Sukses

Ini Risiko yang Mengintai Anda Jika Tidak Mengganti Sikat Gigi Setiap 3 Bulan Sekali

Jika Anda tidak mengganti sikat gigi setiap tiga bulan atau lebih, hal itu dapat berdampak besar pada kesehatan gigi Anda. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin terjadi jika Anda tidak mematuhi panduan yang direkomendasikan pakar ini.

Liputan6.com, Jakarta Sikat gigi Anda adalah alat penting untuk menjaga kebersihan mulut. Menggantinya secara teratur memastikannya dapat melakukan tugasnya dengan baik dan membantu mencegah kerusakan gigi, penyakit gusi, dan bau mulut. 

Lebih khusus lagi, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) menyarankan untuk mengganti sikat gigi Anda setiap tiga bulan. Dalam beberapa kasus, Anda bahkan mungkin ingin menukarnya dengan yang baru lebih cepat dari itu.

Menurut Jennifer Silver, DDS, seorang dokter gigi di Macleod Trail Dental, bulu sikat gigi Anda mulai usang dan kurang efektif dalam menghilangkan plak dan bakteri dari gigi dan gusi seiring waktu.

Jika Anda tidak mengganti sikat gigi setiap tiga bulan atau lebih, hal itu dapat berdampak besar pada kesehatan gigi Anda. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin terjadi jika Anda tidak mematuhi panduan yang direkomendasikan pakar ini.

Anda mungkin tidak bisa menghilangkan plak pada gigi

Dilansir dari Best Life, menurut Tyler Hales, DDS, seorang dokter gigi dan salah satu pendiri Hales Parker Dentistry, sikat gigi yang sudah lama cenderung tidak menghilangkan plak. Ini karena bulunya mulai mengembang dan berjumbai, membuatnya lebih sulit untuk menghilangkan endapan ini.

Plak adalah sisa makanan yang telah menempel dan tidak berwarna yang terbentuk di gigi Anda saat bakteri di mulut Anda bercampur dengan makanan bertepung dan bergula yang Anda makan. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan gigi berlubang dan radang gusi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anda mungkin mengalami penumpukan karang gigi

Ketika plak menempel di gigi Anda selama beberapa waktu, itu dapat bercampur dengan mineral dalam air liur Anda dan mengeras menjadi karang gigi, yang jauh lebih sulit untuk dihilangkan. Karena bulu sikat yang telah mengembang kurang efektif untuk menghilangkan plak, Hales memperingatkan bahwa Anda lebih mungkin mengalami penumpukan karang gigi jika Anda tidak cukup sering mengganti sikat gigi.

Plak dan karang gigi dapat merusak kesehatan gigi Anda, menyebabkan bau mulut, penyakit gusi, dan erosi enamel yang terakhir dapat menyebabkan sensitivitas gigi dan bahkan gigi berlubang.

3 dari 4 halaman

Anda mengekspos gigi Anda ke lebih banyak bakteri

"Sekitar tiga bulan adalah saat bulu mulai mengembang dan melemah, dan bakteri mulai menumpuk di sikat gigi," kata Lior Tamir, DDS, seorang dokter gigi kosmetik dan rekonstruktif di Bloom Dental Group.

Menurut Hales dan Silver, ini berarti bahwa setiap kali Anda menyikat, Anda memasukkan kembali bakteri ke dalam mulut Anda, yang dapat menyebabkan kerusakan gigi atau infeksi gusi.

4 dari 4 halaman

Anda mungkin mengalami kerusakan gusi dan mengalami gigi sensitif

Jangan heran jika Anda mulai merasakan nyeri di sekitar gusi atau melihat sedikit darah di wastafel setelah menyikat gigi jika Anda sudah lama tidak mengganti sikat gigi.

Dengan asumsi Anda menyikat gigi dua kali sehari, sikat gigi Anda kemungkinan besar akan rusak parah pada tiga bulan. Akibatnya, akan jauh lebih keras pada gusi Anda.

"Menggunakan sikat gigi dengan bulu yang compang-camping bisa terlalu abrasif pada gusi, menyebabkannya menjadi merah, bengkak, dan berdarah," jelas Silver.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.