Tengah.

11 dari 13 halaman

Pada tahun berapa Gibran menikah?

Pada tanggal 11 Juni 2015, Gibran menikahi Selvi Ananda, mantan putri Solo.

12 dari 13 halaman

Apakah Selvi Ananda telah memeluk agama Islam?

Keputusan Selvi untuk memeluk agama Islam sebelum menikahi putra Presiden Jokowi sempat menjadi perbincangan di masyarakat. Namun, ibunda Jan Ethes Srinarendra tidak terlalu memperhatikan omongan tentang dirinya. Selvi menikah dengan Gibran ketika baru beberapa bulan memeluk agama Islam.

13 dari 13 halaman

Siapakah Gibran bagi Jokowi?

Gibran Rakabuming Raka merupakan anak pertama dari Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.