Sukses

9 Tips dan Trik Merawat Ban Mobil Agar Tidak Cepat Haus dan Botak

Ban mobil merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan yang perlu diperhatikan keawetannya.

Liputan6.com, Jakarta Ban mobil merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan. Untuk itu, ban mobil perlu diperhatikan keawetannya agar dapat berfungsi dengan optimal dan memastikan keselamatan dalam berkendara.

Pasalnya, ban mobil yang tidak terawat dengan baik akan lebih mudah haus dan cepat rusak. Berikut ini beberapa tips dan trik merawat ban mobil agar awet dan tahan lama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips dan Trik Rawat Ban Mobil

1. Lakukan Rotasi Ban Mobil Secara Berkala

Rotasi ban adalah proses memindahkan posisi ban dari satu sisi kendaraan ke sisi yang lain secara berkala. Dengan melakukan rotasi ban, maka tekanan yang terjadi pada ban mobil akan merata sehingga ban mobil tidak cepat aus atau rusak.

Rotasi ban sebaiknya dilakukan setiap 5.000 - 10.000 km atau setiap 6 bulan sekali.

2. Perhatikan Tekanan Ban

Tekanan ban yang tidak tepat akan membuat ban mobil lebih cepat aus dan rusak. Oleh karena itu, pastikan tekanan ban selalu dalam keadaan normal sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan kendaraan atau yang tertera pada sticker di dalam pintu mobil.

Jangan lupa untuk memeriksa tekanan ban secara berkala, terutama sebelum melakukan perjalanan jauh.

3. Jaga Kondisi Ban Mobil dari Benda Tajam

Ban mobil sangat rentan terhadap benda-benda tajam seperti paku, kaca, atau batu kecil yang dapat menembus ban. Jika terjadi hal seperti ini, maka ban akan bocor dan rusak.

Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga kondisi ban dari benda tajam dengan menghindari jalan yang penuh dengan sampah atau benda tajam lainnya.

3 dari 4 halaman

Tips dan Trik Rawat Ban Mobil

4. Lakukan Perawatan Ban Mobil

Perawatan ban mobil yang baik akan memperpanjang umur ban dan memastikan kinerja yang optimal. Perawatan yang dapat dilakukan di antaranya mencuci ban secara berkala, membersihkan debu atau kotoran yang menempel pada ban, dan memeriksa kerusakan pada ban seperti retak atau kembung.

5. Hindari Penggunaan Ban Mobil yang Usang

Ban mobil yang sudah terlalu aus atau sudah melebihi batas penggunaannya sebaiknya tidak digunakan lagi. Penggunaan ban mobil yang sudah usang akan meningkatkan risiko kecelakaan dan dapat merusak komponen kendaraan lainnya.

Jangan lupa untuk mengganti ban mobil secara berkala sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan kendaraan.

6. Hindari Beban yang Berlebihan

Beberapa jenis mobil memiliki beban maksimum yang dapat ditampung oleh ban mobil. Jangan melebihi batas maksimum beban agar ban tidak cepat haus dan merusak kendaraan. Pastikan untuk menyesuaikan beban kendaraan dengan kapasitas ban mobil.

4 dari 4 halaman

Tips dan Trik Rawat Ban Mobil

7. Gunakan Ban Sesuai dengan Kondisi Jalan

Pastikan untuk menggunakan jenis ban mobil yang sesuai dengan kondisi jalan yang akan dilalui. Jika sering melewati jalanan berlubang atau berbatu, maka gunakan ban dengan profil yang lebih tinggi agar lebih tahan banting.

8. Pastikan Kondisi Suspensi dan Shock Absorber

Kondisi suspensi dan peredam shock absorber yang baik akan memperpanjang umur ban mobil. Jika suspensi atau shock absorber rusak atau aus, maka ban mobil akan mengalami beban berlebihan yang dapat mempercepat kerusakan ban.

9. Hindari Rem Mendadak

Pengereman mendadak dapat membuat ban mobil terkunci dan cepat aus. Hindari pengereman mendadak agar ban mobil tidak cepat rusak dan keamanan dalam berkendara tetap terjaga.

Dengan melakukan perawatan ban mobil yang baik, maka Anda dapat memperpanjang umur ban mobil, menghemat biaya penggantian ban mobil yang mahal, dan memastikan keselamatan dalam berkendara.

Jangan lupa untuk melakukan perawatan secara berkala dan memperhatikan kondisi ban mobil secara rutin.

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.