Sukses

Hari Pramuka Nasional, Ini Cara Memakai Topi Baret Pramuka dengan Benar

Berikut ini cara memakai topi baret pramuka dengan benar untuk memperingati Hari Pramuka Nasional

Liputan6.com, Jakarta Di Indonesia, setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai peringatan Hari Pramuka Nasional. Tak hanya memakai pakaian pramuka, masyarakat dan sekolah-sekolah biasanya akan menyambut Hari Pramuka dengan berbagai kegiatan yang beragam.

Tahun ini, Hari Pramuka Nasional merupakan peringatan yang ke-62. Hari Pramuka di Indonesia sendiri bermula saat Majelis Pimpinan Nasional atau Mapinas yang diketahui oleh Presiden Soekarno meresmikan gerakan Pramuka. Peristiwa bersejarah tersebut kemudian dikenal sebagai hari lahir Pramuka nasional.

Seragam pramuka erat kaitannya dengan topi baret yang menjadi bagian pengenal. Dalam mengenakan topi baret pramuka, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar seragam pramuka terlihat sopan dan rapi.

Berikut ini beberapa tips dan cara memakai topi baret pramuka dengan benar seperti dihimpun dari berbagai sumber:

1. Pilihlah ukuran baret yang tepat

Saat memilih topi baret, pastikan ukurannya sesuai dengan kepala Anda: tidak terlalu lapang dan tak terlalu sempit. Topi baret pramuka yang terlalu kecil dapat mengganggu sirkulasi darah membuat pusing, sedangkan baret yang longgar bisa jatuh saat Anda bergerak.

2. Mengetahui aturan pemakaian topi baret pramuka

Ada berbagai cara memakai topi baret pramuka, namun yang paling umum adalah dipakai iring ke kanan dengan tepi baret menutupi telinga kanan dan bagian belakang sedikit naik.

3. Meletakkan posisi Insignia dengan tepat

Insignia adalah sebutan lain untuk lambang Pramuka yang biasa dipasang di sisi kiri baret. Pastikan letak insignia tepat di atas mata kiri Anda.

4. Menjaga kebersihan topi baret

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan topi baret Pramukamu. Ini tak hanya membuatmu terlihat lebih rapi, tapi juga sebagai bentuk rasa hormat terhadap organisasi Pramuka. Cuci topi baret sesuai petunjuk dan rawat dengan baik.

5. Hormati etika dalam memakai topi baret

Umumnya, anggota Pramuka melepas topi baret saat berada di dalam ruangan, selama upacara mengibarkan bendera, atau saat mendengar lagu kebangsaan. Pahami aturan dan etika tersebut untuk menunjukkan hormat pada organisasi Pramuka.

Selamat Hari Pramuka!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Singkat Hari Pramuka Nasional yang Diperingati Setiap 14 Agustus

Pada 14 Agustus setiap tahunnya di Indonesia diperingati sebagai peringatan Hari Pramuka Nasional. Masyarakat khususnya anak-anak sekolah banyak yang menyambut peringatan Hari Pramuka dengan kegiatan-kegiatan beragam.

Tidak hanya itu, para siswa dan siswi juga biasanya menggunakan pakaian khas Pramuka yaitu baju berwarna coklat dengan ornamen lengkapnya.

Pramuka sendiri hadir dengan tujuan agar generasi muda bisa memaksimalkan potensi baik secara intelektual, spiritual, fisik, hingga sosialnya.

Pada tahun ini, peringatan Hari Pramuka Nasional sudah berada di tahun ke-62. Pramuka telah menjadi organisasi pendidikan nonformal yang memberikan pendidikan kepanduan.

Mengutip situs resmi Kemendikbud, Pramuka sudah hadir bertahun-tahun lamanya. Kala itu, pada masa penjajahan Belanda, gerakan pramuka sudah ada pada 1912 yang dikenal dengan nama Nederlandsche Padvinders Organisatie atau NPO.

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Tema dan Logo Hari Pramuka 2023 yang Diperingati Tanggal 14 Agustus

Setiap tahunnya pada tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka. Tahun ini gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) di Indonesia telah merayakan ulang tahunnya yang ke-62 tahun. 

Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap Praja Muda Karana guna memiliki kepribadian yang beriman, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki berkecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan.

Sejak berdiri dan ditetapkan sebagai satu-satunya organisasi kepanduan di Indonesia, Gerakan Pramuka terus berbenah dan memperbaiki diri. Termasuk dalam revitalisasi pengabdian masyarakat.

Dilansir dari laman resmi Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, di tahun ini, peringatan Hari Pramuka ke-62 mengusung tema “Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional”. 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

20 Link Twibbon Hari Pramuka 2023 yang Cocok Dibagikan ke Media Sosial

Tepat hari ini, Senin (14/8/2023), Pramuka merayakan hari jadinya ke-62. Perayaan ini memang selalu diperingati setiap tahun oleh para anggota Pramuka, bahkan mereka selalu memakai tema berbeda tiap tahunnya.

Tahun ini, Pramuka mengambil tema "Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional."

Tentu beragam cara dilakukan untuk memeriahkan perayaan tiap tahun tersebut, seperti upacara bendera. Namun, publik, khususnya para pengguna jejaring sosial memeriahkan momen setahun sekali ini dengan berbagai ucapan di media sosial.

Pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, Senin (14/8/2023), lini masa Twitter hingga kini diramaikan dengan berbagai ucapan selamat dan harapan warganet bagi Pramuka Indonesia.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.