Sukses

Tak Bisa Lepas dari Ponsel, 3 Zodiak Ini Wajib Coba Dopamine Detox

Terlalu sering menghabiskan waktu dengan ponselnya, tiga zodiak ini harus mencoba dopamine detox.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang sering menghabiskan waktu berjam-jam di depan ponsel setiap harinya? Apakah Anda salah satunya?

Jika iya, mungkin sangat menyenangkan untuk mencoba dopamine detox, topik kesehatan yang beberapa waktu lalu sempat menjadi tren dan viral di TikTok.

Memang tidak bisa dipungkiri bila banyak hal menyenangkan dalam hidup, seperti mengecek media sosial, mengirim pesan singkat ke teman, berbelanja online, dan bahkan menonton acara TV berturut-turut, diketahui meningkatkan dopamin, yang terhubung dengan sistem di otak Anda.

Itulah mengapa aktivitas yang merangsang, serba cepat, dan memberikan kepuasan instan hampir membuat ketagihan, dan itulah mengapa istirahat dapat bermanfaat. Untuk itulah Anda sepertinya memerlukan dopamine detox.

Meskipun istilahnya "detox," tapi sebenarnya dopamine detox tidak benar-benar mendetoksifikasi tubuh Anda atau menurunkan kadar dopamin di otak Anda. Namun, dapat membantu Anda menjadi lebih baik dalam memperlambat, melakukan lebih sedikit, dan menghargai perasaan hadir dan fokus pada satu tugas.

Salah satu cara yang bisa dilakukan seperti membaca buku, bermain dengan anjing Anda, menonton film tanpa menggunakan ponsel, dan lain sebagainya.

Meskipun banyak orang tahu cara mencapai keseimbangan, tanda-tanda zodiak tertentu mungkin mendapat manfaat dari dopamine detox.

Melansir dari Bustle, Selasa (23/1/2024), ahli astrologi Stina Garbis menunjuk pada zodiak yang merupakan orang yang melakukan banyak tugas, serta mereka yang terikat pada ponsel mereka. Meskipun mereka suka tetap sibuk dan terhubung, mereka seringkali tidak menyadari betapa mereka sangat membutuhkan istirahat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Aries

Sebagai salah satu fire sign yang menyukai kesenangan dan kegembiraan dari kesibukan, jadi wajar saja bagi Anda, Aries, untuk mencari rangsangan yang konstan sepanjang hari.

“Aries adalah tanda zodiak pertama, jadi mereka hidup berdasarkan dorongan hati,” kata Garbis. “Mereka juga sangat mudah mengalihkan perhatian.”

Itulah sebabnya Anda terus-menerus berpindah-pindah dan melakukan banyak hal sekaligus. Anda mudah merasa bosan, sehingga Anda suka membanjiri diri dengan informasi setiap saat.

Untuk beristirahat dari semua energi Aries, cobalah mengurangi dan melakukan satu hal pada satu waktu. Jika Anda memasak makan malam, masaklah makan malam tanpa harus menonton untuk mengisi waktu selama masak.

Lalu, saat Anda sedang berbicara dengan seorang teman, bicaralah dengan satu teman itu saja. Dan selagi Anda melakukannya, istirahatlah dari media sosial dan belanja online.

3 dari 4 halaman

2. Gemini

Jika Anda memiliki banyak penempatan Gemini pada birth chart, maka Anda akan merasa paling betah saat dikelilingi oleh gawai di mana-mana. Maka tidak heran, Anda dapat memegang ponsel di satu tangan, tablet di tangan lainnya, laptop di pangkuan Anda, dan TV menyala di seberang ruangan. Anda juga dikenal mendengarkan podcast dan musik secara bersamaan.

“Gemini memiliki pikiran yang sangat impulsif dan selalu melompat dari satu hal ke hal berikutnya,” kata Garbis.

Inilah sebabnya mengapa Anda membuka 55 tab berbeda di browser Anda — karena penelusuran Anda hampir tidak dapat mengikuti alur pemikiran Anda.

Sebagai air sign yang diperintah oleh Merkurius, sebagai planet komunikasi, Anda secara alami ingin tahu dan suka terhubung. Akan tetapi, sebenarnya penting untuk diingat bahwa memberi istirahat pada otak Anda juga merupakan hal yang baik.

Dengan kata lain, hanya karena Anda dapat melakukan banyak tugas seperti seorang profesional, bukan berarti Anda harus melakukannya.

Untuk mencoba dopamine detox, lihat bagaimana rasanya menggunakan satu perangkat dalam satu waktu. Anda juga dapat membiarkan layar ponsel dengan posisi di bawah selama beberapa jam atau mengerjakan tugas tanpa ada suara lainnya.

Meskipun mungkin terasa aneh pada awalnya, hal ini juga mungkin memberi Anda rasa damai yang bahkan tidak Anda sadari bahwa Anda membutuhkannya.

4 dari 4 halaman

3. Cancer

Sebagai seorang Cancer, Anda benci pergi ke mana pun tanpa ponsel. Menurut Garbis, bagi water sign adalah hal yang biasa untuk terus-menerus memeriksa teman-temannya.

Alasannya karena Anda juga suka menerima perhatian. Itulah sebabnya perangkat tersebut tetap menempel di tangan Anda.

Tanpa disadari, Anda mungkin meraih ponsel setiap beberapa detik untuk memeriksa SMS dan pesan chat yang masuk, dan meskipun menyenangkan melihat Anda mendapat banyak notifikasi, kebiasaan tersebut juga dapat menguras baterai sosial Anda.

Sebab, dibutuhkan banyak energi untuk merespons pesan-pesan tersebut, dan ini juga dapat mengganggu, terutama jika Anda mencoba melakukan banyak tugas.

"Jika Anda memeriksa ponsel dan tidak mendapat pesan, itu juga dapat merusak suasana hati Anda," kata Garbis. Maka tidak mengherankan, bila Anda akan mulai menyusun keseluruhan cerita di kepala Anda tentang mengapa seseorang tidak membalas pesan Anda atau mengapa mereka tidak menanggapi lelucon.

Untuk menghindari suka dan duka, tidak ada salahnya menjadwalkan beberapa dopamine detox saat Anda meninggalkan ponsel dalam mode Do Not Distrub.

Istirahat ini tidak hanya akan membantu Anda melepaskan diri dari kebutuhan validasi yang terus-menerus. Akan tetapi, juga akan membebaskan otak Anda untuk bersantai dan mengerjakan proyek lain, seperti menyelesaikan tumpukan buku yang belum terbaca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.