Sukses

Tema dan Logo Hari Pramuka 2023 yang Diperingati Tanggal 14 Agustus

Di tahun ini, peringatan Hari Pramuka ke-62 mengusung tema “Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional”.

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahunnya pada tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka. Tahun ini gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) di Indonesia telah merayakan ulang tahunnya yang ke-62 tahun. 

Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap Praja Muda Karana guna memiliki kepribadian yang beriman, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki berkecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan.

Sejak berdiri dan ditetapkan sebagai satu-satunya organisasi kepanduan di Indonesia, Gerakan Pramuka terus berbenah dan memperbaiki diri. Termasuk dalam revitalisasi pengabdian masyarakat.

Dilansir dari laman resmi Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, di tahun ini, peringatan Hari Pramuka ke-62 mengusung tema “Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional”. 

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah menerbitkan Surat Keputusan nomor 068 Tahun 2023 tentang Logo Hari Pramuka ke-62. Logo ini mempunyai unsur Angka 6 dan Angka 2 yang merupakan angka Ulang Tahun yang ke-62. Angka 6 merupakan hasil stilasi dari Kelopak Tunas Kelapa, sementara angka 2 yang menopang Logogram Tunas menjadi satu kesatuan yang kokoh. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Hari Pramuka

Dikutip melalui laman resmi Pramuka, sebelum hadir di Indonesia gerakan Pramuka terlebih dahulu dikenal dengan istilah Scouting di Inggris dan diperkenalkan oleh Lord Baden Powell. Scouting lebih dikenal sebagai pembinaan kepada kaum remaja. 

Powell nyatanya memiliki pengalaman yang sangat berguna dalam pembinaan remaja tersebut seperti keterampilan brenang, berkemah serta berlayar. Melalui pembinaan ini Powell menulis sebuah buku berjudul ‘Scouting for Boys’. Melalui buku tersebut, pembinaan remaja sejenis itu mulai diadopsi di Indonesia. Bahkan pada tahun 1950-1960 organisasi pembinaan remaja di Indonesia mulai banyak ragamnya.

Lantas Presiden Soekarno selaku mandataris MPRS pada 9 Maret 1961 memberikan amanat kepada pimpinan Pandu di Istana Merdeka untuk lebih mengefektifkan organisasi kepanduan tersebut sebagai satu komponen bangsa yang potensial.

Oleh karena itu beliau menyatakan pembubaran segala organisasi kepanduan di Indonesia dan meleburnya menjadi suatu organisasi gerakan pendidikan kepanduan tunggal bernama Pramuka. Tugas gerakan ini melaksanakan pendidikan kepanduan kepada anak-anak dan pemuda Indonesia.

Pramuka akhirnya lahir dengan lambang Tunas Kelapa sesuai dengan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961, tanggal 20 Mei 1961. Meskipun keberadaan Gerakan Pramuka ditetapkan 1961, namun secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada khalayak pada tanggal 14 Agustus 1961.

Momen ini tepat sesaat setelah Presiden Republik Indonesia menganugerahkan Panji Gerakan Pramuka dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961. Maka sejak itulah, tanggal 14 Agustus dijadikan sebagai Hari Peringatan Gerakan Pramuka.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Pramuka mulai dari pengibaran bendera merah putih, melakukan kegiatan sosial, hingga aktivitas kepanduan khusus. Namun kalian juga bisa memeriahkan peringatan Hari Pramuka dengan memberikan kata-kata atau ucapan tentang Hari Pramuka.

3 dari 4 halaman

Deretan Ucapan Hari Pramuka yang Diperingati 14 Agustus

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini deretan kata-kata yang bisa kalian unggah di media sosial dalam peringatan Hari Pramuka ke-62 14 Agustus 2023:

  1. "Pramuka adalah tonggak kejayaan bangsa. Selamat Hari Pramuka, mari terus berjuang demi masa depan yang lebih gemilang!"
  2. "Pramuka adalah tempat kita belajar menjadi pribadi yang mandiri dan berdedikasi. Selamat Hari Pramuka, 62 tahun inspirasi!"
  3. "Jadilah pramuka yang berkomitmen untuk mewujudkan perdamaian dan keadilan. Selamat Hari Pramuka ke-62 tahun."
  4. "Selamat Hari Pramuka! Teruslah berkarya dalam membangun karakter dan kepemimpinan generasi muda."
  5. "Selamat Hari Pramuka! Jadilah teladan dalam berbakti pada masyarakat dan bangsa."
  6. "Di setiap langkah pramuka, ada nilai-nilai kebaikan dan keadilan. Selamat Hari Pramuka ke-62, 14 Agustus 2023!"
  7. "Melalui semangat pramuka, mari kita jaga keanekaragaman dan keindahan tanah air. Selamat Hari Pramuka, 14 Agustus 2023!"
  8. "Pramuka mengajarkan bahwa kebersamaan adalah kunci dalam meraih kesuksesan. Selamat Hari Pramuka, 62 tahun perjalanan kebaikan!"
  9. "Selamat Hari Pramuka! Teruslah bersemangat dalam membentuk generasi penerus yang berintegritas."
  10. "Hari Pramuka mengingatkan kita untuk selalu berani dan berkreasi. Selamat Hari Pramuka, 14 Agustus 2023!"
  11. "Selamat Hari Pramuka! Mari kita lanjutkan warisan nilai-nilai luhur gerakan pramuka."
  12. "Pramuka adalah simbol semangat gotong royong dan kepedulian sosial. Selamat Hari Pramuka, 62 tahun perjuangan!"
  13. "Selamat Hari Pramuka! Teruslah menapaki jalan kebaikan dan keberanian."
  14. "Dalam setiap tindakan pramuka, terukir semangat keikhlasan dan pengabdian. Selamat Hari Pramuka, 14 Agustus 2023!"
  15. "Hari Pramuka adalah hari untuk merayakan semangat kebersamaan dan persahabatan. Selamat Hari Pramuka, 14 Agustus 2023!"
  16. "Pramuka mengajarkan bahwa kejujuran dan keadilan adalah pondasi yang kokoh. Selamat Hari Pramuka, 62 tahun dedikasi!"
  17. "Selamat Hari Pramuka! Jadilah pramuka yang berkontribusi pada kemajuan bangsa dan negara."
  18. "Dalam setiap petualangan pramuka, terukir semangat pantang menyerah. Selamat Hari Pramuka, 14 Agustus 2023!"
  19. "Pramuka adalah bentuk nyata kesetiaan pada tanah air. Selamat Hari Pramuka, 62 tahun inspirasi!"
  20. "Selamat Hari Pramuka! Mari kita terus menjunjung tinggi semangat persatuan dalam perbedaan."
4 dari 4 halaman

Berikut Beberapa Link Twibbon Hari Pramuka 2023

1. https://www.twibbonize.com/haripramuka2023sdnbanjarsari

2. https://www.twibbonize.com/link-haripramuka2023

3. https://www.twibbonize.com/haripramuka62asahan

4. https://www.twibbonize.com/sdialihsan-haripramuka2023

5. https://www.twibbonize.com/haripramuka2023-ni

6. https://www.twibbonize.com/horeharipramuka

7. https://www.twibbonize.com/sdkperbun-haripramuka2023

8. https://www.twibbonize.com/nesatta-haripramuka2023

9. https://www.twibbonize.com/haripramuka2023-mikhb

10. https://www.twibbonize.com/haripramuka2023-semut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.