Sukses

Mengenal Kampanye Monkey Management dan Masalah Produktivitas di Tempat Kerja

Konsep monkey management ini merupakan istilah yang kerap digunakan untuk mendeskripsikan loncatnya tanggung jawab dari bawahan ke atasan akibat individu yang tidak cukup cekatan dalam menyelesaikan masalah.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan software bisnis HashMicro menjalankan sebuah kampanye melalui billboard, dengan menampilkan empat ekor monyet yang berpakaian layaknya karyawan, lengkap dengan plat divisi mereka. 

Konsep monkey management ini merupakan istilah yang kerap digunakan untuk mendeskripsikan loncatnya tanggung jawab dari bawahan ke atasan akibat individu yang tidak cukup cekatan dalam menyelesaikan masalah. Biasanya hal ini disebabkan oleh terbatasnya sumber daya yang bisa dijadikan acuan untuk mengambil keputusan.

“Kami mengangkat konsep manajemen klasik, monkey management, oleh William Ocken Jr. Tujuannya adalah untuk menunjukkan salah satu masalah produktivitas terbesar di perkantoran,” ungkap Business Development Director HashMicro, Lusiana Lu, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/5/2023).

Di perusahaan yang masih bekerja secara tradisional dan manual, “monyet-monyet” di tempat kerja adalah “penyakit” yang bisa berakibat fatal bagi perusahaan. Karyawan terjebak dalam rutinitas administratif yang berlebihan dan menghambat kemampuan mereka untuk melakukan pekerjaan strategis.

Permasalahan ini seharusnya bisa diselesaikan dengan teknologi. Tetapi, tidak sedikit perusahaan yang mau melakukan perubahan. Karyawan seperti dipaksa menggunakan peta di saat teknologi GPS tersedia.

Monkey management hanyalah bagian kecil dari dampak pekerjaan manual. Ketika perusahaan bergantung pada metode kerja ini, team leader akan kesulitan untuk mendelegasikan pekerjaan dan tanggung jawab dengan baik. 

“Tanpa adanya satu sistem yang menjadi single source of truth, tidak akan ada otonomi karyawan. Mereka tidak bisa mengakses data yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat. Keterbatasan akses informasi inilah yang kemudian akan membebani para eksekutif,” lanjutnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proses manual di tempat kerja punya dampak buruk dan merugikan

Dengan pola kerja demikian, perusahaan akan dibebani dengan kualitas hasil kerja, akuntabilitas, serta manajemen proyek yang buruk. Team leader yang seharusnya bisa fokus mengembangkan perusahaan akhirnya menghabiskan waktu dan energi untuk memastikan pekerjaan tim selesai dengan baik. 

Dalam skala besar, proses manual dan “monyet” di tempat kerja memiliki dampak yang sangat buruk dan merugikan. Proses manual cenderung  dapat mengakibatkan turunnya pendapatan perusahaan akibat manajemen SDM yang buruk, keterlambatan dalam pengambilan keputusan, pengerjaan tugas yang tidak terkoordinasi.

Tidak jarang kesalahan semacam ini juga mengakibatkan hilangnya data penting, pelanggan yang tidak puas, dan bahkan tuntutan hukum.

Selain itu, pertumbuhan perusahaan juga tersendat. Ketergantungan pada proses manual dapat menghambat kemampuan perusahaan untuk mengefisiensikan operasional atau meningkatkan skala bisnis, karena proses manual seringkali tidak dapat diotomatisasi dan memerlukan sumber daya manusia yang lebih banyak.

Meskipun sudah mengetahui konsekuensi proses manual, perusahaan seringkali menghadapi dilema dalam mengubah sistem kerja menjadi lebih terotomatisasi. Hal ini biasanya terjadi karena perusahaan enggan menghadapi suatu perubahan yang besar atau masih mengandalkan sistem perusahaan yang outdated.

“Menerapkan sistem kerja baru memang tidak selalu mudah. Perusahaan yang selalu bekerja di comfort zone-nya cenderung menolak perubahan sistem karena berpikir akan mengancam kinerja mereka. Tanpa mereka sadari, upaya pengoptimalan pertumbuhan perusahaan justru terhambat karena proses manual yang outdated,” jelas Lusiana. 

 

3 dari 3 halaman

Membantu memaksimalkan potensi karyawan dengan tools yang tepat

Melihat potensi kerugian yang disebabkan proses manual, perusahaan perlu menyadari pentingnya mengubah sistem kerja secara keseluruhan. Perusahaan dalam hal ini perlu membantu memaksimalkan potensi karyawan mereka dengan tools yang tepat. Hal ini akan meminimalisir adanya ‘monyet’ di tempat kerja agar produktivitas dan profitabilitas meningkat.

HashMicro hadir sebagai sebuah solusi untuk mengintegrasikan seluruh proses bisnis secara end-to-end. Dengan cara kerja yang otomatis dan sistematis, karyawan terhindar dari pekerjaan administratif yang berlebihan, sehingga bisa fokus pada pekerjaan yang mengasah kemampuan mereka, bereksperimen, sehingga mendukung adanya pembelajaran yang berkelanjutan. 

“Singkatnya, HashMicro membantu seluruh stakeholder di perusahaan untuk fokus mengurangi pengeluaran, meningkatkan akurasi bisnis, dan membuka jalan untuk skalabilitas melalui efisiensi operasional,” tutup Lusiana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.