Sukses

Telentang hingga Tengkurap, Mana Posisi Tidur Paling Baik?

Penting bagi Anda untuk mencari tahu posisi tidur mana yang mungkin menawarkan manfaat paling besar bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat tidur, setiap individu tentu memiliki posisi ternyamannya. Bahkan jika Anda pergi tidur pada waktu yang berbeda setiap malam, kemungkinan besar Anda tetap pada posisi tidur favoritmu setiap kali tidur. 

Meskipun posisi tidur pilihan Anda pasti dapat membuatmu nyaman, namun hal itu dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, mulai dari mendengkur hingga nyeri di berbagai bagian tubuh.

Itu mengapa penting bagimu untuk mencari tahu posisi tidur mana yang mungkin menawarkan manfaat paling besar bagi kesehatanmu dan mana yang lebih baik untuk dihindari. Dilansir dari Brightside, Rabu (25/1/2023), berikut ulasannya. 

1. Tidur telentang

Meskipun tidur telentang dapat membantu menjaga kulit Anda bebas kerut lebih lama, itu bukan posisi terbaik jika Anda mengalami nyeri punggung bawah karena dapat memperburuk kondisi yang ada.

Dan jika pasanganmu terus mengeluh tentang mendengkur, tidur telentang mungkin juga bukan posisi terbaik, karena dapat memperparah sleep apnea Anda juga.

Namun, jika Anda pernah terbangun dengan nyeri leher yang mengganggu, maka tidur telentang mungkin bisa membantu karena menjaga kepala, leher, dan tulang belakang Anda dalam posisi netral, membantumu mencegah sensasi pegal di area leher.

Tidur telentang juga tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena dapat membatasi aliran darah dan oksigen ke bayi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tidur miring ke kiri

Tetap terhidrasi dan makan cukup serat pasti dapat bermanfaat bagi pencernaanmu, dan tidur miring ke kiri dapat membantu mengatur usus Anda juga.

Saat Anda tidur miring ke kiri, gravitasi mendorong pergerakan usus yang normal, membantumu pergi ke kamar mandi di pagi hari. Selain menghilangkan sembelit, tidur miring ke kiri dianggap paling bermanfaat bagi kesehatanmu dan dapat meredakan sakit punggung.

3 dari 4 halaman

3. Tidur miring ke kanan

Jika Anda sering merasa jantung berdebar kencang, maka mengurangi kafein dan mencari cara sehat untuk mengatasi stres adalah langkah yang tepat untuk dilakukan.

Terlepas dari perubahan gaya hidup ini, tidur miring ke kanan juga bermanfaat bagi jantungmu. Memilih untuk tidur miring ke kanan dapat melindungimu dari gagal jantung dan masalah terkait jantung lainnya.

4 dari 4 halaman

4. Tidur tengkurap

Meskipun tidur tengkurap dapat mengurangi dengkuran, namun memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan posisi tidur lainnya. Karena mengganggu posisi netral tulang belakangmu, tidur tengkurap dapat menyebabkan nyeri punggung, leher, dan bahu, bahkan dapat menyebabkan kulit Anda menua lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.