Sukses

Wajib Dicoba, Begini 5 Cara Mudah Atasi Kulit Tangan Kering

Berikut ini deretan cara sederhana untuk mengatasi kulit tangan kering.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi hal yang normal bagi kebanyakan dari kita bahwa setelah seharian bekerja dan mencuci tangan secara teratur, tangan kita terasa sangat kering. Namun mencuci tangan terlalu sering bisa membuat kulit tangan menjadi kering.

Meski banyak yang mencoba menggunakan pelembab tangan sebelum tidur tetapi tetap tidak berhasil. Artinya, keesokan paginya, tangan masih kering sehingga terasa kurang nyaman. Selain pergi ke mana-mana dengan pelembab di saku Anda, ada beberapa trik lain yang dapat membantu Anda.

Dilansir dari Brightside, berikut ini 5 cara yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan kelembapan dan kehalusan tangan yang hilang.

1. Rendam tangan dalam campuran oat dan minyak biji bunga matahari

Minyak biji bunga matahari telah terbukti bisa melembabkan dan meremajakan kulit tangan kering dan lecet. Baik itu digunakan sebagai bahan dalam pelembab atau sendiri, dan memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari kekeringan. Di sisi lain, oat memiliki kemampuan yang sangat mirip dan kombinasi keduanya dapat memberikan keajaiban bagi kulit Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah mencampur oat matang atau mentah dengan beberapa tetes minyak biji bunga matahari dan mengoleskan campuran tersebut ke kulit Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan minyak khusus ini, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan sembarang minyak. Minyak zaitun misalnya telah ditemukan justru dapat /merusak tangan kering alih-alih bermanfaat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Oleskan sedikit lem super pada kulit yang pecah-pecah

Yang ini mungkin terdengar berbahaya, tetapi ini benar-benar sesuatu yang menurut ahli kulit bekerja pada luka dan retakan yang dangkal. Sekarang, Anda tetap perlu berhati-hati dalam penggunaannya dan tidak terlalu sering mengaplikasikannya atau pada kulit yang super pecah-pecah. Anda dapat mengoleskan lem dalam jumlah yang sangat sedikit ke area yang terkena sehingga mencegah pengeringan lebih lanjut. Pastikan Anda terlebih dahulu membersihkan area tersebut dan menutup celahnya hingga lem mengering.

3 dari 5 halaman

3. Oleskan madu murni

Madu telah ditemukan memiliki banyak sifat antibakteri dan antioksidan. Selain dikonsumsi dengan cara tradisional, Anda juga bisa mengoleskannya pada kulit yang kering dan pecah-pecah, karena dapat meregenerasinya. Pertama, madu membersihkan dan meregenerasi area yang kering dan kemudian merangsang sistem kekebalan untuk mulai membangun kembali jaringan yang rusak. Itu juga mengapa itu biasa digunakan untuk mengobati luka bakar.

4 dari 5 halaman

4. Gunakan sarung tangan

Mencuci piring setiap hari adalah kegiatan yang bisa membuat tangan kita kering, karena menghilangkan minyak alami yang dihasilkan kulit kita. Dengan menggunakan sarung tangan karet saat mencuci piring, kita tidak hanya akan melindungi kulit kita, tetapi kita juga bisa mencuci piring dengan air yang lebih panas, sehingga aktivitas ini berlangsung lebih singkat dari biasanya. Sebagai nilai tambah, penghalang karet ini dapat mencegah kita dari sakit dan dapat melindungi kita dari luka bakar kimia.

5 dari 5 halaman

5. Oleskan Petroleum Jelly

Produk berbasis petroleum jelly seperti Vaseline adalah penyelamat mutlak dalam hal merawat dan menghidrasi kulit kita. Yang dapat Anda lakukan adalah mengoleskannya dalam jumlah banyak pada tangan Anda yang rusak di malam hari dan mengenakan sepasang sarung tangan katun. Dengan cara ini, Anda memastikan bahwa Vaseline tetap berada di tangan Anda dan tidak terserap oleh selimut Anda. Sarung tangan tidak memiliki sifat penyembuhan, tetapi digunakan untuk menjaga agar Vaseline tidak tersentuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.