Sukses

Mahasiswa UI Siap Beradu Strategi Bisnis dengan Wakil Asia Tenggara di ICAEW 2023

Mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam tim Gelora berhasil membawa kemenangan sebagai juara pertama di ajang ICAEW Indonesia Business Challenge 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam tim Gelora berhasil membawa kemenangan sebagai juara pertama di ajang ICAEW Indonesia Business Challenge 2023. Tim Gelora berhasil mengolah data yang tersedia dengan baik dan memberikan rekomendasi yang layak dalam menangani bahan studi kasus.

The Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) kembali hadirkan ICAEW Indonesia Business Challenge (IBC) di tahun 2023. Setelah tiga tahun lamanya diselenggarakan dalam format daring, kini IBC kembali dilangsungkan dalam format tatap muka.

IBC sendiri merupakan kompetisi tahunan yang berfokus pada sektor akuntansi dan merupakan wadah khusus untuk menampilkan potensi talenta muda Tanah Air yang berasal dari berbagai universitas terkemuka di seluruh Indonesia.

Kompetisi IBC merupakan kesempatan yang menarik bagi mahasiswa akuntansi dan manajemen bisnis yang terdaftar sebagai universitas yang telah bermitra dengan ICAEW dalam memberdayakan mahasiswa yang kompeten dan siap memasuki dunia kerja di ranah sektor keuangan.

Kompetisi ini melibatkan 15 tim dari 10 universitas terkemuka di Indonesia yang berasal dari wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Batam.

Setiap tim terdiri dari enam mahasiswa yang siap unjuk gigi dalam menampilkan ketajaman analisa bisnis dengan mempresentasikan rekomendasi terbaik dalam menangani sebuah kasus bisnis pada sektor keuangan. Dua tim akan meraih juara di kompetisi ini dan satu penghargaan pun diberikan pada presenter terbaik.

Ajang ini berusaha memberikan gambaran akan situasi dan tantangan bisnis yang nantinya juga akan dihadapi oleh para mahasiswa ketika terjun di dalam dunia kerja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berhasil menjadi juara

Tim Justice League dari Universitas Indonesia berhasil meraih juara kedua. Dan Esperansya Desmonda Woen dari tim Evergeen Universitas Tarumanagara diganjar penghargaan sebagai pembawa materi presentasi terbaik.

Berhasil keluar sebagai juara, kedua tim dan Espansya akan maju ke babak grand final regional, yaitu ICAEW Tiongkok & South-East Asia Business Challege di Vietnam pada 13 Mei 2023.

Keberhasilan dua tim dari Indonesia yang terpilih untuk maju ke babak grand final regional, yaitu ICAEW Tiongkok & South-East Asia Business Challenge 2023, merupakan suatu kebanggaan bagi ICAEW Indonesia.

"Kami mendukung kedua tim dalam mempersiapkan diri mereka dan kami percaya bahwa kedua tim akan menunjukkan kemampuan dan keterampilan yang luar biasa di tingkat internasional. Semoga prestasi mereka dapat menginspirasi generasi muda Indonesia untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia," kata ICAEW Head of Indonesia, Conny Siahaan, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/4/2023).

Sementara itu, Amary Siagian yang mewakili tim Gelora mengatakan, sangat senang dan bersyukur atas dukungan dari Kampus dan teman-teman sehingga mendapat kesempatan untuk memenangkan IBC tahun ini.

"Kedepannya kami berhadap dapat menggunakan pengalaman dari IBC ini khususnya dari feedback juri dan analisis use case serta critical thinking. Untuk persiapan kami ke regional tentunya kami juga akan mempersiapkan kemampuan public speaking, financial analysis, dan hal lainnya yang sudah diberikan oleh juri," ucap Amary.

 

3 dari 3 halaman

Sederet pakar keuangan didapuk menjadi dewan juri

Sederet pakar keuangan pun didapuk menjadi dewan juri di ajang ini. Mereka adalah Rosita Sinaga selaku Assurance Leader Deloitte Indonesia, Imelda Orbito selaku ESG & Disruptive Event Leader, Andy Tjia BFP ACA selaku ICAEW Chartered Accountant serta Analis Investasi & ADM Capital, dan yang terakhir Rikhai Lok BFP ACA selaku ICAEW Chartered Accountant & Wakil Presiden Tael Partners.

Andy Tjia BFP ACA selaku anggota ICAEW sekaligus Investment Analyst & ADM Capital menambahkan, kedua tim baik Gelora maupun Justice League berhak atas kemenangan mereka atas penyampaian materi mereka yang luar biasa tajam dan kuat.

"Mereka juga mampu bersikap tenang di bawah tangguhannya para Juri pada sesi tanya jawab. Dan yang paling penting, mereka juga telah berhasil mensimulasikan seperti apa keterlibatan penasehat akuntan di kehidupan nyata. Namun untuk kompetisi regional, kami berharap kedua tim dapat meningkatkan perhatian mereka terhadap detail dan menggandakan persiapan mereka mengingat keduanya sudah berada pada tingkat daya saing yang tinggi dan akan bersaing di kompetisi tingkat tinggi," sambungnya.

Conny Siahaan menyampaikan bahwa ICAEW Indonesia Business Challenge diciptakan beberapa tahun lalu sebagai platform khusus untuk memamerkan potensi talenta muda Indonesia.

“Kami percaya bahwa generasi pemimpin berikutnya akan berperan penting dalam membentuk perekonomian Indonesia, dan merupakan tugas kami untuk mendukung dan menyediakan wadah bagi mereka untuk menunjukkan keterampilan dan kemampuan mereka," ucap Conny.

Studi kasus pada IBC mensimulasikan situasi kehidupan nyata yang sering dialami oleh seorang ICAEW Chartered Accountant, sehingga penting bagi peserta untuk memiliki sikap skeptisisme profesional di luar keahlian teknis yang mumpuni.

Dalam industri keuangan yang dinamis, profesional skeptisisme diperlukan untuk menghadapi berbagai tantangan dan perubahan yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, melalui ICAEW IBC 2023, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman berharga dalam mengembangkan sikap skeptisisme profesional mereka dan mengasah kemampuan strategis serta analitis mereka dalam menangani berbagai kasus yang muncul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.