Sukses

Aturan 15 Menit Ini Bakal Membuatmu Mudah Tidur dan Meningkatkan Kualitasnya

Dengan aturan 15 menit ini, Anda akan lebih mudah tidur dan kualitas tidur akan meningkat

Liputan6.com, Jakarta Sebuah aturan 15 menit yang akan meningkatkan kualitas tidur dan mempercepat proses tertidur ternyata melibatkan hanya satu trik penting. Ada lebih dari 50 juta orang Amerika yang memiliki jenis gangguan tidur kronis yang memengaruhi kemampuan mereka untuk tertidur.

Gejala seperti kecemasan, depresi, dan stres dapat berkontribusi pada pola tidur yang terganggu dan dapat menyebabkan berbagai masalah seperti diabetes, tekanan darah tinggi, depresi, masalah ingatan, dan bahkan penambahan berat badan.

Namun, ada aturan yang bertujuan untuk mengembalikan tidur Anda ke jalur semula: hanya perlu bangun setelah 15 menit tidak bisa tidur. Ini mungkin terbukti sulit bagi penderita insomnia yang tidak bisa tidur dan cenderung tetap di tempat tidur saat mereka berbaring, membalikkan badan, dan akhirnya tertidur.

 

Aturan 15 menit

Menurut NHS, jika Anda tidak tertidur dalam waktu sekitar seperempat jam kemudian bangun, pergilah ke ruangan lain dan lakukan sesuatu yang tenang hingga merasa mengantuk, lalu coba lagi.

Apa pun yang Anda lakukan, pastikan itu tidak akan membuat Anda terbangun lebih dari sebelumnya.

Selain itu, mengurangi waktu layar sebelum tidur juga akan membantu Anda tertidur karena cahaya biru yang dipancarkan dari layar membuat otak Anda tetap waspada.

Hindari TV atau internet, terutama karena cahaya dari layar akan membuat tubuh Anda berpikir harus terjaga.

Mendengarkan musik yang menenangkan, membaca buku, atau menikmati camilan larut malam akan membantu Anda tidur nyenyak. Camilan yang membantu meliputi: pisang, sereal, atau ceri.

Cobalah membaca tetapi hindari buku yang cenderung membuat pikiran Anda sibuk setelahnya. Nikmati minuman susu hangat, tetapi tidak dengan kafein dan dengarkan musik yang menenangkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aturan tidur saat lelah

Anda sebaiknya hanya pergi tidur saat mengantuk. Jangan pergi tidur dan berharap menjadi mengantuk. Penting juga untuk diingat bahwa "lelah" dan "mengantuk" bukanlah hal yang sama.

Ketika Anda benar-benar mengantuk, Anda akan melihat bahwa Anda menguap, mata Anda menjadi gatal, otot Anda mungkin mulai sakit, dan Anda mungkin mulai mengantuk.

Mandi air hangat, aroma seperti lavender, cedarwood dan melati adalah pereda stres yang akan membuat tidur lebih mudah.

Mendengarkan aplikasi meditasi seperti Calm atau Insight Timer juga bisa menjadi cara yang bagus untuk membuat Anda tertidur lelap.

Menyemprot bantal dengan semprotan bantal, yang memiliki aroma geranium, juga akan menghilangkan stres yang tersisa di penghujung hari Anda.

 

3 dari 4 halaman

Berurusan dengan pikiran yang terus bekerja

Kebanyakan orang yang sulit tidur merasa lelah secara fisik, bahkan kelelahan, tetapi secara mental waspada, dan sering mengeluhkan pikiran yang berpacu.

Menyisihkan 15-20 menit akan memberi Anda kesempatan untuk mengungkapkan perasaan Anda dan mencatat hal-hal yang perlu Anda lakukan keesokan harinya, atau peristiwa apa pun yang muncul di pikiran Anda.

Ini akan membantu mengurangi pikiran berpacu yang dapat mencegah Anda dari tidur.

Para ahli mengatakan bahwa bangun dan menjauh dari tempat tidur jika tidak lelah lebih baik daripada berbaring gelisah di tempat tidur. Melakukan yang terakhir dapat membuat Anda lebih cemas tentang tidur, yang selanjutnya membuat Anda semakin sulit tertidur.

4 dari 4 halaman

6 Tanda-Tanda Mantan Tidak Pernah Mencintai Anda

Cinta memiliki kekuatan untuk membuat kita merasa disayangi, aman dan dihargai. Namun, tidak semua hubungan dibangun di atas kasih sayang yang tulus.

Mungkin ada tanda-tanda yang muncul bahwa mantan Anda tidak pernah mencintaimu. Kadang- kadang, kita menemukan diri kita terjerat dalam jaring penipuan dan emosi palsu, membuat kita mempertanyakan keaslian koneksi kita di masa lalu.

Jika Anda ingin mengetahui apakah mantan tidak pernah mencintai Anda, ketahui beberapa tanda- tanda berikut ini, seperti melansir dari Pinkvilla, Selasa (20/6/2023).

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.