Sukses

Studi Membuktikan, Berolahraga 4 Menit Saja Dapat Menjaga Otak Awet Muda

Studi membuktikan olahraga 4 menit saja tiap hari dapat menjaga otak awet muda

Liputan6.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, salah satu kekhawatiran terbesar adalah risiko penurunan kognitif. Meskipun demensia mempengaruhi jutaan orang, hal ini bukanlah bagian normal dari proses penuaan, menurut National Institute on Aging. 

Jadi, meskipun ini mungkin terasa seperti keadaan di luar kendali Anda, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga pikiran Anda tetap tajam. Lebih baik lagi, tidak harus terlalu intensif. Faktanya, sebuah studi baru menemukan bahwa olahraga empat menit saja dapat membantu menjaga otak Anda tetap muda.

Penelitian yang baru-baru ini diterbitkan dalam Journal of Alzheimer's Disease ini mengamati efek aktivitas fisik sedang dan berat pada otak 10.125 partisipan sehat berusia antara 18 dan 97 tahun (usia rata-rata 53 tahun). Studi tersebut dilakukan oleh para peneliti di Pacific Brain Health Center (PBHC) di Providence Saint John's Health Center di California.

Yang cukup menarik, 7.606 partisipan yang dilaporkan rutin melakukan aktivitas fisik seperti berlari, berjalan kaki, atau berolahraga, memiliki volume otak yang lebih besar, menurut siaran pers tanggal 11 Desember. Hal ini berlaku untuk peserta dari segala usia—dan bagi mereka yang berolahraga kurang dari empat menit sehari (atau 25 menit per minggu), menurut The Washington Post.

Cyrus A. Raji, MD, peneliti utama dan profesor radiologi dan neurologi di Universitas Washington di St. Louis, mengatakan kepada WaPo bahwa para peneliti penasaran dengan efek dari "ambang batas olahraga yang sangat rendah", karena target yang lebih besar yaitu 10.000 langkah atau 150 menit setiap minggu bisa jadi sulit untuk dipenuhi. 

Mereka mengidentifikasi 25 menit per minggu sebagai jumlah yang “tampaknya dapat dicapai” oleh sebagian besar orang. Para peneliti dapat menentukan volume otak dengan menggunakan pemindaian MRI seluruh tubuh dan kemudian menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk membantu membandingkannya dengan kebiasaan berolahraga.

Baik pria maupun wanita yang berolahraga setidaknya 25 menit memiliki volume yang lebih besar—dan meskipun perbedaannya tidak terlalu besar, Raji mengatakan kepada WaPo bahwa perbedaan tersebut masih signifikan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Orang yang berolahraga punya volume otak lebih besar

Ketika melihat lebih jauh pada jaringan otak, mereka menemukan bahwa orang yang berolahraga memiliki volume otak yang lebih besar di “area utama”. Ini termasuk materi abu-abu, yang membantu memproses informasi, dan hipokampus, yang berhubungan dengan memori, menurut siaran pers. 

Hal ini cenderung menyusut seiring bertambahnya usia, berpotensi meningkatkan risiko penurunan kognitif dan demensia, menurut WaPo.

“Penelitian kami mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa aktif secara fisik baik untuk otak Anda,” kata Raji dalam siaran persnya. “Olahraga tidak hanya menurunkan risiko demensia tetapi juga membantu menjaga ukuran otak, yang sangat penting seiring bertambahnya usia.”

Dan seperti yang dilaporkan Best Life baru-baru ini, penelitian tersebut juga menemukan bahwa melakukan kurang dari 4.000 langkah sehari dapat berdampak positif pada kesehatan otak. “Ini jauh lebih sedikit dibandingkan 10.000 langkah yang sering disarankan, sehingga menjadikannya tujuan yang lebih dapat dicapai oleh banyak orang,” David Merrill, MD, rekan penulis studi dan direktur PBHC, menambahkan dalam rilisnya.

WaPo menyoroti bahwa penelitian ini bersifat asosiasional, yang berarti tidak jelas apakah olahraga secara langsung menyebabkan otak lebih besar dan bagaimana tepatnya olahraga dapat menyebabkan hal tersebut. Namun, para peneliti mengatakan kepada WaPo bahwa mereka optimis dengan hasil ini, menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat mengurangi peradangan di otak dan juga membantu menciptakan sel-sel otak dan pembuluh darah baru.

 

3 dari 3 halaman

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk otak

Raji secara khusus mengatakan bahwa olahraga dapat memfasilitasi "cadangan struktural otak" untuk melindungi kita ketika ukuran otak menurun seiring bertambahnya usia.

“Dengan pemindaian pencitraan yang komprehensif, penelitian kami menggarisbawahi sinergi yang saling berhubungan antara tubuh dan otak. Penelitian ini mencerminkan pengetahuan generasi masa lalu, menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas fisik merupakan pertanda penuaan otak yang lebih sehat,” penulis senior Raj Attariwala, MD, ahli radiologi dan dokter kedokteran nuklir, mengatakan dalam siaran pers.

Attariwala melanjutkan, "Penelitian ini menyoroti cara mudah untuk menjaga kesehatan otak kita: tetap aktif! Baik itu jalan kaki setiap hari atau olahraga favorit, aktivitas fisik secara teratur dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi kesehatan otak kita."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.